StartUp dan UKM

5 Tips Sukses UMKM Jalankan Ekspor Berdasarkan Hasil Penelitian

tips-sukses-ekspor-umkm

tips sukses ekspor UMKM/https://terasmaluku.com/

Usaha Kecil Menengah (UKM) memang bisa saja kemudian bertumbuh besar dari perkembangannya yang signifikan. Salah satu hal yang bisa memicu perkembangan UKM menjadi pesat adalah suksesnya UKM dalam memasarkan produknya ke luar negeri. Peluang UKM untuk mengekspor produknya ke luar negeri ini sekarang memang terbuka lebar karena adanya kebijakan perdagangan bebas yang banyak berlaku di hampir semua negara. Apalagi dengan dukungan teknologi yang massif, membuat UKM memiliki kans besar untuk meraih pangsa pasar luar negeri. Nah supaya UKM bisa sukses mengekspor produknya ke luar negeri, ada beberapa tips dari penelitian yang LPEM FEB Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan Lincoln University untuk Anda terapkan. Berikut penjelasannya.

  1. Dorong Pengalaman dan Skala Usaha

Tips sukses ekspor pertama untuk UKM adalah pengalaman dan skala usaha. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengalaman menjadi kunci bagi pebisnis UKM untuk memajukan usahanya. Semakin lama Anda menjalankan usaha tersebut maka akan didapatkan pengetahuan dan juga modal yang cukup untuk kemudian memasarkan produk ke ke luar negeri. Untuk mengekspor produk dengan sukses memang dibutuhkan modal dan juga pengetahuan yang baik. Maka dari itu umumnya UKM yang mampu mengekspor produknya ini biasanya sudah memiliki jam terbang yang banyak dan juga skala bisnis yang besar.

  1. Miliki Pengalaman Kerja Internasional

Dunia pemasaran di luar negeri memang akan dijumpai banyak perbedaan dengan pasar dalam negeri. Hal ini dikarenakan di luar negeri akan ada regulasi, karakter pasar, budaya, bahasa dan lainnya yang berbeda dan perlu dipelajari. Untuk itulah maka UKM yang ingin mengekspor produknya, perlu memiliki pengetahuan kerja serta pemasaran internasional. Bahkan biasanya UKM yang sudah mampu memasarkan produknya ke luar negeri ini punya mitra atau kontak bisnis untuk memudahkan jalannnya ekspor. Maka bagi UKM yang belum punya pengalaman kerja internasional perlu memperlajari segala pengetahuan yang berhubungan dengan negara ekspor yang disasar. Jangan lupa juga untuk terus mencari jaringan atau koneksi bisnis yang bisa memudahkan produk Anda dipasarkan di sana.

  1. Cari Pangsa Pasar Produk Luar Negeri

Berikutnya, tips sukses jalankan ekspor untuk UKM adalah mencermati peminatan pangsa pasar. Pada kenyataannya memang tidak semua produk bisa diterima oleh pasar luar negeri. Untuk itulah Anda yang ingin produk UKM ini bisa diterima pasar mancanegara, pastikan saja untuk selalu mencermati peminatan konsumennya. Untuk mengetahui produk mana yang sedang diminati pangsa pasar luar negeri ini tentu Anda perlu melakukan riset di negara yang akan dituju tersebut. Alternatif lain untuk membuat pangsa pasar luar negeri berminat pada produk UKM Anda adalah membuat produk Anda laris di dalam negeri. Biasanya bila produk di dalam negeri laris maka pasar luar negeri akan mencarinya.

  1. Optimalkan Layanan Dukungan

Dalam kegiatan ekspor memang akan ada kebijakan dari pemerintah yang akan mempengaruhinya. Tapi jangan pesimis dulu karena tidak semua kebijakan pemerintah menyulitkan UKM. Namun ada kalanya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ini mendukung penuh UKM dalam menjalankan ekspor. Dari sinilah maka Anda yang ingin sukses memasarkan produk di luar negeri harus memahami dengan baik kebijakan dari pemerintah. Pastikan juga kamu mencari peluang-peluang yang bisa membuatmu mendapatkan dukungan dari pemerintah atau non-pemerintah untuk mencapai tujuanmu memasarkan produk ke luar negeri.

  1. Taklukkan Persepsi Hambatan

Terakhir, tips sukses ekspor produk UKM ke luar negeri adalah dengan selalu siap sedia mengatasi masalah yang ada. Dalam menjalankan kegiatan bisnis termasuk ekspor, bukan tidak mungkin Anda akan berhadapan dengan beberapa hambatan yang memicu masalah. Tapi sebagai pebisnis sejati seharusnya Anda tidak lantas menyerah dengan kesulitan yang didapati. Sebab, kesulitan yang dijumpai pada kegiatan ekspor ini bisa diatasi dengan beberapa solusi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top