Bisnis Online

5 Tips Terapkan Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis

twitter-marketing

twitter marketing/https://www.businesswyze.com/

Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak digemari orang. Dengan karakter khas penggunaan karakter yang dibatasi, justru membuat media sosial kreasi jack Dorsey ini menjadi unik dan menarik. Begitu menariknya Twitter bahkan membuat banyak bisnis besar tak mau ketinggalan untuk menjadikannya sebagai media berpomosi.

Untuk menjalankan promosi bisnis lewat Twitter sendiri, pebisnis bisa menjadikan Twitter Marketing sebagai salah satu bentuk strateginya. Tapi seperti apa penerapan strategi Twitter Marketing yang tepat untuk bisnis ini? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Twitter Marketing?

Sebelum membahas teknik penerapan strategi Twitter Marketing, kita perlu memahami dulu apa itu twitter marketing dan manfaatnya. Twitter marketing sendiri adalah strategi atau teknik untuk mempromosikan produk, bisnis, atau kepentingan lainnya melalui Twitter dengan memakai media pendukung yang dibutuhkan, seperti copy, gambar, dan video.

Manfaat Twitter Marketing

Dengan menerapkan twitter marketing ini maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para pebisnis. Berikut beberapa manfaat dari penerapan twitter marketing:

  1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Manfaat pertama adalah mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Sepeti kita tahu bahwa di Twitter kita bisa menggunakan fitur seperti hashtag dengan kata tertentu yang ditarget. Nah dari penggunaan fitur inilah maka pebisnis bisa menjangkau lebih banyak orang untuk kemudian mengenalkan bisnis dan produknya.

  1. Mengetahui Apa yang Diharapkan Konsumen

Dengan Twitter, kita juga bisa berinteraksi dengan baik dengan para followers atau para customer. Dari interaksi dan komunikasi inilah maka pebisnis dapat mengetahui apa yang diharapkan konsumen. Selain itu dari komunikasi dan interaksi tersebut, pebisnis bisa mendapatkan masukan yang penting untuk membuat bisnisnya lebih baik lagi. Menariknya di Twiiter ini tidak ada aturan yang ketat seperti media sosial lainnya. Jadi saat Anda ikut bergabung dalam obrolan dengan hashtag tertentu, hal tersebut tidak akan jadi sesuatu yang aneh karena dianggap hal yang biasa saja.

Strategi Memaksimalkan Twitter Marketing

Nah berikut adalah cara dan strategi untuk memaksimalkan Twitter Marketing yang bisa Anda terapkan.

  1. Pakai Bahasa Kasual atau Sehari-Hari

Cara atau strategi pertama memaksimalkan twitter marketing adalah dengan menggunakan bahasa kasual atau sehari-hari. Penggunaan bahasa kasual memang dianggap sebagai sesuatu yang efektif untuk ‘memikat’ hati audiens yang rata-rata memang dari kalangan kaum muda. Jangan ragu juga untuk menggunakan istilah-istilah yang sedang ngetrend di jagad twitter agar bisnis Anda lebih dekat dengan calon customer.

  1. Hadirkan Interaksi

Agar bisnismu mendapat engagement, maka Anda memang harus menghadirkan interaksi dalam strategi twitter marketing ini. Jadi berkomunikasilah yang dapat membuat audiens akan atau bisa meresponnya. Respon yang bisa berupa balasan komenta, like atau retweet ini memang menjadi bentuk bahwa Anda bisa menghadirkan interaksi.

  1. Gunakan Fitur Pendukung

Jangan lupa juga gunakan beberapa fitur yang dihadirkan Twitter seperti micro blogging atau thread saat akan membahas sesuatu lebih detail. Fitur lain yang bisa Anda gunakan di Twitter adalah penggunaan gambar GIF, foto atau video yang akan membuat audiens lebih tertarik.

  1. Posting Saat Prime Time

Ketika akan memposting sesuatu yang berhubungan dengan promosi, Anda harus memperhatikan waktunya. Waktu terbaik atau prime time di Twitter yang dapat menghadirkan peluang besar meraih engagement adalah hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

  1. Ikuti Tren Terkini

Terakhir, tips terapkan strategi twitter marketing yang efektif adalah dengan mengikuti tren terkini. Sebagai pebisnis, kamu memang perlu mengikuti tren atau trending topic yang sedang berlangsung di dunia atau di Indonesia. Kenapa? Sebab dengan melibatkan tren terkini dalam postingan, maka peluang interaksi akan lebih tercipta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top