Keuangan

6 Cara Memulai Investasi dengan Mudah untuk Kaum Milenial

cara-mulai-investasi-kaum-milenial

cara mulai investasi untuk kaum milenial/https://www.moneycontrol.com/

Siapa sih yang nggak mau punya finansial yang selalu sehat? Nah buat kamu yang memang ingin memiliki masa depan cerah, berinvestasi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Investasi sendiri saat ini ada banyak macamnya. Nah kamu sebagai kaum milenial yang hidup di era informasi yang cepat ini tentu sudah banyak mengetahui ragam pilihan investasi tersebut. Tapi bila kamu masih ragu untuk berinvestasi maka berikut ada beberapa cara yang bisa kamu jalankan untuk bisa mulai berinvestasi dengan mudah.

  1. Cari Tau Seberapa Banyak yang Dapat Anda Investasikan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu seberapa banyak dana yang bisa kamu investasikan. Berinvestasi memang membutuhkan keseriusn dan kedisiplinan agar bisa mencapai sukses. Maka dari itu bila kamu hanya iseng-iseng menjalankannya maka hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal. Maka dari itu supaya kamu benar-benar merasakan manfaat dari investasi ini maka kamu perlu memaksimalkan dana yang ada dengan mencari tahu seberapa banyak yang bisa diinvestasikan.

  1. Pisahkan Investasi Jangka Pendek dari Strategi Investasi Jangka Panjang

Langkah selanjutnya setelah mendapatkan dana yang akan diinvestasikan, kamu perlu membedakan dan memisahkan investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kamu memang perlu berinvestasi pada dua kategori yaitu investasi jangka pendek (5 tahunan) dan investasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Tujuan memisahkan investasi ini adalah agar kamu bisa merasakan dua manfaat yang berbeda sekaligus baik itu untuk keperluan yang singkat dan kebutuhan di masa depan seperti pensiun.

  1. Perhatikan Tingkat Risiko

Dalam investasi memang akan ada risiko. Tapi kamu tak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Sebab, risiko dalam investasi ini bisa diminimalisir dengan menerapkan strategi. Untuk bisa meminimalisir risiko ini kamu harus mencermati tingkat risikonya. Pilih jenis investasi yang tingkat risikonya membuatmu nyaman. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir risiko adalah dengan melakukan diversifikasi atau membagi dana ke beberapa jenis investasi.

  1. Pilih ke Akun Investasi Pensiun Jangka Panjang

Bila kamu tidak memiliki kebutuhan mendesak maka pilihan berinvestasi dalam dana pensiun bisa jadi opsi terbaik. Pilihan ini memang akan membuatmu lebih nyaman di masa depan atau saat hari tua. Sepeti kita tahu bahwa saat kita menua, produktivitas kita akan menurun. Terlebih bila kita diminta pensiun oleh perusahaan. Nah dengan menginvestasikan dana untuk pensiun, kamu akan lebih mudah nantinya menjalankan kehidupan.

  1. Investasi di Rekening yang Sedikit Pajak

Bila kamu berinvestasi di tempat yang memungut pajak cukup besar maka hal ini jelas merugikan. Meski ada peluang yang besar di depan, tapi besaran pajak yang memberatkanmu sebaiknya dihindari. Maka dari itu sebaiknya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi ini, pilihlah tempat berinvestasi yang memungut pajak rendah.

  1. Berinvestasi Lebih Awal, Sesering Mungkin, dan Sebanyak yang Anda Bisa

Terakhir, cara memulai investasi dengan mudah untuk kamu milenial adalah dengan berinvestasi lebih awal, sesering mungkin dan sebanyak mungkin. Jika kamu yakin dengan cara berinvestasi maka kamu seharusnya tak perlu menunda-nunda lagi untuk memulainya. Semakin dini kamu memulai investasi maka semakin cepat kamu akan merasakan manfaatnya. Jangan lupa juga untuk disiplin untuk terus berinvestasi. Memang dalam investasi ini dibutuhkan konsistensi. Bila kamu tidak disiplin maka investasi yang kamu jalankan bisa saja berujung sia-sia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top