Keuangan

6 Daftar Pertanyaan Untuk Membantumu Hindari Jebakan Investasi Bodong

investasi-bodong

investasi bodong/https://www.kompasiana.com/

Semakin besarnya minat masyarakat dalam berinvestasi membuat muncul beberapa oknum yang memanfaatnya melakukan penipuan. Beberapa kasus masyarakat yang tertipu dengan investasi bodong memang sudah banyak kita dengar. Nah bicara investasi bodong ini sebenarnya kita tidak bisa menyalahkan pihak penipu saja. Pasalnya dalam hal ini pihak investor atau korban sebenarnya juga memiliki peran untuk menyetujui investasi tersebut di awal. Maka dari itu kamu yang akan berinvestasi perlu cermat ketika akan memilih investasi. Untuk membuatmu bisa menghindari jebakan investasi bodong, kamu bisa mengajukan daftar pertanyaan berikut ini.

  1. Apakah Saya Membuat Keputusan Emosional?

Pertanyaan pertama yang harus kamu ajukan untuk menghindari investasi bodong adalah apakah saya membuat keputusan emosional? Berinvestasi dengan keputusan emosional memang berpeluang membuat seseorang terjebak dalam kerugian. Maka dari itu dengan situasi seperti apapun, pastikan kamu menggunakan akal pikiran yang jernih untuk memutuskan membeli investasi.

  1. Apa Keuntungan dan Kerugian dari Kesepakatan Itu?

Dalam sebuah investasi memang akan didapati kelebihan dan kekurangan. Nah dari sinilah maka kamu harus mengerti dan memahami apa yang bisa kamu dapatkan dan peluang kerugian yang bisa muncul dari investasi. Jadi sebelum membeli sebuah investasi pastikan kamu bisa menjawab pertanyaan apa keuntungan dan kerugian yang ada dalam kesepakatan? Pastikan juga kamu tidak terjebak dengan tawaran keuntungan yang berlebihan karena bisa jadi itu merupakan investasi bodong.

  1. Berapa Lama Waktu untuk Investasi?

Berikutnya, supaya terhindar dari investasi bodong kamu harus mengajukan pertanyaan berapa lama waktu untuk berinvestasi? Kamu memang juga perlu memperhitungkan faktor waktu dalam kegiatan investasi. Bila kamu mendapati waktu yang tidak wajar dalam kesepakatan investasi kamu harus curiga karena bisa jadi itu adalah bodong. Sebut saja misalnya kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu dekat. Nah hal ini tentu perlu dicurigai. Untuk mengetahui waktu standar dalam investasi kamu harus memiliki rujukan investasi sejenis.

  1. Berapa Biaya Peluang Jika Anda Menginvestasikan Uang dalam Suatu Kesepakatan?

Untuk berinvestasi kamu pastinya akan mengeluarkan dana atau biaya. Nah besaran dana atau biaya untuk berinvestasi ini juga perlu kamu cermati. Jangan sampai kamu terjebak dengan biaya yang berakibat pada kerugian karena investasi bodong. Maka dari itu seperti halnya memahami waktu standar investasi, kamu juga perlu mengetahui biaya umum dari investasi sejenis yang akan kamu ambil.

  1. Apakah Ada Tanggungan Risiko dan Jaring Pengaman?

Agar uangmu aman saat disimpan dalam investasi maka kamu memang perlu mengetahui jaring pengaman dan tanggungan risiko yang ada. Mengenai jaring pengaman ini kamu harus memastikan investasi tersebut terdaftar di badan resmi negara yang mengaturnya. Tapi bila memang kamu tidak mendapati jaring keamanan dan tanggungan risiko pada sebuah investasi, kamu harus waspada karena dimungkinkan itu adalah investasi bodong.

  1. Apakah Investasi Tersebut Berpengalaman dengan Validasi Berbagai Sumber?

Terakhir, pertanyaan yang bisa membantumu menghindari jebakan investasi bodong adalah apkah investasi tersebut berpengalaman dengan validasi yang kuat? Untuk yang terakhir ini memang tidak terlalu menguatkan dalam mengidentifikasi bodong tidaknya investasi. Tapi bila kamu memilih investasi yang punya banyak pengalaman maka hal tersebut akan lebih membuatmu terhindar dari investasi bodong.

Ituah beberapa pertanyaan yang bisa kamu jadikan acuan atau pedoman guna menghindari investasi bodong. Dari sini maka kamu jangan ragu lagi ketika akan memilih investasi karena dengan panduan di atas kamu akan bisa terhindari dari kerugian akibat investasi bodong.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top