Tips

6 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Wawancara Agar Anda Siap Siaga!

Jika Anda akan melaksanakan wawancara kerja besok, pasti sehari sebelumnya sudah merasa tak enak hati karena takut tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Apalagi, Anda seorang pemula yang baru mendapat panggilan pertama untuk wawancara kerja tentu akan lebih deg-degan lagi bukan? Mungkin, Anda mengira bahwa pertanyaan yang akan diberikan saat wawancara berupa materi dan teori. Bahkan, memikirkan proses wawancara itu pasti akan menyeramkan. Namun, sebaiknya Anda hapus pemikiran tentang hal itu. Justru, wawancara kerja bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat Anda bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, wawancara akan menganalisa sifat dan karakteristik Anda apakah cocok untuk bekerja di perusahaan yang dituju. Bagi Anda yang akan melaksanakan wawancara kerja, simak beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum wawancara kerja agar Anda siap siaga berikut ini.

  1. Persiapkan Jawaban Atas Pertanyaan yang Mungkin Akan Ditanyakan Oleh Pewawancara

Pertama, hal yang harus Anda persiapkan sebelum wawancara di mulai adalah mempersiapkan jawaban atas pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pewawancara. Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara, yaitu identitas beserta keseharian Anda. Biasanya, mereka pun sering menanyakan alasan kenapa Anda berminat bekerja di perusahaannya dan berapa gaji yang diinginkan. Saat menjawabnya, sebaiknya Anda jujur dan berkata sesuai dengan apa yang ada di dalam isi hati Anda. Namun, jawablah pertanyaan dengan realistis bukan sekedar keinginan saja.

  1. Pakaian yang Rapi dan Wangi untuk Dikenakan Saat Wawancara Kerja

Saat wawancara, perusahaan pasti akan melihat Anda dari sisi kepribadian. Pertama kali yang akan dilihat tentu saja cara berpakaian, apakah Anda tipe orang yang rapi atau tidak. Dari cara berpakaian, mereka akan tahu apakah Anda mencerminkan kepribadian yang baik atau tidak. Tidak harus menjadi mewah mendadak dengan menggunakan pakaian yang Anda beli hanya sekedar untuk wawancara saja. Tapi, cukup berpakaian rapi dan terlihat sopan agar pewawancara takjub dengan cara berpakaian Anda yang baik dan benar. Jangan lupa, gunakan parfum secukupnya sehingga Anda tampak lebih segar dan wangi. Bukan hal yang tidak mungkin, jika pewawancara memberikan nilai positif terhadap Anda karena memberikan kesan pertama yang sangat baik. Dari sini, mereka akan berfikir bahwa Anda layak bekerja di perusahaannya.

  1. Jujur, Percaya Diri dan Tidak Sombong

Percaya diri, jujur dan tidak sombong adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh semua karyawan. Percaya diri di sini maksudnya, menunjukkan bahwa Anda sangat antusias untuk bekerja di perusahaan yang sedang dituju. Jadi, Anda harus yakin jika nanti keterima di perusahaan akan bekerja dengan sebaik mungkin demi kemajuan perusahaan. Selain itu, jangan pernah tunjukkan kesombongan dengan kelebihan Anda yang terkesan dibuat-buat. Katakan semuanya dengan penuh kejujuran dan apa adanya, bahwasanya Anda membutuhkan pekerjaan dan ingin bekerja dengan baik di perusahaan. Dengan begini, para pewawancara akan yakin bahwa Anda layak untuk dipilih menjadi karyawan di perusahaannya.

  1. Sikap yang Baik dan Profesional

Tidak cukup percaya diri, jujur dan tidak sombong saja. Karena, bagaimanapun perusahaan pasti menginginkan pekerja yang mau bekerja keras dan memiliki sopan santun. Anda bisa menunjukkan sikap sopan santun ini pada saat pertama masuk keruangan tempat wawancara kerja dilakukan, cukup menyodorkan tangan serta sikap duduk sempurna yang tidak terkesan lemah dan tidak percaya diri. Saat mereka berbicara, tataplah matanya dengan lembut begitupun saat Anda berbicara di depan mereka. Ingat, jangan pernah gugup karena hal ini bisa mengganggu konsentrasi Anda. Enjoy kan saja, ciptakan suasana yang  nyaman agar tidak terkesan kaku.

  1. Berterimakasih

Terakhir, setelah wawancara kerja selesai Anda harus mengucapkan terimakasih kepada para pewawancara karena sudah diundang untuk mengikuti tes wawancara. Hal ini perlu dilakukan, sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk Anda duduk di bangku wawancara. Harus Anda tahu, bahwa wawancara merupakan langkah terakhir sebelum Anda diterima atau tidak oleh perusahaan.

  1. Optimis dan Selalu Berdoa

Setelah segala usaha telah dilakukan, pada akhirnya Anda harus menyerahkan kepada sang pencipta melalui berdoa. Tetaplah optimis bahwa Anda layak diterima di perusahaan tersebut, toh Anda juga sudah melakukannya dengan sekuat tenaga bukan?

Demikian ulasan mengenai 6 hal yang wajib dipersiapkan sebelum wawancara. Agar Anda siap dan tidak salah langkah, sebaiknya jalankan uraian di atas agar proses wawancara berjalan sesuai dengan harapan. Semoga berhasil!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top