Tips

6 Tips dan Langkah Packing Produk Frozen Food Agar Bisnis Tetap Gacor!

frozen-food-packaging

frozen food packaging/https://m.media-amazon.com/

Dalam bisnis frozen food, kegiatan packaging atau packing produk, menjadi sesuatu yang sangat krusial. Apalagi bila kemudian pengiriman yang dilakukan mencakup daerah luar kota atau yang jauh jangkauannya. Dari sini maka packaging menjadi sesuatu yang sangat penting dilakukan agar produk frozen food tetap baik saat diterima konsumen. Nah berikut tips dan langkah packaging produk frozen food yang baik dan benar agar bisnis tetap gacor atau eksis!

  1. Siapkan Produk Frozen Food Terbaik

Tips dan langkah pertama packaging produk frozen food adalah menyiapkan dan memeriksa produknya. Agar produk yang dikirim diterima dalam keadaan baik, kamu harus memeriksa keadaan frozen food. Hal paling utama yang bisa dilakukan dalam tips ini adalah melakukan pengecekan pada tanggal kadaluarsa. Pastikan produk memiliki tanggal kadaluarsa yang lama bila kemudian ingin mengirim produk ke daerah yang jauh. Pasalnya seiring waktu dalam proses pengiriman, produk frozen food memang akan menurun kualitasnya. Nah dengan tanggal kadaluarsa yang lama, maka kamu bisa membuat produk tetap baik kualitasnya saat diterima konsumen. Tips lain yang bisa kamu terapkan dalam pengemasan atau packaging frozen food adalah memilih produk dalam kondisi beku. Frozen food yang dikirim dalam keadaan beku memang akan membuat produk lebih terjaga kualitasnya sekaligus memperpanjang masa simpannya.

  1. Pilih Kemasan Kedap Udara

Tips kedua untuk packaging produk frozen food adalah dengan memilih kemasan kedap udara. Kemasan kedap udara memang menjadi pilihan terbaik untuk produk frozen food yang tidak tahan lama. Dengan menggunakan kemasan kedap udara maka frozen food akan terhindar dari paparan udara yang bisa mempengaruhi kualitas produk. Dengan kemasan kedap udara maka produk juga akan terhindar dari kotoran dan bakteri penyebab penyakit dari udara yang masuk. Untuk mendapatkan kemasan kedap udara ini sekarang terbilang mudah. Solusi lain untuk menghadirkan kemasan kedap udara adalah dengan melakukan vakum pada kemasan menggunakan mesin vakum. Dengan cara ini maka seluruh kandungan udara pada kemasan akan dikeluarkan sehingga produk frozen food akan tetap kering dan jauh dari kelembapan yang bisa memunculkan jamur maupun bakteri penyakit.

  1. Beri Pembungkus Tambahan

Berikutnya, tips packaging frozen food adalah dengan memberi pembungkus tambahan. Pembungkus tambahan seperti kardus akan membuat kemasan lebih terlindungi dan tidak terkontaminasi. Lebih baik lagi bila kamu menggunakan kardus yang tahan terhadap air supaya kemasan tidak rusak saat produk mencair. Solusi lain yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan selotip. Jadi tempelkan saja selotip ke seluruh permukaan kardus sehingga kardus pun akan tetap terjaga dari air.

  1. Lapisi dengan Bubble Wrap

Jika kamu mengirim frozen food di luar kota, pastinya pengiriman akan dilakukan dengan menggunakan mobil. Nah dari sinilah untuk menghindari guncangan saat pengiriman maka kamu perlu menggunakan pelengkap berupa bubble wrap. Dengan membungkus frozen food dengan bubble wrap maka produk akan terlindungi dari guncangan dan benturan selama proses pengiriman yang bisa membuat produk rusak.

  1. Tempelkan Stiker Peringatan

Satu hal lagi yang bisa kamu terapkan untuk pengiriman frozen food dengan jarak jauh adalah menempelkan stiker peringatan seperti ‘Fragile’ atau ‘Jangan Dibanting’. Dengan menempelkan stiker ini pada saat packaging maka pihak pengiriman akan lebih berhati-hati saat memperlakukan barangmu. Dari sini maka produk bisa sampai di tangan pembeli dengan kondisi yang masih baik.

  1. Gunakan Jasa Pengiriman Terbaik

Terakhir, tips atau langkah packaging frozen food adalah dengan menggunakan jasa pengiriman terbaik. Produk frozen food yang rawan rusak memang membutuhkan perlakuan yang baik. Maka dari itu selain mengemas atau melakukan packaging yang baik, kamu juga perlu memilih jasa pengiriman terbaik agar produk bisa sampai pada pembeli dengan keadaan tanpa kerusakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top