Lainnya

7 Alasan Mengapa Program Magang Itu Wajib Dilakukan Mahasiswa

Saat ini telah banyak perguruan tinggi yang menerapkan magang sebagai program wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa. Program magang ini biasanya berlangsung selama satu hingga tiga bulan tergantung kebijakan Universitas yang menentukannya. Beberapa tempat magang ada yang memberikan honor namun ada juga yang tidak memberikan honor pada mahasiswa magang setelah menjalani kegiatan magang.

Namun jangan khawatir, program magang ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat diterima setelah mengikuti kegiatan. Universitas telah mempertimbangkan alasan penting mahasiswa harus melaksanakan program magang. Beberapa alasan dan manfaat penting diantaranya adalah:

  1. Memperoleh Pengalaman

Para mahasiswa akan lebih banyak mendapatkan pengalaman baru saat mereka mengikuti program magang. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara kerja yang baik dan benar sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mereka juga akan mendapatkan wawasan lebih dari program magang yang dijalaninya. Oleh karena itu magang ini sangat diwajibkan untuk mahasiswa, agar saat mereka terjun di dunia kerja mereka sudah memiliki wawasan dan pengalaman yang luas.

  1. Memperluas Jaringan

Pada saat menjalani program magang anda akan memiliki banyak teman baru. Anda juga dapat bertukar ide dengan teman baru. Memiliki banyak teman baru, membuat anda memiliki jaringan yang luas. Dari sanalah anda dapat menggali banyak wawasan darinya. Jadi, tidak menutup kemungkinan saat anda membutuhkan kerja nanti, mereka dapat membantu anda untuk merekomendasikan tempat kerja yang bagus.

  1. Melatih Diri Dalam Menghargai Waktu

Nah, magang ini dapat membantu anda dalam mengatur waktu. Di tempat magang, anda akan diajarkan bagaimana sikap disiplin dan menghargai waktu yang benar. Di samping itu, di tempat magang juga disuguhkan tugas deadline yang harus dikerjakan tepat waktu. Jadi, anda tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Sedikit demi sedikit anda akan terlatih untuk bersikap disiplin dan menghargai waktu.

  1. Melatih Diri Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Jika anda tipe orang yang sulit bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan baru, kegiatan magang dapat membantu anda melatih diri untuk beradaptasi. Dalam menjalani kegiatan magang, anda akan dilatih untuk beradaptasi dengan orang banyak di sekitar anda. Nantinya sedikit demi sedikit sifat tertutup dan pendiam anda akan hilang. Anda juga akan lebih mudah dan tidak grogi saat berbicara di depan umum karena sudah terbiasa.

  1. Mempercantik Isi CV

CV adalah salah satu berkas terpenting yang nantinya digunakan untuk meyakinkan pimpinan perusahaan saat anda melamar pekerjaan. Nah, jika anda merasa tidak mempunyai kelebihan apa-apa untuk diisi pada CV, maka magang dapat anda jadikan patokan untuk melengkapi CV. Setidaknya dengan kegiatan magang ini anda mengasah bakat anda dan menggali informasi lebih yang nantinya akan berguna untuk mengisi CV agar lebih menarik.

  1. Memiliki Kesempatan Untuk Diterima Kerja Di Perusahaan Tersebut

Jika saat menjalani program magang kinerja anda dinilai profesional dan baik oleh perusahaan, maka kemungkinan besar anda akan direkrut menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut. Anda tidak perlu susah-susah mencari kerja setelah lulus kuliah. Cukup dengan memberikan kinerja yang bagus saat anda magang, anda akan dinilai plus oleh perusahaan.

  1. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Tidak semua orang memiliki rasa tanggung jawab yang baik saat nantinya masuk dalam dunia kerja. Saat magang, anda akan dilatih bertanggung jawab dalam mengemban tugas individu maupun kelompok dalam perusahaan yang anda tempati. Dengan begitu, anda akan belajar melatih jiwa tanggung jawab pada diri anda.

Itulah ke tujuh alasan mengapa magang sangat penting dilakukan oleh mahasiswa sebelum mereka masuk di dunia kerja. Saat ini menjadi pekerja yang profesional di sebuah perusahaan itu tidaklah mudah. Perlu adanya wawasan yang luas dan pengalaman yang tinggi. Untuk itu magang menjadi alasan utama dalam melatih mahasiswa sebelum masuk dunia kerja!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top