Lainnya

71 Tahun Rajai Bisnis Biskuit, Inilah Rahasia Khong Guan

rahasia-khong-guan

Mendengar nama Khong Guan, pikiran kita akan langsung terbersit pada makanan biskuit. Khong Guan memang sudah sangat populer di masyarakat sebagai brand biskuit. Setiap momen hari besar seperti lebaran, biskuit Khong Guan selalu menjadi pilihan keluarga untuk disajikan di ruang tamu. Bahkan kaleng biskuit Khong Guan ini telah menjadi benda dan produk yang sangat ikonik bagi setiap orang dengan desain dan image keluarga tanpa ayah tersebut. Khong Guan sendiri berdiri tahun 1947 yang artinya produk ini sudah bertahan di pasaran selama kurang lebih 71 tahun. Konsistensi Khong Guan selama 71 tahun ini tentu bukanlah perkara yang gampang dicapai sebuah bisnis. Lalu seperti apa rahasia perusahaan  yang didirikan oleh Hidayat Darmono ini bisa bertahan dan konsisten merajai bisnis biskuit selama 71 tahun? Berikut ulasannya.

  1. Berfokus Pada Kualitas

Rahasia pertama Khong Guan mampu merajai bisnis biskuit selama kurang lebih 71 tahun adalah karena selalu berfokus pada kualitas. Bagi Khong Guan, kualitas produk adalah hal paling penting untuk dicapai. Nah untuk membuat kualitas Khong Guan ini selalu berkualitas maka digunakan bahan-bahan berkualitas untuk menghasilkan produk terbaik. Dan fokusnya Khong Guan pada kualitas ini selalu diterapkan setiap waktu hingga sekarang. Dari sini maka Khong Guan selalu mendapat tempat di hati masyarakat dan juga bisa bertahan hingga sekarang.

  1. Mengutamakan Mutu

Berikutnya, rahasia Khong Guan mampu bertahan selama 71 dan memenangkan persaingan bisnis adalah karena selalu menjaga atau mengutamakan mutu. Dengan semakin berkembangnya bisnis biskuit, Khong Guan mengerti bahwa dirinya harus menjaga mutu produknya. Maka untuk itulah kemudian Khong Guan melakukan sertifikasi produk dan kehalalannya dengan sertifikat ISO 22000: 2005. Dengan adanya sertifikat ini maka mutu produk dari Khong Guan tak perlu diragukan lagi. Anda pun sebagai konsumen tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya.

  1. Perluas Jaringan Distribusi

Setelah membuat produknya berkualitas dan bermutu, rahasia Khong Guan berikutnya untuk merajai pasar biskuit selama 71 tahun adalah dengan memperluas jaringan distribusi. Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini produk Khong Guan telah bisa kita temui di seluruh Indonesia. Persebaran distribusi Khong Guan yang luas ini sendiri didukung oleh konsep untuk terus memperbanyak jumlah distributor setiap tahunnya. Berkat konsep tersebut, saat ini pemasaran Khong Guan bukan hanya di Indonesia saja, tapi telah tersebar ke pasar Asia dan Afrika. Konsep pemasaran atau marketing yang dijalankan Khong Guan ini dijalankan bukan hanya untuk memperluas pangsa pasar, tapi juga untuk membendung serangan dari pesaing atau kompetitor.

  1. Sentuh Semua Kalangan

Khong Guan merupakan produk biskuit yang banyak disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Segmentasi untuk semua umur dan kalangan ini memang sengaja disentuh oleh pihak Khong Guan untuk meraih simpati seluruh lapisan masyarakat. Produk Khong Guan sendiri saat ini memang sudah beragam. Dan beberapa produk yang ada segaja dikhususkan untuk kalangan menengah ke atas seperti Monde. Sementara itu produk Nissin diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah.

  1. Lakukan Berbagai Promosi

Siapa bilang dengan popularitas yang telah diraih lantas Khong Huan terlena hingga tak lagi melakukan promosi. Promosi bagi PT Khong Guan Biscuit adalah hal yang harus terus digalakkan. Bahkan ditengah gencarnya media online, PT Khong Guan Biscuit juga telah melakukan promosi melalui dunia maya. Promosi dari Khong Guan sendiri akan sangat terlihat di televisi, terutama menjelang hari besar seperti Idul Fitri yang memang ketika itu permintaan dari pasar sedang tinggi-tingginya.

  1. Jalankan Aktivitas Pemasaran yang Unik

Terakhir, rahasia Khong Guan merajai pasar biskuit selama kurang lebih 71 tahun adalah dengan melakukan aktivitas pemasaran yang unik. Bagi PT Khong Guan Biscuit, pemasaran memang sesuatu yang harus efektif saat dieksekusi. Nah untuk itulah kemudian Khong Guan melakukan beberapa pemasaran unik untuk bisa lebih meraih perhatian konsumen. Salah satu bentuk pemasaran unik yang pernah dijalankan PT Khong Guan Biscuit adalah dengan memberikan kaleng Khong Guan ke beberapa pedagang seperti penjual ketoprak, nasi goreng dan bubur ayam dan lain-lain. Dari bentuk pemasaran ini Khong Guan pun bisa mendapatkan keuntungan iklan gratis keliling tempat dari para pedagang tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top