Bisnis Online

Agar Pelaku UMKM Bisa Bersaing di Ranah Digital, Kuasai 6 Skill Ini

skill-bisnis-online

skill bisnis online/https://www.companybug.com/

Zaman memang sudah berubah. Kini dunia digital telah mulai banyak mendominasi pasar. Dengan kemudahan dan cara berhemat yang dihadirkan dari platform online, membuat banyak konsumen tak ragu untuk memilih cara belanja daring. Nah dari sinilah para pelaku UMKM sudah seharusnya melihat ini sebagai langkah untuk mulai bertransformasi menuju ranah digital. Tapi untuk bisa sukses bersaing di ranah online, para pelaku UMKM perlu membekali dirinya dengan beberapa skill berikut ini.

  1. Penguasaan Gadget

Skill pertama yang perlu dimiliki pelaku UMKM agar bisa bersaing di ranah digital adalah penguasaan gadget. Dalam ranah digital ini gadget memang menjadi perangkat utama yang akan digunakan para pelaku UMKM. Nah dari sinilah siapa pun yang ingin terjun ke pemasaran online maka perlu sekali menguasai penggunaan gadget serta cara bergabung pada platform yang tepat.

  1. Skill Storytelling

Setelah menguasai gadget dan memiliki platform berjualan, selanjutnya, Anda perlu menguasai skill storytelling. Untuk menjual produk dan menarik konsumen di ranah online ini memang membutuhkan konten tulisan yang unik. Bentuk tulisan berupa storytelling dianggap sebagai salah satu konten terbaik yang bisa membuat pembaca atau calon konsumen terikat dengan brand. Ketika sudah mengikat hati mereka, Anda tak perlu lagi bersusah payah untuk mengajaknya membeli produk yang Anda tawarkan.

  1. Fotografi dasar

Berikutnya, skill yang harus dimiliki pelaku UMKM agar bisa bersaing di ranah digital yakni fotografi dasar. Saat berjualan di ranah online, Anda memang harus membuat sebuah foto produk untuk ditampilkan. Nah kalau foto tersebut tidak bagus, maka calon konsumen juga bisa menjadi malas membeli. Dari sinilah maka teknik fotografi dasar untuk menghadirkan gambar terbaik ini penting dikuasai agar sukses berbisnis online.

  1. Pengelolaan Bisnis Dasar

Seperti layaknya bisnis pada umumnya, dalam bisnis online ini Anda juga perlu melakukan pengelolaan usaha. Namun karena Anda sudah terbiasa dengan teknologi, kali ini Anda bisa mengelola bisnis dengan lebih mudah dengan menggunakan perangkat gadget. Caranya unduh atau download aja beberapa aplikasi pengelolaan bisnis yang ada di Google Play atau App Store. Dengan pengelolaan yang cepat dan terstruktur melalui basis teknologi, bisnis pun bisa berkembang lebih cepat lagi.

  1. Digital Marketing

Ilmu marketing digital pada akhirnya menjadi kunci utama agar Anda bisa menguasai ranah digital. Sesuai namanya maka digital marketing ini akan dijalankan dengan cara terbaru melalui perangkat teknologi. Sebagai contoh teknik digital marketing yang bisa diterapkan dalam bisnis online yaitu Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO) dan lain sebagainya.

  1. Penguasaan Fitur dan Program dari Marketplace

Terakhir, skill yang harus dimiliki para pelaku UMKM untuk bisa bersaing di ranah digital adalah penguasaan fitur dan program marketplace. Marketplace saat ini memang digandrungi masyarakat karena menawarkan banyak hal termasuk belanja hemat. Dari sinilah maka Anda sebagai pengusaha UMKM perlu menghadirkan toko di marketplace. Nah saat bergabung di marketplace ini Anda perlu menguasai seluk beluknya. Salah satu hal yang penting dikuasai dari marketplace yaitu penguasaan fitur dan program. Setiap marketplace biasanya memang memiliki fitur dan program yang berbeda-beda. Dari sinilah maka Anda yang akan terjun ke ranah digital dengan memanfaatkan marketplace sebagai sarananya, perlu sekali untuk memahami setiap fitur dan program yang dihadirkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top