Keuangan

Agar Tak Boros Kuota Internet, Coba 5 Cara Ini!

cara hemat kuota internet

hemat kuota internet/https://klik-wow.blogspot.com/

Internet di zaman sekarang memang telah menjadi kebutuhan tersendiri bagi setiap orang. Dengan semakin mudahnya teknologi gadget yang bisa diperoleh, internet kemudian nampak berjalan beriringan dengannya. Namun sayangnya dalam penggunaan internet ini banyak orang yang tidak mengontrol diri sehingga kemudian mendapati dirinya boros. Tentu pemakaian internet yang boros ini tidak baik. Ini karena pemakaian internet yang boros bisa membuat keuangan atau finansial Anda menjadi tidak sehat. Nah berikut ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa menggunakan internet dengan hemat.

  1. Gunakan Mode Offline

Cara pertama untuk Anda bisa menghindari penggunaan internet yang boros adalah dengan menggunakan mode offline. Beberapa aplikasi yang ada memang bisa digunakan secara offline. Nah bila Anda mendapati aplikasi yang bisa digunakan secara offline maka mengapa tidak memanfaatkannya. Beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan secara offline yaitu YouTube, Google Maps serta juga beberapa aplikasi streaming music. Untuk menggunakan fitur offline ini memang Anda diharuskan mengunduh dulu video atau musik yang ada pada aplikasi. Nah untuk hal ini Anda bisa mencari dulu tempat wi fi gratis untuk men-downloadnya. Nah dengan cara ini maka Anda akan bisa menghemat kuota untuk memutar video atau musik yang Anda sukai secara terus-menerus. Menariknya lagi dengan menggunakan mode offline, Anda juga tidak akan terkendala dengan labilnya sinyal internet di mana pun Anda akan menggunakan aplikasi.

  1. Matikan Koneksi Internet Saat Tak Dibutuhkan

Koneksi internet yang terus tersambung dengan perangkat memang akan terus menyedot dan cepat menghabiskan kuota yang ada. Maka dari itu Anda yang ingin hemat dalam penggunaan kuota internet cobalah untuk mematikan koneksi internet saat tidak dibutuhkan. Hal yang paling sering membuat lupa seseorang mematikan koneksi internet dan membuat kuota cepat habis adalah ketika tidur. Maka dari itu cobalah untuk mengingat hal ini dan jangan sampai meninggalkan ponsel dalam keadaaan terkoneksi intenet ketika akan tidur. Dengan mematikan koneksi internet saat tidak dibutuhkan maka Anda akan bisa menghindari pemborosan kuota.

  1. Nonaktifkan Auto-download

Berikutnya, cara untuk menghindari pemborosan kuota internet adalah dengan menonaktifkan auto-download. Fitur auto-download yang ada pada Play Store atau App Store ini memang harus Anda atur. Sebab bila tidak Anda atur maka kuota Anda akan bisa cepat habis karena banyaknya aplikasi yang meminta pembaruan lewat jaringan internet yang ada. Pastikan untuk menonaktifkan fitur auto-download ini agar Anda bisa lebih leluasa untuk mengatur aplikasi mana saja yang ingin diperbarui. Pengaturan fitur auto-download ini sendiri bisa Anda ubah di menu setting pada aplikasi bawaan Play Store atau App Store.

  1. Atur Notifikasi Peringatan Penggunaan Data

Dalam menu pengaturan atau setting di ponsel, Anda akan mendapati pilihan jaringan dan internet. Nah di pilihan inilah Anda bisa melakukan pengaturan penghematan data. Caranya nyalakan saja notifikasi peringatan penggunaan data smartphone Anda. Sebelum itu pastikan Anda sudah menyetel batas penggunaan datanya. Ketika data sudah menyentuh ambang batas yang telah Anda tentukan, ponsel akan memberitahu dan memperingatkan Anda. Dari sini maka Anda pun bisa berbuat untuk lebih menghemat data sehingga pemborosan pun bisa dicegah.

  1. Identifikasi dan Batasi Aplikasi

Terakhir, cara untuk menghindari pemborosan kuota internet yang bisa Anda lakukan adalah dengan menidentifikasi dan membatasi aplikasi. Jadi cobalah untuk mengetahui aplikasi mana di smartphone kamu yang paling menyedot kuota paling banyak. Nah bila sudah ditemukan cobalah untuk menghapus atau melakukan uninstall pada aplikasi yang banyak menghabiskan kuota tersebut. Sebagai gantinya cobalah cari aplikasi yang sejenis atau aplikasi yang sama dalam versi hematnya atau versi lite. Bila Anda tak mau menghapusnya, Anda harus berkomitmen untuk membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Misalnya bila biasanya Anda menggunakan aplikasi 4-5 jam dalam sehari, cobalah mengurangi atau membatasinya menjadi 1-2 jam saja. Dengan cara ini maka Anda pun akan bisa menghemat kuota internet dan terhindar dari pemborosan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa terhindar dari pemborosan kuota internet. Agar beberapa cara diatas sukses diterapkan, pastikan Anda untuk disiplin menjalankannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: