Lainnya

Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi, Memang Bisa? Tentu Saja! Caranya Lakukan 5 Hal Ini

aktif-berorganisasi-dan-tetap-berprestasi

aktif-berorganisasi-dan-tetap-berprestasi

Berorganisasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan para mahasiswa untuk bisa menggali pengalaman lebih. Dengan berorganisasi mahasiswa memang akan mendapatkan wawasan, relasi dan juga pengalaman untuk mendukung kehidupannya di masa depan. Tapi sayangnya tidak sedikit mahasiswa yang menjadi berantakan studinya karena terlalu asyik berorganisasi. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang baik untuk Anda dan masa depan. Sebab, menelantarkan studi hanya dengan tujuan aktif berorganisasi adalah pikiran dan tindakan yang keliru. Sebagai mahasiswa yang ingin sukses di masa depan, Anda haruslah berprestasi meski aktif berorganisasi. Tapi bagaimana caranya agar berprestasi dengan tetap aktif berorganisasi? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Jangan Salah Pilih Organisasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar berprestasi dengan tetap aktif berorganisasi adalah dengan memilih organisasi yang tepat. Pemilihan organisasi ini memang sesuatu yang krusial dan tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, bila Anda salah pilih organisasi maka akan sulit untuk Anda menyongsong masa depan lebih baik. Organisasi yang tepat untuk dipilih sendiri adalah organisasi yang sesuai dengan karakter dan passion diri. Dalam hal ini maka Anda harus memilih organisasi berdasarkan peminatan diri Anda. Pastikan organisasi yang dipilih sesuai dengan bakat dan minat Anda. Dengan memilih organisasi yang sesuai dengan bakat dan minat maka Anda akan berpeluang lebih besar untuk berprestasi.

  1. Pastikan Anda Mendapatkan Hal Bermanfaat

Organisasi yang sesuai minat bisa jadi Anda akan dapatkan ada banyak di kota Anda. Nah dari sini Anda harus bisa memastikan satu organisasi yang tepat. Organisasi yang tepat untu dipilih dari sekian banyak organisasi adalah yang mampu memberikan hal bermanfaat untuk Anda. Memang tidak semua organisasi memiliki visi dan misi yang terukur sesuai dengan programnya. Beberapa diantara organisasi tersebut bahkan ada yang hanya berfokus untuk mencari keuntungan saja. Dari sini maka Anda harus bisa mencari organisasi yang tepat dan menghadirkan manfaat untuk Anda. Sebab hanya dengan manfaat yang Anda peroleh inilah maka Anda akan bisa menyongsong masa depan yang lebih baik.

  1. Membuat Agenda yang Terukur

Setelah Anda mendapatkan organisasi yang tepat dan bermanfaat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat agenda yang teratur. Berorganisasi memang tidak ubahnya seperti Anda menjalankan studi. Maka dari itu Anda seharusnya membuat agenda yang terukur. Agenda terukur ini adalah membuat sebuah rencana dan juga target-target tertentu selama berada di organisasi. Dengan adanya rencana dan target-target yang terangkum dalam sebuah agenda inilah maka Anda akan bisa mendapatkan hal yang tepat untuk dukungan hidup Anda. Ketika hidup dan masa depan Anda banyak didukung oleh salah satunya dari organisasi yang diikuti maka Anda akan bisa lebih berpeluang untuk meraih prestasi.

  1. Fokuslah Pada Target dan Impian

Untuk bisa meraih prestasi maka Anda harus tahu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini bisa merupakan target atau juga impian. Setelah mengetahui target dan impian maka Anda harus fokus. Fokus ini memang menjadi cara yang harus Anda lakukan agar target dan impian yeng telah ditetapkan cepat untuk diraih. Dalam berorganisasi ini Anda juga perlu menetapkan target dan impian. Target dan impian ini sendiri bisa bermacam-macam seperti menjadi pimpinan organisasi atau juga menjabat posisi terpenting dalam organisasi. Dari target dan impian di organisasi inilah maka Anda tinggal memfokuskan diri untuk bisa meraihnya.

  1. Jangan Terlena

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa berprestasi dengan tetap aktif berorganisasi adalah dengan tidak terlena. Tidak sedikit memang mahasiswa yang terlena saat mereka menjalankan organisasi. Mereka terlalu asyik berorganisasi tanpa menyadari bahwa mereka juga harus menyelesaikan studi. Dari sinilah maka banyak dari mereka ini yang terlambat menyelesaikan studi atau bahkan mengalami drop out dari kampus. Tentu saja bila Anda mengalami hal ini maka sebuah kerugian untuk Anda. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan tidak terlena ketika Anda berorganisasi. Tetaplah mengetahui prioritas yang harus didahulukan agar prestasi itu bisa Anda raih dengan gemilang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top