Lainnya

Anda Bekerja di Bawah Tekanan? Hadapi dengan 5 Jurus Ini

bekerja-dibawah-tekanan

bekerja dibawah tekanan/https://bogtrotter.bandcamp.com/

Untuk lebih mengembangkan perusahaan, tak jarang para owner atau pemilik bisnis kemudian menuntut para pekerja atau karyawannya bekerja di bawah tekanan. Saat dituntut bekerja di bawah tekanan inilah kemudian membuat beberapa dari karyawan mengeluh karena dirinya merasa tak sanggup. Bekerja di bawah tekanan sebenarnya memang memiliki dua sisi yang berlawanan. Satu sisi seseorang akan dipaksa untuk berbuat lebih dan membuat lelah, namun di sini lain sebenarnya ada dampak positif yang bisa diperoleh bila Anda mampu melewatinya. Tapi bagaimana cara terbaik untuk bisa bekerja di bawah tekanan? Berikut beberapa jurus yang dapat Anda terapkan.

  1. Bekerjalah Sesuai Kompetensi atau Passion Anda

Jurus pertama untuk menghadapi pekerjaan yang menuntut Anda bekerja di bawah tekanan adalah dengan memilih job sesuai kompetensi atau passion. Bekerja dengan kompetensi yang dimiliki memang akan dapat membuat Anda bekerja lebih baik. Pasalnya, pekerjaan tersebut bisa Anda kerjakan dengan lebih mudah dan cepat. Tapi bila Anda bekerja tidak sesuai kompetensi, maka Anda akan sulit untuk bekerja lebih apalagi bekerja di bawah tekanan. Hal yang lebih optimal lagi adalah cobalah mengambil pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda. Bekerja dengan passion tentu akan membuat Anda bekerja dengan lebih menyenangkan. Bahkan, beberapa orang yang bekerja dengan passion merasa dirinya tidak bekerja. Nah saat datang pekerjaan di bawah tekanan tersebut, tentu Anda tidak akan merasa terlampau berat untuk mengerjakannya.

  1. Biasakan Diri Anda

Tak jarang memang beberapa pekerja yang mengeluhkan pekerjaan di bawah tekanan ini karena merasa dirinya belum terbiasa. Berpindah dari sebuah perusahaan ke perusahaan baru memang bisa saja membuat muncul banyak perbedaan yang dirasakan. Salah satu perbedaan yang bisa dirasakan pekerja tersebut adalah soal tantangan bekerja yang lebih besar. Nah dari sinilah bisa jadi sebenarnya pekerjaan di bawah tekanan yang dirasakan seorang karyawan ini hanya soal kebiasaan. Maka dari itu bila Anda mendapati perbedaan pekerjaan yang lebih besar, coba amati karyawan lain di sekitar Anda apakah mereka juga mengeluh seperti Anda. Bila hanya Anda saja yang merasakannya, tentu ada sesuatu, seperti pembiasaan diri yang perlu Anda lakukan.

  1. Jangan Mudah Mengeluh, Fokuslah Pada Penyelesaian Pekerjaan

Berikutnya, jurus yang tepat untuk menghadapi pekerjaan di bawah tekanan adalah dengan tidak mudah mengeluh serta tetap fokus pada penyelesaian. Tak jarang memang banyak pekerja yang senangnya mengeluh. Saat dirinya mendapatkan pekerjaan lebih, maka bukan solusi yang dikedepankan, tapi perasaan yang ditonjolkan. Untuk menghadapi masalah apapun termasuk pekerjaan yang berat, memang hanya ada satu solusi yaitu menyelesaikannya dengan segera. Semakin Anda cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut maka akan semakin hilang tekanan yang Anda rasakan. Tapi bila Anda lebih mengedepankan perasaan mengeluh dengan menunda-nunda pekerjaan, maka Anda harus bersiap dengan masalah yang lebih berat dan menumpuk.

  1. Belajarlah Ikhlas dan Ingat Bahwa Ada Hal Baik yang Bisa Anda Dapatkan

Salah satu hal yang sering dilupakan seseorang dalam bekerja dan menjalani kehidupan ini adalah ikhlas. Dalam hidup ini memang tak jarang banyak persoalan dan masalah yang akhirnya dapat diatasi dengan metode ikhlas. Jadi cobalah berusaha dulu sekuat tenaga Anda dan ikhlaskan apa yang Anda kerjakan tersebut. Sebab bisa jadi memang beban kerja di bawah tekanan yang diberikan owner hanya sebuah ujian untuk melihat kualitas diri Anda. Ingatlah juga bahwa apa yang Anda lakukan ini nantinya akan meningkatkan kualitas diri Anda.

  1. Bicarakan dengan Baik-baik dengan Pemimpin

Bila Anda masih merasa bahwa pekerjaan ini terlalu berat, maka bicarakan saja dengan atasan atau pemimpin. Tapi untuk membicarakan keluhan Anda tentang pekerjaan yang berat tersebut, pastikan Anda untuk mencari waktu yang tepat. Di saat atasan terlihat punya waktu luang, bicarakan masalah Anda tersebut dengan baik-baik. Mungkin cara atau jurus ini tidak memberikan solusi, tapi memang cara inilah satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan bila beberapa cara sebelumnya tidak sanggup dikerjakan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: