Tips

Anda Mahasiswa Pariwisata, Terapkan 5 Kiat Ini Agar Sukses di Industri “Hospitality”

Sukses di Industri Hospitality

Sebagai mahasiswa jurusan pariwisata, pastinya Anda sudah bisa menerka bagaimana arah profesi di masa depan. Meski tidak sepopuler jurusan kedokteran atau akutansi, jurusan kepariwisataan tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, dengan semakin meningkatnya industri kepariwisataan, membuat Anda sebagai mahasiswa pariwisata harus optimis dengan masa depan. Dalam sebuah riset sendiri didapatkan data bahwa kepariwisataan yang masuk dalam industri “hospitality” ini mampu berkontribusi lebih kurang 10 persen dari pendapatan bruto secara internasional. Industri “hospitality” sendiri industri yang memprioritaskan keramahtamahan dan pelayanan. Nah Anda sebagai seorang mahasiswa dibidang ini perlu untuk memperhatikannya dengan sungguh-sungguh cakupan industri “hospitality” tersebut. Sebab dibidang inilah Anda nantinya akan bergelut dalam karir. Nah agar Anda bisa suskes dibidang industri “hospitality” yang mengedepankan pelayanan, maka Anda perlu menerapkan beberapa kiat berikut ini.

  1. Toleransi

Kiat pertama untuk sukses di industri “hospitality” adalah mengedepankan toleransi. Dalam industri “hospitality”, termasuk kepariwisataan, Anda memang akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan daerah dan dunia. Nah dari sini maka Anda mau tak mau harus bisa mengedepankan toleransi agar pelayanan yang dihadirkan tetap optimal. Tapi bila mengacuhkan toleransi, maka akan sulit bagi Anda untuk menghadirkan pelayanan yang maksimal. Jika sudah demikian Anda pun akan sulit untuk melangkah pada karir atau usaha yang lebih maju dibidang kepariwisataan ini. Untuk bisa menghadirkan toleransi sendiri Anda wajib memiliki pikiran yang terbuka dan juga sikap empati terhadap orang lain. Dari pikiran terbuka dan sikap empati yang dilatih terus menerus, Anda pun akan bisa menghadirkan toleransi dan pelayanan yang optimal.

  1. Terbuka pada Kritik

Ketika industri “hospitality” ini dijalankan, maka bukan tidak mungkin akan muncul kritik. Indutsri “hospitality” yang berlandaskan pada bidang jasa memang memiliki kemungkinan munculnya kritik dari ketidakberesannya. Bila pelayanan yang muncul tidak memuaskan, maka konsumen dapat saja melayangkan kritik. Nah dari sinilah Anda sebagai pelaku di dunia kepariwisataan yang terkait industri “hospitality”, harus bisa terbuka pada kritik. Setelah terbuka pada kritik, Anda pun harus bisa menghadapi kritik tersebut dengan feedback yang baik. Anda harus ingat bahwa kritik ini sebenarnya sesuatu yang membangun dan dapat membuat Anda lebih baik lagi. Jadi jika ada kritik yang datang, cobalah untuk menerimanya dan merespon dengan sebaik-baiknya.

  1. Mengikuti Perkembangan Tren dan Teknologi

Berikutnya, kiat agar Anda sukses di bidang kepariwisataan yang berkaitan dengan industri “hospitality” adalah dengan mengikuti perkembangan tren dan teknologi. Dengan semakin massifnya pertumbuhan teknologi, maka dampaknya yang juga berpengaruh pada dunia industri “hospitality”, tentu harus bisa Anda antisipasi. Jangan sampai menolak adanya perubahan karena tren dan teknologi ini. Alih-alih menolaknya, Anda yang ingin sukses dibidang kepariwisataan ini harus beradaptasi dan mengikuti perkembangannya. Ini karena konsumen dan target pasar Anda yang sudah berada dijalur teknologi harus Anda raih dengan membuka diri untuk bisa juga mengenal dan mengadopsi tren dan teknologi yang sedang brkembang.

  1. Pengaruh Positif

Anda yang menjalankan industri “hospitality” ini memang harus mampu membuat pengaruh positif dilingkungan. Pengaruh positif sendiri bisa Anda hadirkan tanpa harus dengan sesuatu yang besar. Tapi dengan hal-hal kecil saja seperti senyuman kepada tamu, maka Anda pun sudah bisa menghadirkan pengaruh positif. Pengaruh positif ini memang penting dalam dunia “hospitality”, sebab hal tersebut dapat membuat industri tumbuh lebih baik.

  1. Bangun Hubungan dengan Siapa Saja

Dalam industri “hospitality” yang juga sedang berkompetisi, maka Anda harus bisa membekali diri dengan relasi yang baik dengan siapa pun. Relasi ini memang penting untuk Anda bisa menjalankan industri “hospitality” dengan lebih mudah. Untuk bisa mendapatkan relasi yang baik maka Anda harus bisa membangun hubungan yang luas. Tentu saja relasi ini juga harus Anda imbangi dengan kualitas pelayanan yang bermutu. Sebab bila pelayanan berkualitas, maka industri “hospitality” Anda akan dipromosikan secara tidak langsung oleh orang-orang yang puas dengan pelayanan tersebut.

Demikianlah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan sebagai mahasiswa pariwisata yang ingin sukses dibidang “hospitality”. Ingat begitu besarnya peluang Anda meraih sukses dibidang ini juga harus Anda ikuti dengan perjuangan dan pengorbanan yang juga besar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top