Tips

Anda Masih Nganggur? Yuk Intip 7 Cara Simpel untuk Cepat Dapat Kerja Ini!

Ada banyak sekali orang yang kesulitan dalam menemukan pekerjaan. Tidak hanya lulusan SLTA saja, melainkan tingkat Diploma dan Sarjana pun sering kali mengeluh karena sulitnya mencari pekerjaan yang sepadan. Terlebih lagi mereka yang ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan passionnya, tentu hal ini menjadi ironi bagi mereka. Sebenarnya bukan tidak adanya lowongan pekerjaan, melainkan cara dan usaha mereka yang kurang efektif serta maksimal untuk mendapatkan pekerjaan itu. Padahal sekarang ini sudah banyak informasi lowongan pekerjaan yang bisa diperoleh, baik di media sosial, koran atau internet. Bahkan ada ratusan lowongan kerja di internet, koran, maupun even jobfair. Hanya saja, para recruiter perusahaan melakukan pencarian kandidat yang begitu ketat demi mendapatkan pekerja yang baik untuk perusahaannya. Bagi Anda yang ingin cepat dapat pekerjaan, yuk simak beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan dalam mencari pekerjaan berikut ini.

  1. Memperluas Jaringan Relasi Pertemanan

Jika Anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan, maka cobalah perluas jaringan relasi pertemanan Anda baik secara online maupun offline. Dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas, Anda bisa menanyakan info loker kepada teman-teman tersebut. Selain itu, aktif di berbagai komunitas pencari kerja baik online maupun offline juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat lho.

  1. Memanfaatkan Internet dan Koran

Selain memperluas jaringan relasi pertemanan, Anda juga bisa mencari informasi lowongan pekerjaan dari media koran yang biasanya banyak tersebar di akhir pekan. Tidak hanya melalui koran, Anda juga bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan melalui internet. Pasalnya, ada banyak sekali situs penyedia info lowongan pekerjaan yang tersedia di internet. Di sini, Anda bisa memilih mana lowongan pekerjaan yang ter-update dan menurut Anda cocok atau sesuai dengan keinginan.

  1. Mengirim Lamaran Kerja Secara Online

Setelah Anda menemukan beberapa lowongan kerja yang pas, selanjutnya manfaatkan media internet untuk mengirim CV Anda secara online. Ada beberapa situs loker online yang bisa Anda pilih seperti jobsdb, jobstreet, job.id dan lain sebagainya. Dengan mengirim CV secara online, maka hal ini akan membantu Anda untuk lebih menghemat waktu, tenaga dan uang.

  1. Datang ke Perusahaan Secara Langsung

Jika Anda ingin mencari pekerjaan dan menanyakan secara langsung mengenai info loker, maka datanglah ke perusahaannya. Ingat, jangan sampai Anda lupa membawa surat lamaran kerja yah. Karena, bisa jadi perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru yang ingin langsung ditempatkan kerja. Kesempatan ini memang terbilang jarang, namun bukan hal yang tidak mungkin jika perusahaan tersebut membuka penerimaan karyawan baru secara langsung.

  1. Mengikuti Event Jobfair

Event Jobfair merupakan salah satu cara yang ampuh dan banyak dilakukan oleh para pencari kerja. Oleh karena itu, ikutilah Event Jobfair karena di sana Anda akan menemukan ratusan lowongan kerja dari puluhan perusahaan di Indonesia. Event Jobfair ini selalu ada setiap bulan dan sangat potensial untuk mendapat pekerjaan dengan cepat. Sebab, Anda bisa menaruh langsung lamaran kerja sesuai dengan kualifikasi atau kebutuhan masing-masing perusahaan. Jadi, Anda bisa dengan cepat bekerja dan tidak harus menjadi pengangguran lagi.

  1. Mendaftarkan Diri ke BKK Sekolah Kejuruan (SMK)

Jika Anda seorang pelajar lulusan SMK, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dibandingkan pelajar lulusan SMA. Namanya juga Sekolah Kejuruan, sudah pasti berkaitan dengan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan mendaftarkan diri ke BKK sekolah kejuruan. Ada banyak sekolah menengah kejuruan yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam memberikan informasi pekerjaan kepada seluruh siswa bahkan alumninya. Dengan mendaftarkan diri ke BKK, Anda bisa mengikuti jadwal seleksi rekruitmen yang sudah ditentukan.

  1. Mengirim Surat Lamaran Melalui Pos

Terakhir, cara simpel untuk mendapatkan kerja yang bisa Anda praktekkan adalah mengirim surat lamaran melalui pos. Saat Anda mendapatkan info lowongan kerja terbaru, selanjutnya kirim surat lamaran kerja Anda melalui jasa pos. Jangan lupa check website pos Indonesia untuk mengetahui apakah lamaran kerja Anda sudah terkirim atau belum. Dengan mengirim surat lamaran melalui pos, Anda yang ingin bekerja di perusahaan luar kota akan lebih terjangkau tanpa harus pergi jauh-jauh ke lokasi perusahaan yang bersangkutan tersebut.

Demikian ulasan tentang 7 cara simpel untuk cepat dapat kerja. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk segera mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top