Lainnya

Anda Pernah Magang Sebelum Kerja Sungguhan? Ini Dia 5 Keistimewaan yang Bisa Anda Dapatkan!

Saat masih kuliah, magang sering menjadi salah satu kegiatan yang banyak digeluti mahasiswa sebelum mereka mendapatkan pekerjaan sungguhan atau tetap. Bahkan ada beberapa jurusan yang mengharuskan mahasiswanya untuk magang lho, sementara ada juga jurusan lain yang tidak begitu mengharuskan. Magang setelah lulus kuliah memang berbeda, karena banyak yang berpikir bahwa sebaiknya langsung mencari pekerjaan sungguhan saja dan terikat kontrak daripada bekerja untuk sementara atau magang. Meskipun magang tidak selalu memberi gaji bulanan, namun ternyata magang sebelum lulus kuliah memiliki banyak manfaat untuk karir Anda kelak. Bagi Anda yang pernah magang sebelum kerja sungguhan atau tetap, ketahuilah 5 keistimewaannya berikut ini.

  1. Belajar Menentukan Pilihan dan Menentukan Karir Impian

Saat memutuskan untuk magang, pasti Anda ingin memilih tempat kerja yang bisa membantu masa depan kelak bukan? Tidak hanya asal memilih tempat kerja yang besar dan terpandang saja, melainkan juga tempat yang bisa memberi Anda ilmu dan pengalaman yang sesuai dengan karir impian. Untuk menemukan tempat yang sesuai dengan karir impian tersebut tidak mudah, lho. Pertama, Anda harus mengetahui bidang apa yang benar-benar diinginkan dan sesuai. Setelah Anda mengetahui bidang apa yang diinginkan, selanjutnya tentukan posisi yang sesuai pula. Dengan demikian, Anda akan belajar membuat pilihan dan mempertimbangkan banyak hal sekaligus menghadapi setiap konsekuensinya.

  1. Belajar Disiplin dan Bertanggung Jawab

Selanjutnya, keistimewaan yang dimiliki oleh anak magang sebelum kerja sungguhan adalah belajar disiplin dan bertanggung jawab. Jika saat di kampus Anda sering malas dan menunda-nunda tugas, akhirnya membuat kelulusan Anda jadi tertunda. Nah, di dunia magang pasti akan berbeda dari masa-masa sekolah atau kuliah. Namun, di sini Anda akan dituntut oleh banyak hal hingga menerima efek jika Anda melakukan sedikit kesalahan. Anda yang suka menunda-nunda pekerjaan, saat magang harus belajar disiplin dan bertanggung jawab atas tugas-tugas yang sudah diberikan. Jika tidak, kinerja orang lain dan perusahaan pun akan ikut terganggu sehingga reputasi Anda juga akan ikut tercoreng.

  1. Melatih Skill Berani Bertanya

Saat magang, Anda akan banyak bertemu dengan senior dan orang-orang yang lebih berpengalaman. Pada saat itu, mungkin Anda akan merasa minder karena tidak tahu apa-apa bukan? Tidak usah minder, justru di momen tersebut Anda harus melatih skill bertanya sekaligus belajar memahami dengan cepat setiap penjelasan dan intruksi yang diberikan atasan kepada Anda. Semakin sering Anda bertanya apa yang tidak diketahui, maka atasan akan semakin melihat bahwa Anda itu adalah orang yang cukup komunikatif dan berani. Sebab, tidak semua orang berani bertanya kepada atasan apalagi di depan orang banyak. Oleh karena itu, jangan malu bertanya agar pengetahuan Anda semakin bertambah untuk perkembangan karir.

  1. Praktik Langsung di Lapangan

Meskipun di kampus Anda sering mendapatkan nilai yang bagus, namun belum tentu di lapangan Anda bisa sepaham karena kondisinya akan berbeda dengan teori. Nah, di sinilah pentingnya magang sebelum kerja sungguhan. Magang, akan memberi Anda kesempatan untuk terjun langsung ke lapangan sekaligus beradaptasi dengannya. Jadi saat Anda terjun ke lapangan dan bekerja sungguhan, maka Anda tidak akan shock karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya dari magang.

  1. Membuka Peluang Baru yang Berguna untuk Masa Depan

Terakhir, keistimewaan yang bisa Anda dapatkan dari magang sebelum bekerja sungguhan adalah akan membuka peluang baru yang berguna untuk masa depan Anda. Meskipun namanya magang atau belum menetap, tapi biasanya perusahaan akan memberi Anda uang saku kok bahkan hampir mendekati UMR. Tidak hanya soal uang saku, magang juga memberikan banyak manfaat yang seringkali diabaikan. Mulai dari bertemu mentor yang berkualitas, pengalaman kerja, hingga berkenalan dengan banyak orang yang otomatis akan membuka peluang atau link untuk masa depan Anda. Bahkan jika kemampuan Anda sangat bagus, bukan hal yang mustahil Anda akan ditawari untuk ikut seleksi pegawai tetap ketika perusahaan tempat Anda magang sedang membuka lowongan kerja sebagai pekerja tetap. Dengan berbekal pengalaman saat magang, tentu Anda akan lebih pede untuk menghadapi tes wawancara di perusahaan tersebut.

Demikian ulasan tentang 5 keistimewaan yang bisa Anda dapatkan dari magang, sebelum bekerja sungguhan. Setelah melihat ulasan di atas, apakah Anda masih ragu untuk magang dan mencari pengalaman sebelum benar-benar bekerja tetap? Daripada berpikir panjang yang membuang waktu, sebaiknya cobalah untuk magang dan perlakukan waktu Anda dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top