Lainnya

Anda Seorang yang Sensitif? Inilah 5 Cara Tepat Beradaptasi di Tempat Kerja

tips-adaptasi-orang-sensitif-di-kantor

adaptasi di kantor/https://nevadasmallbusiness.com/

Memiliki sifat yang perasa atau sensitif memang bisa membawa seseorang pada hal yang kurang baik. Apalagi bila Anda adalah orang yang juga bekerja di sebuah kantor atau perusahaan. Sebab, ketika Anda meniti sebuah karir di kantor, pastinya Anda akan banyak berhubungan dan bersinggungan dengan orang dengan berbagai karakter serta permasalahan. Dari sini orang-orang perasa atau sensitif memang biasanya akan menemui berbagai kendala karena sifatnya tersebut. Untuk itulah Anda yang memiliki sifat perasa atau sensitif sudah seharusnya untuk bisa beradaptasi dengan keadaan di tempat kerja. Nah berikut ini ada beberapa cara tepat yang bisa Anda lakukan sebagai orang sensitif untuk menyesuaikan diri di kantor.

  1. Hindari Bergosip

Cara tepat pertama yang bisa Anda lakukan sebagai orang sensitif sebagai usaha berdaptasi di kantor adalah dengan menghindari gosip. Di tempat kerja memang akan selalu ada gosip dan orang-orang yang bergosip. Nah orang-orang yang bergosip ini seringkali akan membicarakan keburukan karyawan lain termasuk para pimpinan. Saat Anda ikut bergabung bergosip dengan mereka, mungkin perasaan Anda tidak terlalu terbawa karena yang dibicarakan bukan Anda. Tapi bila yang dibicarakan kemudian adalah orang-orang atau sahabat terbaik Anda, maka Anda pasti akan terlecut perasaannya. Hal yang lebih parah lagi adalah saat Anda tidak bersama mereka, maka bisa jadi Anda yang akan jadi bahan gosip mereka. Dari sini Anda yang perasa atau sensitif, pastikan saja Anda menghindari ruang-ruang gosip.

  1. Berbicara yang Penting Saja

Saat Anda harus berinteraksi atau berhubungan dengan karyawan lain cobalah untuk membicarakan hal-hal yang penting saja, seperti urusan pekerjaan. Pastikan Anda tidak membicarakan hal lain, terutama masalah diri dan juga soal bercandaan. Saat Anda terus mengobrol maka topik pembicaraan yang ada memang akan menjalar ke mana-mana. Nah dari sinilah maka ketika pembicaraan sudah ke mana-mana, maka peluang terganggunya perasaan Anda akan semakin besar. Sebab biasanya hal-hal lain yang dibicarakan bukan tidak mungkin menyinggung apa yang tidak Anda sukai. Hal lain yang bisa terjadi adalah ketika pembicaraan sudah kemana-mana yaitu becandaan yang tidak Anda terima karena menyinggung perasaan. Maka dari itu agar Anda terhindar dari baper (bawa perasaan), cobalah untuk fokus pada pembicaraan penting saja.

  1. Pastikan Anda Tidak Berbuat Ceroboh dan Kesalahan

Berikutnya, cara tepat beradaptasi di tempat kerja adalah dengan memastikan Anda tidak berbuat ceroboh dan kesalahan. Kecerobohan atau juga kesalahan yang dilakukan seseorang di kantor, memang akan menciptakan posisi yang kurang menguntungkan bagi yang melakukannya. Nah bila Anda yang memiliki sifat sensitif melakukan kesalahan atau kerobohan tersebut, hal ini akan membuat Anda tersudut. Dan ketika Anda sudah tersudut, maka perasaan Anda akan bergejolak serta akan membuat hal yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri. Perasaan sensitif yang Anda miliki memang bisa memicu keadaan tidak nyaman dan menyenangkan pada diri bila sudah terpojok. Maka dari itu agar perasaan sensitif yang dapat menghadirkan keadaan tidak nyaman dan menyenangkan tersebut tidak muncul, usahakan Anda tidak melakukan kesalahan atau perbuatan ceroboh.

  1. Jalankan Prinsip Cuek dan Masa Bodo

Anda sebagai sebagai orang yang sensitif memang harus selalu berusaha menghilangkan secara bertahap. Di tempat kerja yang penuh dengan beragam karakter manusia dan juga permasalahan, membuat Anda malahan harus lebih berusaha untuk melepas perasaan sensitif tersebut. Prinsip cuek dan masa bodo merupakan salah satu cara yang jitu untuk usaha tersebut. Mungkin Anda tidak akan bisa langsung melakukannya dengan sukses karena perasaan sensitif yang sudah terlalu lama mengendap dalam diri. Tapi bila Anda terus mau konsisten melakukannya, maka proses adaptasi dengan prinsip cuek dan masa bodo ini akan berhasil.

  1. Fokuslah Pada Masa Depan Anda

Terakhir, cara tepat untuk beradaptasi di tempat kerja adalah dengan fokus pada masa depan Anda. Bila Anda merasa bahwa tempat kerja selalu membuat perasaan yang kurang nyaman, maka itu artinya Anda perlu motivasi lebih. Jadi cobalah untuk membayangkan masa depan Anda. Apakah Anda memang mau punya masa depan yang suram? Tentu bila Anda tidak menginginkannya, maka cobalah untuk mengerjakan cara-cara adaptasi di atas dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top