Tips

Apa Itu Landing Page? Bagaimana Pula Tips Membuatnya?

membuat-landing-page

landing page/https://toffeedev.com/

Dalam pemasaran digital, keberadaan landing page merupakan sesuatu yang terbilang krusial untuk dicermati pebisnis. Landing Page sendiri yaitu sebuah halaman pendaratan yang akan dibaca visitor untuk menarik perhatian visitor dan kemudian melanjutkan pada pembelian. Biasanya landing page ini dijumpai di website agar pembuatannya lebih leluasa dalam desain dan pengaturan tata letaknya. Meski dibuat di sebuah website, namun visitor yang datang ke landing page bisa berasal dari media sosial dan lainnya setelah mereka melakukan klik link landing page.

Begitu pentingnya landing page dalam marketing digital, maka Anda tidak boleh melupakannya. Selain itu Anda juga perlu cermat ketikan membuat landing page ini. Lalu bagaimana cara atau tips membuat landing page yang baik untuk menarik visitor? Berikut penjelasannya.

  1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Pertama, tips membuat landing page adalah dengan menentukan tujuan sejelas mungkin. Landing page memang bisa di isi apa saja dengan berbagai macam tujuan marketing. Meski kebanyakan landing page ini bertujuan akhir untuk menarik pembeli, namun Anda juga bisa menjadikan sebagai sarana lauching produk baru dan lainnya. Nah dari sini Anda harus menetapkan tujuan terlebih dahulu dengan sejelas-jelasnya dan spesifik. Semakin jelas dan spesifik landing page yang ditetapkan maka akan semakin besar konversi yang nantinya didapat.

  1. Buat Rancangan Landing Page

Berikutnya, setelah menetapkan tujuan, Anda bisa melanjutkannya dengan membuat rancangan landing page. Untuk membuat rancangan ini Anda bisa menggunakan script yang merupakan poin-poin penting atau elemen pada landing page. Pembuatan script sendiri bisa Anda lakukan secara manual atau tulis tangan atau juga menggunakan bantuan tools di microsoft office word. Dengan merancang landing page, maka konten yang muncul pada landing page nantinya akan lebih terstruktur serta membuka peluang tercapainya tujuan yang diharapkan.

  1. Buat Headline yang Singkat, Padat dan Jelas

Dalam pembuatan isi landing page, cobalah untuk membuat headline atau judul yang singkat, padat dan jelas. Headline ini memang sesuatu yang penting karena pertama kali yang dilihat oleh visitor. Selain membuat judul yang singkat, padat dan jelas, Anda juga harus mampu menciptakan headline yang menarik hingga membuat visitor terus melanjutkan membaca ke halaman bagian bawah.

  1. Buat Kalimat Pembuka yang Menarik

Selain judul, Anda juga harus membuat kalimat pembuka yang menarik. Panduan untuk membuat kalimat pembuka yang menarik yaitu:

  • Jelaskan sedikit mengenai produk atau jasa yang ditawarkan
  • Jelaskan latar belakang Anda menawarkan produk atau jasa tersebut.
  • Jelaskan manfaat atau kelebihan produk atau jasa.
  1. Berikan Deskripsi yang Jelas Pada Setiap Poin

Selanjutnya dalam pembuatan deskripsi, cobalah untuk menghadikan subheading atau poin-poin. Penggunaan subheading sendiri akan membuat visitor menjadi lebih betah ketika membaca dibanding hanya paragraf saja.

  1. Buat CTA yang Menarik

Untuk membuat CTA (Call to Action) sebagai tombol untuk mengarahkan audiens melakukan aksi, Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut ini:

  • Gunakan kata perintah yang tepat, misalnya “baca Selanjutnya”, “order sekarang”, “masukkan ke keranjang”, “download”, “kirim pesan” dan lainnya.
  • Buat kalimat yang jelas dan sesederhana mungkin.
  • Buat tombol CTA dengan ukuran dan warna yang sesuai dan menonjol saat dilihat.
  • Optimalkan posisi CTA dengan menyesuaikannya pada tujuan CTA serta jumlah konten yang Anda buat sebelum diberi CTA.
  1. Masukan Testimonial

Terakhir, Anda tidak boleh lupa untuk mencantumkan testimoni dari beberapa customer yang telah membeli produk atau jasa Anda. Dengan adanya testimoni di landing page tersebut akan membuat visitor lebih yakin dan percaya untuk melakukan aksi pembelian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top