Bisnis Online

Apa Saja Keunggulan dari E-Groceries yang Semakin Diminati?

E-Groceries

E-Groceries/https://www.harapanrakyat.com/

Pandemi Covid-19 yang berlangsung begitu lama memang membuat banyak perilaku masyarakat mengalami perubahan. Tidak hanya soal kebutuhan tambahan, dalam memenuhi kebutuhan pokok, banyak masyarakat yang juga telah beralih mengandalkan pasar digital sebagai tempat pembeliannya. Perubahan ini sendiri telah dibuktikan oleh data Google Trend yang baru-baru ini dirilis. Dalam data Google Trend tersebut dinyatakan bahwa telah terjadi peningkatan pencarian bahan pokok sebesar 24 persen pada kuartal 1/2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena e-groceries semakin diminati. Berikut ulasannya!

Salah satu e-groceries yang juga mengalami peningkatan permintaan adalah Bliblimart. Menurut Fransisca Krisantia Nugraha selaku EVP Consumer Goods and Lifestyle Blibli menyatakan bahwa tren belanja kebutuhan pokok di Blibli telah terlihat bahkan sebelum pandemi. Dua kategori di Blibli yang mengalami peningkatan permintaan sejak tahun 2018 adalah kebutuhan dapur dan produk kategori Ibu dan Anak.

“Hal ini menjadi alasan kami meluncurkan Bliblimart pada 2018. Sejak itu, Bliblimart senantiasa mendapatkan respon positif dari pelanggan, terlebih ketika memasuki masa pandemi,” kata Fransisca.

Kenyamanan Belanja dengan Konsep “Buy Online, Pick Up In-Store”

Data dari Google Tren sendiri sebenarnya dinilai beberapa pakar bukanlah sesuatu yang mutlak. Pasalnya ada juga tren yang menyebut e-groceries akan masuk fase stagnan. Meski demikian, temuan yang menunjukkan tren meningkat terbilang tak sedikit. Salah satu studi dari McKinsey&Company berjudul “Sentimen Konsumen Indonesia di Masa Krisis Corona” juga menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen konsumen di Indonesia berniat untuk terus menggunakan berbagai metode belanja baru, atau alternatif dari beli barang langsung di toko fisik, setelah pandemi Covid-19 mereda.

Pada studi yang sama didapatkan juga data bahwa pengintegrasian toko online dan offline atau yang kerap disebut omnichannel juga makin diminati oleh konsumen. Salah satu sebab yang membuat e-groceries di Indonesia mengalami pertumbuhan adalah adanya kenyamanan belanja dengan konsep “buy online, pick up in-store”.

Omnichannel Sebagai Masa Depan Ritel

Menurut Fransisca, omnichannel dipercaya akan menjadi masa depan ritel dengan menghadirkan kemudahan belanja online dan kenyamanan belanja offline di saat yang bersamaan.

“Bliblimart, supermarket omnichannel komprehesi didukung dengan kecepatan pengiriman, kelengkapan produk, harga dan berbagai penawaran,” ucap Fransisca.

Layanan Click and Collect

Lebih lanjut Fransisca menyatakan bahwa Blibli menyediakan layanan Click & Collect yang memungkinkan konsumen untuk membeli produk secara online dan mengambilnya langsung di toko fisik terdekat. Dari sini maka konsumen bisa mendapatkan produk terbaik langsung dari toko tanpa perlu antre dan dapat dilakukan kapan pun waktu yang diinginkan.

Terlebih bila melihat fitur keseluruhan dari Click and Collect, maka konsumen akan semakin dipuaskan. Salah satu hal yang memuaskan dari layanan Click and Collect adalah adanya beragam metode pembayaran hingga cicilan 0 persen. Perlu dipahami juga bahwa layanan Click & Collect ini sudah bisa dinikmati untuk berbagai produk e-groceries di Bliblimart, termasuk di 68 outlet supermarket yang berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari Tbk yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, baik itu Ranch Market, Farmers Market, Farmers Family, The Gourmet, Day2Day, hingga Pasarina by Ranch.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top