StartUp dan UKM

Asyik! Bank Neo Salurkan Pinjaman Rp 50 Miliar ke Platform Modal Rakyat Untuk UMKM

pinjaman-umkm-bank-neo-melalui-modal-rakyat

pinjaman UMKM Bank Neo melalui Modal Rakyat/https://finansial.bisnis.com/

Untuk mempermudah akses pembiayaan utamanya bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), PT Bank Neo Commerce (BNC) menyuntikkan dana sebesar Rp 50 miliar ke platform peer to peer lending (P2P) PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat). Dari kerjasama ini, CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik berharap bisa memperkuat platformnya untuk bisa melakukan akselerasi inklusi keuangan bagi pelaku UKM di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, Bank Neo Commerce bakal menyalurkan kredit hingga Rp 50 miliar kepada pelaku UKM melalui Modal Rakyat. Kami berharap ke depan, kerja sama ini dapat terus menjadi sinergi untuk mendukung sistem keuangan digital di Indonesia,” kata Hendoko.

Jenis Pembiayaan

Jenis pembiayaan yang diberikan sendiri nantinya berwujud invoice financing atau PO financing dengan nominal pembiayaan per pinjaman mencapai Rp 2 miliar. Sejak tahun 2018 sampai sekarang, platform Modal Rakyat sendiri telah menyalurkan lebih dari Rp 1,2 triliun pembiayaan sejak tahun 2018. Dalam penyaluran dari Modal Rakyat tersebut ada proporsi yakni 46,78 persen pada sektor Teknologi Informasi, 27,52 persen pada sektor Perdagangan, dan sisanya tersebar pada sektor-sektor lainnya seperti arsitektur dan konstruksi, fashion, logistik, kesehatan, permesinan, hingga manufaktur.

Sementara itu menurut pihak Bank Neo, Direktur Utama Bank Neo Commerce Tjandra Gunawan menyatakan bahwa pihaknya memang sedang mengembangkan inklusi keuangan di Indonesia dengan bekerja sama dengan berbagai pelaku keuangan, termasuk dengan Modal Rakyat.

“Kerja sama dengan Modal Rakyat semakin memperluas jangkauan kami untuk dapat membantu UKM untuk tumbuh lebih cepat di tengah pandemi,” ucap Tjandra.

Di tahun 2021 sendiri Bank Neo Commerce menetapkan target penyaluran pembiayaan hingga Rp 500 miliar dengan bekerja sama dengan berbagai perusahaan digital ternama di Indonesia. Dari sini Bank Neo berharap pembiayaan tersebut dapat mengembangkan ekosistem digital yang luas untuk dapat bertumbuh bersama.

Cara dan Syarat Mendapatkan Pinjaman UMKM di Platform Modal Rakyat

Nah buat kamu yang ingin mencoba mengajukan pinjaman UMKM di platform Modal Rakyat ini bisa melakukannya dengan cara memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Pertama, debitur harus terdaftar dan terverifikasi sebagai Peminjam di website www.modalrakyat.id. Bila kamu belum terdaftar maka harus registrasi dulu ke website modal rakyat, klik daftar dengan melengkapi identitas yang sesuai. Bila sudah melengkapi identitas maka lakukan verifikasi melalui email.
  2. Berikutnya, siapkan foto mutasi rekening bank selama 6 bulan terakhir yang mencerminkan omset daripada bisnis yang dijalankan debitur.
  3. Selanjutnya, persiapkan laporan keuangan tahun berjalan, laporan pembelian, dan laporan penjualan per bulannya.
  4. Setelah itu siapkan juga daftar kewajiban yang saat ini tengah berlangsung, baik kepada bank, leasing, atau lembaga keuangan lainnya.
  5. Terakhir, lengkapi daftar supplier dan buyer beserta dengan kontak person yang dapat dapat dihubungi, untuk melakukan trade checking.

Itulah informasi dan penjelasan mengenai penyaluran pinjaman Rp 50 Miliar dari Bank Neo melalui platform Modal Rakyat untuk UMKM. Dari sini maka kamu yang tertarik ingin mengajukan pinjaman pastikan untuk memenuhi beberapa persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top