Tips

Atasanmu Lebih Muda? Begini Harusnya Anda Bersikap

Anda bekerja di sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama? Tentu pengalaman yang anda miliki cukup mumpuni. Tak hanya itu pasti anda dianggap paling senior di perusahaan tersebut terlebih jika umur anda paling tua. Sayangnya baru-baru ini anak presiden direktur perusahaan anda mulai menjadi bos di tempat anda bekerja. Bukan hanya terbilang bos baru saja namun ia tergolong lebih muda dengan pemikiran yang berbeda jauh pula dengan anda. Maklum beda generasi tentu beda pula cara berpikirnya terlebih perbedaan pengalaman dan pendidikan akan mampu menimbulkan perbedaan pemikiran. Tidak hanya anda saja yang tidak nyaman namun juga sang bos sendiri juga akan merasa demikian.

Maka dari itu anda sebagai seseorang yang lebih berpengalaman ada baiknya melakukan beberapa hal ini agar bisa sevisi dan misi dengan atasan :

Terbuka Dengan Ide Baru

Mendapatkan pemimpin yang lebih muda mungkin saja menjadi suatu kesempatan bagi perusahaan untuk lebih terbuka akan ide baru. Siapa tahu ide baru ini menjadi salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi saat ini. terbukalah atas ide baru tersebut dan berani menerima perubahan yang terjadi. Siapa tahu skill anda akan lebih meningkat dengan ide baru bos muda anda.

Tolong Bedakan Antara Usia dan Pekerjaan

Biarpun masih muda anda harus ingat bahwa ia merupakan atasan yang patut anda hormati. Jangan meremehkannya walau ia masih kurang dalam urusan pengalaman. Jadilah rekan kerja yang baik bukan orang tua yang mendikte pekerjaannya. Belum tentu anda bisa memimpin seperti yang ia lakukan saat ini.

Ketimbang Mengeluh Buktikan Diri Anda

Biasanya kaum muda berpikiran bila seseorang yang lebih tua itu lemot dalam bekerja. Ini kesempatan bagi anda untuk menunjukkan jati diri anda yang sebenarnya. Buktikan bahwa anda merupakan orang tua yang berbeda  pada umumnya. Dengan begitu performa kinerja anda bisa tidak dipandang sebelah mata. Terlebih usia tua bisa jadi salah satu factor untuk memutuskan hubungan kerja anda karena termasuk usia pensiun.

Berpikir Positif

Selalu berpikir positif sehingga anda tak merasa minder. Tegur sapalah disetiap ada kesempatan karena melalui tegur sapa komunikasi bisa tercipta. Dengan bertegur sapa anda juga mencairkan suasana yang yang tegang. Berikan rasa hormat agar anda juga bisa dihormati. Biarpun anda lebih tua namun memberikan rasa hormat berarti bentuk respek anda. Bukan tanpa alasan jika dia yang masih muda bisa menjadi atasan anda.tentunya ada kualifikasi tertentu yang melebihi anda sehingga bisa menduduki posisi penting tersebut.

Apapun Kondisinya Anda Harus Hadapi Dengan Ketenangan

Mungkin anda akan mengalami situasi dimana perdebatan terjadi saat rapat terjadi. Terkadang yang lebih muda akan menggebu-gebu dalam mempertahankan pendapatnya. Disini peran anda sebagai penengah dan penuntun agar diskusi berjalan dengan tenang dan hasil yang terbaik. Tak melulu yang mengalah itu diartikan kalah namun menjadi kesempatan untuk lebih dewasa.

Bagaimana Menghadapi Bawahan Yang Lebih Tua

Bagaimana jika situasinya berubah dimana anda merupakan atasan yang lebih muda ketimbang bawahan. Tak perlu takut karena mereka juga sama situasinya dengan anda. Selalulah bersikap rendah hati dan hindari kesombongan. Pahami bagaimana mereka berkomunikasi dan pelajari pengalaman mereka. Siapa tahu bisa membantu menemukan solusi dari setiap masalah yang anda alami. Temukan rekan yang bisa menjadi pendukung dan membimbing anda ketika tidak mengerti suatu hal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top