Tips

Bagaimana Cara Mengelola Waktu untuk Pekerja Tetap Sekaligus Freelance? Ini Dia Jawabannya

Setiap orang, pasti menginginkan gaji yang besar agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun jika keuangan Anda hanya mengandalkan dari gaji kantor tempat bekerja saja, bisa dipastikan keuangan Anda akan mengalami kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai solusi, Anda harus mencari pekerjaan sampingan agar bisa mendapatkan penghasilan lebih sehingga memiliki kesempatan untuk menabung dan berinvestasi. Mencari peruntungan dari pekerjaan sampingan selain dari kantor tempat bekerja memang tidak ada salahnya, namun disamping itu Anda juga harus memikirkan dampaknya terutama bagi tugas masing-masing pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam melaksanakan kedua pekerjaan agar tidak mengganggu salah satu dari pekerjaan yang sedang dijalankan. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak dan terapkan 6 tips mudahnya berikut ini.

  1. Selesaikan Pekerjaan Utama Anda Secara Tepat Waktu

Saat memiliki dua pekerjaan, jangan pernah Anda menunda pekerjaan utama sekalipun pekerjaan sampingan juga penting. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dengan tuntas terlebih dahulu, buatlah komitmen untuk diri Anda sendiri agar bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Bukankah Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan dua pekerjaan dalam sehari? Oleh sebab itu, manfaatkan waktu dengan seefektif mungkin sehingga satu per-satu pekerjaan Anda dapat dikerjakan sesuai target.

  1. Lakukan Pekerjaan Sampingan Setelah Jam Kantor Selesai

Jika Anda tidak menunda-nunda pekerjaan kantor, maka waktu luang yang dimiliki akan semakin besar. Selain itu, Anda juga tidak perlu stress memikirkan deadline kantor di rumah bukan? Dengan waktu luang yang dimiliki tersebut, Anda bisa lebih fokus untuk melakukan pekerjaan sampingan hingga selesai. Dari sini, kedua pekerjaan tuntas dan pendapatan pun akan lancar jaya.

  1. Cari Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Secara Online

Agar pekerjaan sampingan dapat dilakukan dengan maksimal, maka sebaiknya jangan mencari pekerjaan sampingan yang menyita banyak waktu. Cobalah cari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online, sehingga efektif dan efisien. Misalnya Anda bekerja di bidang digital dan jago menulis, kenapa tidak memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjadi penulis online freelancer saja? Sedangkan, bagi Anda yang tidak memiliki skill tersebut bisa memanfaatkan internet untuk mencoba bisnis online. Ada banyak ragam bisnis online yang menguntungkan, salah satunya adalah menjadi reseller atau menjual produk sendiri. Disamping Anda bisa mendapatkan uang dari pekerjaan utama, Anda juga akan mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis online yang tidak mengorbankan banyak waktu serta tenaga Anda.

  1. Fokus dengan Kedua Pekerjaan yang Dijalankan

Pada umumnya, seorang karyawan kantor identik dengan tugas dan deadline yang menumpuk. Jika situasi seperti ini, maka pikiran Anda akan terganggu sehingga tidak fokus dan bimbang apakah harus menyelesaikan pekerjaan utama dulu atau pekerjaan sampingan. Meski demikian Anda harus tetap fokus dalam mengerjakan keduanya, atur saja waktu yang paling tepat kapan Anda harus menyelesaikan pekerjaan kantor dan kapan Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampingan. Lakukan keduanya dengan sangat baik, manfaatkan waktu yang ada sehingga kedua pekerjaan selesai tepat waktu tanpa terjadi hambatan yang berpengaruh besar terhadap karir Anda.

  1. Buat Catatan Visi dan Misi atau Plan Map

Saat hendak menjalankan usaha sampingan, sebaiknya buat catatan visi dan misi atau plan bisnis. Plan bisnis ini meliputi persiapan produk, riset pasar, modal usaha, strategi promosi dan pemasaran, tujuan bisnis dan masih banyak lagi. Dengan plan bisnis, tentu usaha Anda akan lebih terarahkan sehingga terkelola dengan baik dan lebih sistematis. Dari sini, Anda bisa mengerjakan usaha dengan lebih terukur serta mengetahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Selain itu, Anda juga akan terbantu untuk mengukur pencapaian bisnis apa saja yang sudah dijalankan.

  1. Bekerja Sama dengan Orang Lain yang Sudah Berpengalaman

Jika usaha sampingan Anda ingin berkembang dan pekerjaan utama lancar jaya, maka bekerja samalah dengan orang lain yang sudah berpengalaman. Yap, bekerja sama dengan orang lain akan cukup membantu Anda dalam melakukan pekerjaan. Bila memungkinkan, Anda bisa mendelegasikan usaha sampingan kepada orang lain apabila Anda sedang sibuk bekerja di kantor. Contohnya Anda membuka usaha franchise, rekrutlah karyawan untuk menjaga dan mengelola franchise tersebut. Sementara itu, Anda bertugas untuk memantau usaha serta memikirkan perkembangannya.

Nah, siapa bilang pekerjaan sampingan tidak bisa dilakukan oleh pekerja full time atau kantoran? Hal yang paling penting di sini adalah Anda harus bisa membagi waktu antara tugas kantor dan usaha sampingan yang dijalankan, sehingga keduanya dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang besar untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top