Tips

Bagi Anda yang Masih Berstatus Mahasiswa, Cobalah 5 Cara Jitu untuk Mendapatkan Modal Usaha Ini Yuk!

Modal adalah salah satu hal yang menjadi kendala utama para calon wiraswasta, terutama bagi kaum mahasiswa yang masih mengandalkan orangtua. Karena, untuk mendapatkan modal usaha pasti membutuhkan tenaga serta waktu yang tidak sedikit. Jika Anda mempunyai orangtua mampu, mungkin bisa dengan mudahnya berbicara kepada mereka bahwa Anda membutuhkan modal untuk membuka usaha. Bahkan, tidak jarang orangtua mendukung keputusan anaknya tersebut. Namun, bagi Anda yang orangtuanya memiliki keuangan pas-pasan pasti akan terasa sulit. Sehingga, mau tidak mau Anda harus berpikir ekstra keras untuk segera mungkin mendapatkan modal maupun pinjaman. Nah, bagi Anda yang ingin segera mendapatkan modal untuk usaha. Yuk, simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha tambahan berikut ini.

  1. Sisihkan Pemasukan Anda Kedalam Tabungan Terpisah, Ketika Menerima Kiriman Bulanan

Saat Anda mendapat uang kiriman dari orangtua, maka sisihkanlah 10-30% uang tersebut untuk ditempatkan kedalam tabungan terpisah. Jangan lupa pilih tabungan yang potongannya kecil, jika memungkinkan pilih juga tabungan yang tidak membebankan potongan bulanan. Sekarang ini, BI telah memberi intruksi kepada bank-bank di seluruh Indonesia untuk meluncurkan produk bernamakan Tabunganku. Dengan Tabunganku, Anda bisa membuka rekening di bank mana saja lho. Selain itu, para nasabah juga akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Biaya administrasi bulannya bebas
  • Setoran awal pembukaan rekening, minimum Rp. 20.000
  • Setoran tunai selanjutnya, minimum Rp. 10.000
  • Bisa mendapatkan suku bunga sesuai dengan penempatan saldo tabungan

Apabila Anda tidak mampu disiplin, maka bisa memanfaatkan fasilitas autodebet agar secara otomatis uang Anda terpotong ke rekening tabungannya. Pastikan rekening transaksi dan rekening tabungan berada dalam satu bank yang sama untuk menghindari biaya yang mungkin akan dibebankan saat Anda melakukan autodebet tersebut.

  1. Manfaatkan Hobi Anda untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Jika Anda merupakan pribadi yang amat sangat mencintai dunia otomotif, fotografi, musik dan selama ini Anda telah banyak menghabiskan uang untuk hobi tersebut. Daripada menguras isi kantong Anda, lebih baik mulai sekarang belajarlah menghasilkan uang dari hobi yang Anda tekuni. Karena, saat ini sudah banyak lho kawula muda yang menyalurkan hobi-hobinya sehingga bisa menghasilkan uang dari karya-karyanya itu.

  1. Mengajak Teman atau Kerabat untuk Menanamkan Sahamnya

Selain memanfaatkan hobi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa memanfaatkan teman atau kerabat dengan cara mengajaknya untuk menanam saham. Anda bisa berkongsi dengan teman kampus yang uang sakunya banyak atau juga meminjam uang dari orangtua, ingat ini hanya meminjam bukan meminta. Namun sebelum Anda merangkul teman untuk menjadi investor, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu segala hal tentang usaha yang akan dijalankan termasuk dividen di awal perjanjian. Jika perlu, buatlah surat perjanjian resmi yang juga ditandatangani di atas materai. Hal ini penting dilakukan, tentu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Jadi, pastikan pembagian saham kalian jelas sejak dari awal yah.

  1. Carilah Ide Bisnis Dropshipping yang Tidak Membutuhkan Modal Sama Sekali

Jika Anda sudah tidak sabar ingin mulai berbisnis, maka solusinya adalah menjadi dropshipping. Dropshipping, memungkinkan Anda untuk menjual barang dagangan tanpa harus membeli barang dari supplier. Di sini, Anda cukup memanfaatkan forum jual beli maupun laman Facebook atau Instagram untuk mulai berdagang. Pertama, pasanglah foto dengan memajang harga lalu Anda tinggal terima uang dari konsumen. Kemudian, Anda hubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang dagangan kepada customer yang telah memesan barang tadi. Setelah itu, transferlah uang sesuai nominal perjanjian kepada pihak supplier. Prosesnya mudah bukan?

  1. Menjadi Entrepreneur dengan Mengikuti Kontes Kewirausahaan

Terakhir, Anda bisa menuangkan ide dan mewujudkannya melalui kontes kewirausahaan. Kontes ini, sering diadakan di kampus-kampus Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan bibit-bibit wirausaha di kalangan anak muda seperti mahasiswa. Bagi Anda seorang mahasiswa, tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini bukan? Selain itu, Anda juga akan mendapatkan hadiah yang menarik lho. Bentuk hadiahnya pun bermacam-macam, mulai dari uang modal usaha hingga bimbingan dan pelatihan gratis untuk bisa mewujudkan ide usaha yang sudah Anda buat di acara kontes wirausaha tersebut.

Demikian 5 cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Hal yang perlu Anda perhatikan saat memulai usaha, yaitu kekonsistenan. Sebesar apapun modal Anda, namun jika tidak bersungguh-sungguh menjalankan usaha tersebut maka hasilnya tidak akan maksimal. Jadi jika ingin usaha berhasil, Anda harus berjuang dan menekuninya dengan penuh keseriusan. Selamat berwirausaha!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top