StartUp dan UKM

Bantu Pulihkan UMKM Masa Pandemi, Ini Kontribusi Shopee Melalui ShopeePay

ShopeePay

ShopeePay/https://dailysocial.id/

Sebagai platform pembayaran digital, ShoppePay merasa terpanggil untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak oleh pandemi. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada masa pandemi ini tidak sedikit UMKM yang terkena dampak sehingga membuat pendapatannya menurun drastis. Untuk itulah kemudian ShopeePay melihat bahwa keadaan ini cukup mengkhawtirkan sehingga dibutuhkan sebuah kontribusi.

Menurut data yang ada, sebanyak 64 juta usaha UMKM yang ada di Indonesia, baru sekitar 13 persen saja yang telah menjalankan platform penjualan secara daring. Dari data tersebut, Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan menanggapi dan mengatakan bahwa pihaknya ingin berperan aktif dan ikut serta dalam mendukung keberlangsungan ekonomi Indonesia. ShopeePay yang merupakan bagian terintegrasi dari marketplace Shopee memang telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia selama ini.

Bentuk Dukungan Shopee dan ShopeePay

Berkaitan dengan dampak dari pandemi Covid-19, ShopeePay akan menjalankan langkah digitalisasi secara offline dan online yang terintegrasi dengan Shopee. Tidak ketinggalan juga ShopeePay juga akan memberikan beberapa penawaran menarik untuk UMKM yang mau bergabung.

“Kami akan mengembangkan bisnis para merchant dan menjangkau lebih banyak orang dengan berbagai promo menarik,” kata Cindy.

Dari apa yang dilakukan oleh Shopee tersebut maka diharapkan UMKM yang bergabung dapat kembali memperoleh tingkat penjualan yang besar. Beberapa penawaran yang dihadirkan oleh ShopeePay ini memang akan membuat konsumen yang menggunakan platform Shopee menjadi lebih tertarik berbelanja. Ini dikarenakan penawaran yang diberikan ShopeePay ini berwujud berbagai promo menarik. Berikut beberapa bentuk dukungan ShopeePay secara lebih terperinci kepada UMKM di masa pandemi ini, yaitu :

  1. Mendukung penuh bisnis UMKM secara digital di beberapa merchants offline rekanan ShopeePay serta aplikasi Shopee, dengan pemberian promo cashback hingga 60 persen.
  2. Memberikan promo-promo menarik berupa cashback dan voucher gratis ongkos kirim di berbagai kampanye Shopee dan ShopeePay, seperti contoh puncak kampanye 8.8 Mid Year Sale yang diselenggarakan pada bulan ini.
  3. Menghadirkan sarana kemudahan transaksi nontunai produk lokal berstandar global yang sejalan dengan antusias pemerintah dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Program UMKM Go-Online

Selain menghadirkan beberapa promo menarik, Shopee dan ShopeePay juga memiliki sebuah program untuk mendorong keberlangsungan bisnis UMKM Indonesia. Program yang kemudian diberi nama program UMKM Go-Online. Program UMKM Go-Online ini sendiri berwujud penerapan bisnis digital pada UMKM binaan Shopee melalui sistem pembayaran nontunai atau digital dari transaksi produk-produk UMM yang dibeli konsumen.

Seperti kita ketahui bahwa Shoppe dengan ShopeePay-nya telah memiliki ribuan merchant offline UMKM rekanan ShopeePay. Penerapan pembayaran digitalisasi sendiri sesuai dengan anjuran Bank Indonesia. Nah dalam fitur-fitur yang ada pada ShopeePay ini kita akan mendapati adanya dukungan keberlangsungan bisnis UMKM. Berikut rincian fitur ShopeePay tersebut :

  • Fitur Scan QR Code untuk transaksi belanja di 3,7 juta merchant yang lebih dari 2,5 jutanya merupakan pelaku usaha mikro.
  • Metode pembayaran ShopeePay untuk setiap transaksi belanja online.
  • Program Ekspedisi Efektif yang menyediakan penawaran menarik di 7.000 outlet offline JNE.
  • Pengisian saldo yang nyaman, mudah, dan bebas biaya.
  • Fitur OTP, PIN, dan notifikasi yang menjamin pembayaran digital tetap aman.

Dari sinilah kemudian Shopee melalui Cindy berharap agar apa yang dilakukan dapat menghadirkan pengaruh positif bagi perekonomian Indonesia pada umumnya dan perekonomian UMKM pada khususnya.

“Kami harap dengan disertai literasi digital yang efektif, upaya-upaya yang kami lakukan dapat membantu pemberdayaan UMKM Indonesia,” jelas Cindy.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top