Tips

Begini Cara Analisis Kompetitor yang Tepat Agar Bisnis Tetap Unggul

Competitor-analysis

Competitor analysis/https://www.allbusiness.com/

Ketika menjalankan bisnis, kita harus langsung bersiap dengan persaingan. Meski bisnis yang kamu jalankan terbilang baru, cepat atau lambat kamu akan berhadapan dengan kompetitor. Dari sinilah maka kompetisi adalah sesuatu yang mutlak dan tidak bisa dihindari dalam sebuah bisnis. Lalu bagaimana cara untuk bisa memenangkan persaingan bisnis? Kamu bisa menjalankan teknik analisis kompetitor.

Analisis Kompetitor dengan Cara yang Baik

Analisis kompetitor ini memang harus dilakukan dengan cermat agar strategi bisnis yang dilakukan nantinya bisa berjalan dengan maksimal untuk mendukung perkembangan bisnis. Analisis kompetitor sendiri tidak boleh dilakukan dengan cara-cara yang buruk seperti menjatuhkan usaha kompetitor. Sebab cara-cara atau strategi buruk dalam analisis kompetitor tersebut justru akan membuat usaha Anda tidak berkembang karena Anda hanya fokus untuk menjatuhkan kompetitor. Tidak hanya itu, cara buruk tadi bukan tidak mungkin akan membuat Anda terjerat hukum karena dianggap melakukan pencemaran nama baik atau menyebarkan ujaran kebencian.

5 Hal Sebelum Melakukan Analisis Kompetitor

Sebelum melakukan analisis kompetitor sendiri kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Kualitas dan kuantitas produk, mulai dari kelengkapan, mutu, desain, sampai bentuknya.
  2. Harga yang ditawarkan.
  3. Lokasi cabang atau saluran distribusi yang dimiliki kompetitor.
  4. Promosi yang dilakukan.
  5. Rencana kegiatan yang akan dilakukan kompetitor di masa mendatang.

Langkah Analisis Kompetitor

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, kamu bisa langsung melakukan langkah analisis kompetitor sebagai berikut:

  1. Identifikasi

Langkah pertama melakukan analisis kompetitor adalah melakukan identifikasi atau pengenalan kompetitor. Kamu memang harus mengenali pesaing terlebih dulu sebelum kemudian menjalankan strategi. Dalam tahap ini kamu perlu mengenai beberapa hal dari pesaingmu seperti produk yang dijual, harga serta layanan yang dijalankan kompetitor.

  1. Pantau Media Sosial

Berikutnya, dalam analisis kompetitor, kamu juga perlu memantau media sosialnya. Saat ini media sosial memang telah menjadi sarana bagi setiap bisnis untuk menjangkau konsumen. Nah dari sinilah maka dari media sosial, kita bisa mengetahui apa-apa saja yang dihadirkan kompetitor dan strategi yang dijalankan. Tentu beberapa informasi tadi akan sangat berharga buat Anda yang sedang menjalankan analisis kompetitor.

  1. Ketahui Promosi yang Dijalankan

Hal yang juga perlu kamu ketahui dari kompetitor adalah promosi yang dijalankan. Mengenai promo dari kompetitor ini, kamu perlu mengetahui beberapa indikator berikut ini:

  • Promo seperti apa yang ditawarkan kompetitor pada pelanggan
  • Tools apa saja yang digunakan kompetitor sebagai media promosi
  • Apakah kompetitor menggunakan influencer dalam mempromosikan produknya
  • Seberapa luas jangkauan dan tingkat keterlibatan audiens dengan materi promo dari kompetitor.
  1. Lakukan Analisis SWOT

Setelah mendapatkan beberapa data di atas, kamu bisa melakukan analisis SWOT yang terdiri dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) dari kompetitor. Agar lebih mudah melakukan analisis SWOT ini, kamu bisa memakai beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa keunggulan kompetitor dibandingkan usaha Anda? (Misalnya, kualitas produk, pemasaran konten, harga, konten media sosial, dan-lain-lain)
  • Apa keunggulan kompetitor yang tidak Anda miliki? (Misalnya, modal yang cukup besar untuk bisa berkolaborasi dengan macro-influencer atau hadiah mewah saat giveaway)
  • Apa saja kelemahan kompetitor?
  • Apa saja keunggulan yang Anda miliki? (Misalnya, pelayanan yang baik atau fasilitas metode pembayaran lengkap)
  • Apa saja keunggulan kompetitor yang mengancam usaha Anda?
  • Apa saja peluang yang memungkinkan kompetitor atau usaha Anda untuk bisa memenangkan persaingan di sektor usaha yang sama?

 

  1. Buat Tabel Rumus dan Rencanakan Strategi

Terakhir, cara analisis kompetitor yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat tabel rumus dan rencana strategi dari analisis SWOT sebelumnya. Tabel yang ada akan memudahkanmu dalam merencanakan strategi yang akan diambil. Dari tabel tadi kamu bisa melihat apa saja hal atau strategi yang mungkin bisa dilakukan untuk mengungguli kompetitor. Dari sini maka kamu bisa membuat bisnis tetap unggul dan memenangkan persaingan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top