Tips

Begini Cara Mudah Mengidentifikasi Berita Hoax Atau Bukan

Internet membawa dampak besar bagi dunia komunikasi dan informasi. Kini untuk mengakses beragam berita dan informasi yang anda butuhkan cukup memanfaatkan smartphone yang terkoneksi dengan internet anda bisa mendapatkan informasi yang anda inginkan. Tak peduli dimanapun anda berada dengan bantuan internet anda bisa menjangkau berita dan informasi dari berbagai belahan dunia. Sayangnya tak sedikit pula orang yang tak  bertanggung jawab memanfaatkan internet untuk menyebarkan berita bohong atau sering disebut dengan hoax. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengidentifikasi apakah suatu berita yang anda baca termasuk berita hoax atau bukan.

Gunakan Kata Hoax Pada Mesin Pencarian

Untuk mengidentifikasi berita hoax cukup sederhana. Cobalah untuk memasukkan keyword berita tersebut disertai kata hoax pada mesin pencarian.  Apabila berita tersebut benar-benar hoax maka akan muncul berita pembahasannya. Berhati-hatilah dengan judul yang cukup provokasi karena bisa saja berita tersebut merupakan berita yang hoax. Terlebih berita tersebut dirilis oleh website yang tidak kredibel.

Gunakan Hoax Analyzer

Kini juga tersedia aplikasi yang mampu mengecek apakah berita yang anda dapat termasuk berita hoax atau bukan. Cukup dengan menggunakan aplikasi hoax analyzer berita akan dipindai untuk mengetahui berita tersebut hoax atau bukan. Hoax analyzer sendiri merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang diusung oleh mahasiswa ITB. Selain aplikasi juga tersedia beberapa forum diskusi anti hoax seperti Hasut maupun Indonesian Hoaxes yang akan membantu anda mengidentifikasi berita bohong.

Cek Keaslian Foto

Selanjutnya cobalah untuk mengecek keaslian foto yang ditampilkan. Apakah benar-benar asli atau hasil editan.  Untuk mengecek keaslian foto anda bisa memanfaatkan google images. Coba diidentifikasi apakah foto tersebut asli atau hanya foto yang dicomot sana sini untuk mendukung pernyataan berita tersebut.

Bedakan Antara Berita Fakta dan Opini

Beberapa informasi yang anda dapatkan di internet mungkin saja bukanlah berita seperti reportase namun cenderung berita opini. Berita opini ini berisi pendapat pembuat berita tersebut yang belum dapat diketahui kebenarannya karena masih berupa praduga saja. Untuk itu cobalah membaca berita dari situs-situs online resmi. Pastikan berita yang and abaca memiliki link atau sumber dari situs yang terverifikasi sebagai institusi pers resmi. Berita yang dibagikan dengan menggunakan domain blog bisa saja meragukan.

Bagaimana Jika Anda Menemukan Berita Bohong?

Jika sudah anda identifikasi lalu bagaimana jika hasil dari identifikasi yang anda lakukan menyatakan bahwa berita tersebut bohong? Anda juga bisa melaporkan berita atau informasi hoax kepada pihak yang berwenang. Kini terdapat media sosial yang diperuntukkan sebagai sarana lapor berita hoax. Untuk facebook anda bisa menggunakan fitur report  status dan kategori informasi hoax bisa berupa harassment, rude hatespeech dan lain sebagainya. google juga memiliki fitur feedback  untuk melaporkan situs yang mengandung berita palsu. Anda juga bisa mengadukan konten negative ke kementian komunikasi dan informatika melalui email aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Netizen juga bisa menuju laman data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax. Jangan pula anda menyebar berita dengan mengshare di media sosial atau grup whatsapp yang belum pasti kebenarannya. Pasalnya kini sudah ada UU ITE yang mana mampu menjerat meeka yang suka menyebarkan berita hoax. Hukumanna bukan main bahkan bisa masuk penjara maupun denda material. UU ITE ini juga pernah menjerat kalangan tokoh kenamaan tanah air sehingga tidak pandang bulu siapa anda.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top