Peluang Usaha

Begini Langkah Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula

Anda berniat membangun bisnis tahun ini? berminat untuk membuka usaha yang berhubungan dengan kopi?  Bisnis coffee shop memang sangat digemari tahun lalu. Minuman kopi bisa dinikmati semua kalangan baik anak muda hingga paruh baya. Kopi biasa dijadikan minuman suguhan ditengah obrolan asyik. Munculnya bisnis kopi diikuti dengan  gaya hidup modern yang mendorong industry kopi terus berkembang.

Ekspor kopi dari tanah air bahkan mampu masuk pasa Eropa seperti Inggris dan Italia. Ini artinya bisnis kopi cukup menjanjikan. Kopi dengan jenis tertentu bahkan dijual dengan harga tinggi misalnya kopi Luwak.

Kenapa Bisnis Kopi Menjanjikan?

Ada beberapa alasan kenapa bisnis kopi patut anda perjuangkan. Beberapa alasan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Pangsa Pasar Yang Luas

Tak bisa dipungkiri bahwa pangsa pasar bisnis kopi begitu luas. Tak hanya mampu menjangkau  kelas bawah namun juga kelas atas. Kini kopi tak hanya diseduh di warung kopi pinggir jalan namun bisa masuk gedung pencakar langit.

  • Bagian Dari Gaya hidup Orang Indonesia

Budaya minum kopi sudah jadi tren di Indonesia. Kopi tak hanya melengkapi hari di malam hari namun juga saat pagi datang. Kopi tak jarang jadi pilihan saat bekerja agar mampu menghilangkan kantuk.

  • Menurut Survei Peminat Kopi Di Indonesia Stabil

Berdasarkan hasil survey social ekonomi nasional atau SUSENAS menunjukkan konsumsi kopi di Indonesia cenderung stabil. Per tahunnya setiap penduduk Indonesia mampu mengkonsumsi 1.25 kg. Angka ini terhitung mulai dari 2002-2014 tanpa ada fluktuasi yang signifikan.

  • Omzet Harian Mudah Didapatkan

Berbeda dengan bisnis lainnya peluang usaha kopi ini juga mudah menghasilkan omset. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur datang.  Terlebih lagi kopi hanya membutuhkan menu sederhana untuk pelengkapnya. Kopi biasa dihidangkan dengan snack seperti kentang goreng ataupun cake.

  • Profitnya Tinggi

Tak bisa dipungkiri bila bisnis kopi ini juga menawarkan profit tinggi. Bisnis kopi mudah dijalankan dan bisa dilaksanakan di tempat yang nyaman dan tak harus mewah. Anda bahkan bisa menjual kopi saja tanpa embel-embel menu lainnya.

Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula

Kedai kopi di Indonesia mulai berdiri pada tahun 1696. Kala itu pemerintah Belanda di Batavia menerima biji kopi dari Yemen. Dari sinilah bisnis kopi di Indonesia mulai berkembang. Bagi anda yang berminat untuk membangun bisnis kopi berikut langkah-langkahnya!

Tentukan Konsep Bisnis

Langkah pertama dalam membangun bisnis kopi ialah menentukan konsep bisnis. Tentukan konsep bisnis anda apakah ingin membuka warung kopi atau café.

Tentukan Target Konsumen

Lanjutkan dengan menentukan target konsumen yang dituju. Dengan memahami konsumen anda bisa menentukan strategi bisnis yang tepat. Target konsumen juga bisa dijadikan patokan untuk menentukan harga.

Berapa Budget Yang Dimiliki

Dalam membangun usaha kopi juga dibutuhkan modal. Apakah modal anda telah mencukupi atau tidak. Apakah modal bersumber mandiri ataukah ada pihak lain yang juga ikut berinvestasi. Bila modal terbatas maka mulailah usaha dengan membuka kedai kopi sederhana.

Jangan Entengkan Lokasi dan Promosi

Dengan mengetahui target konsumen anda juga bisa menentukan lokasi yang pas untuk bisnis kopi. Lokasi strategis mampu mempengaruhi tingkat penjualan. Apalagi dibarengi dengan promosi yang gencar.

Tak hanya itu  penting pula bagi anda untuk mencari supplier yang tepat. Supplier anda mampu memberikan kopi terbaik yang dibutuhkan. Nah, begitulah langkah sederhana untuk membuka bisnis kopi bagi pemula. Semoga membantu anda dalam menjalankan bisnis kopi yang ingin dibangun.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: