Tips

Berencana Jalankan Bisnis Ekspor? Terapkan 6 Tips Sukses Ini

tips-bisnis-ekspor

tips bisnis ekspor/http://berinovasi.com/

Salah satu peluang untuk meraih keuntungan besar yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjalankan bisnis ekspor. Dengan semakin banyaknya barang berkualitas di dalam negeri dan semakin terbukanya sekat-sekat perdagangan luar negeri, membuat bisnis ekspor ini menjadi semakin menarik untuk diambil. Tentu untuk membuat bisnis ini sukses maka Anda perlu memiliki beberapa strategi. Bisnis ekspor memang akan menghadirkan banyak perbedaan dengan bisnis-bisnis biasanya di dalam negeri. Dari sinilah maka Anda perlu memikirkan banyak hal ketika akan menjalankan bisnis ekspor. Salah satu yang paling terlihat dan perlu dipelajari lebih jauh dalam bisnis ekspor adalah aturan terkait aktivitas ekspor yang diatur dalam perundang-undangan di setiap negara. Nah berikut ini ada beberapa tips sukses yang dapat Anda terapkan untuk menjalankan bisnis ekspor.

  1. Pilih Produk yang Tepat

Tips sukses pertama yang harus Anda jalankan dalam bisnis ekspor ini yaitu memilih dan menentukan produk yang tepat. Produk yang tepat untuk bisnis ekspor ini tentu yang berkualitas dan memiliki standar yang baik. Apalagi bila Anda mentarget ekspor ke negara-negara maju seperti Amerika, Jepang dan Eropa, tentu standar dan kualitas barang semakin penting untuk dicermati. Jadi pilihlah produk yang tepat agar bisnis ekspor Anda dapat diterima dan diserap dengan baik di negara lain. Untuk pilihan produk yang berkualitas ekspor ini sebenarnya Indonesia tidak mengalami kekurangan. Sebab produk yang dipasarkan ke luar negeri dari Indonesia ini jumlahnya sudah sangat banyak.

  1. Tentukan Negara Tujuan yang Tepat

Setelah mendapatkan produk yang tepat, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk bisnis ekspor ini yaitu menentukan negara tujuan yang tepat. Setiap negara memang memiliki selera pasar yang berbeda-beda. Selain itu jangan lupa juga setiap negara juga memiliki kebijakan perdagangan luar negeri yang berbeda-beda. Dari sinilah maka Anda harus bisa mempelajari karakter konsumen di sebuah negara agar produk Anda bisa terserap pasar. Pelajari juga beberapa aturan dan kebijakan perdagangan luar negeri di negara yang Anda target agar bisnis ekspor tersebut bisa dijalankan dengan lancar.

  1. Pahami Aturan Terkait Aktivitas Ekspor

Berikutnya, tips sukses bisnis ekspor adalah memahami aturan terkait aktivitas ekspor. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa dalam kegiatan ekspor ini memang ada beberapa aturan baik itu di dalam negeri dan di luar negeri. Nah dari sinilah Anda yang akan menjalankan bisnis ekspor perlu memahami aturan-aturan yang berkaitan dengan ekspor tersebut. Hal ini dilakukan tentu dengan tujuan agar Anda tidak mengalami kendala dan tidak terjerat urusan hukum saat menjalankan bisnis ekspor tersebut.

  1. Mendaftar ke Situs Bisnis Internasional

Agar Anda banyak dikenal oleh pasar atau konsumen di negara lain maka Anda bisa mendaftar ke situs-situs bisnis internasional. Usaha marketing ini tentu sangat penting dilakukan untuk kesuksesan bisnis ekspor Anda. Sebab saat bisnis Anda banyak tampil di situs-situs internasional maka akan semakin banyak orang atau target pasar Anda yang melihatnya. Dari sini maka peluang Anda mendapatkan pembeli atau mitra bisnis akan semakin besar. Jadi jangan lupa untuk rajin mendaftarkan bisnis ke situs-situs internasional.

  1. Ikuti Pameran Produk

Kegiatan marketing lain yang dapat membuat bisnis ekspor Anda semakin dikenal adalah pameran. Dalam kegiatan pameran sendiri Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan relasi baik itu sesama pebisnis atau juga produsen produk. Dengan hal-hal positif yang bisa diperoleh dari kegiatan pameran tersebut maka dapat membuat bisnis ekspor Anda lebih berpeluang sukses. Tentu untuk bisa mengikuti pameran bisnis ekspor ini Anda harus selalu update mengetahui informasinya baik itu di media massa konvensional atau di media digital.

  1. Kerjasama dengan Instansi Pemerintah

Terakhir, tips jalankan bisnis ekspor dengan sukses adalah bekerjasama dengan instansi pemerintah. Beberapa lembaga pemerintah seperti Kementerian Perdagangan, Dinas KUKM dan lainnya memang dapat membantu Anda untuk pemasaran bisnis ekspor yang lebih baik. Maka dari itu cobalah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi yang telah disebutkan tadi serta ikuti segala agenda yang diselenggarakan. Dari apa yang Anda lakukan bersama beberapa instansi pemerintah tersebut maka pintu untuk harapan yang cerah bagi bisnis ekspor Anda menjadi lebih terbuka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top