Keuangan

Biaya Perceraian Mahal, Yakin Tetep Mau Pisah ?

Siapa sih yang ingin pernikahannya berakhir pada pintu perceraian ? tentu semua orang tidak akan mau membayangkan hal tersebut terjadi di kehidupan rumah tangganya. namun tak bisa dipungkiri, jika akhir-akhir ini anda memperhatikan sekeliling anda atau infotainment, kasus perceraian seperti tidak ada habisnya. nikah cerai dan nikah cerai saat ini bukan lagi hal yang tabu seperti jaman dulu. padahal, jika dihitung-hitung mereka akan menghabiskan banyak tenaga dan materi. apalagi biaya perceraian saat ini cuku mahal.  paling tidak beberapa biaya berikut harus anda perhitungkan untuk melanjutkan ke pengadilan, disamping memerhitungan keutuhan rumah tangga. 

  1. Advokat atau Pengacara

Jika anda mengamati di kantor pengadilan, sejauh ini hampir semua orang mengajukan proses perceraian melalui perantara. Baik perantara melalui orang biasa, atau menggunakan pengacara . Disini peran pengacara atau advokat adalah membantu mengurus segala bentuk perceraian, terutama dalam hal mengajukan tuntutan atau menolak tuntutan persidangan sesuai dengan permintaan klien.

Mengapa kita harus menyewa pengacara ? Apakah kita tidak bisa mengajukan persidangan sendiri ? Siapapun sebenarnya sangat diperbolehkan mengajukan persidangan di pengadilan sendiri, namun apakah anda telah memiliki ketentuan hukum di indonesia secara jelas ? Jika tidak sebaiknya jangan lakukan hal itu. Seperti yang kita tahu, sistem peradilan di indonesia saat ini sangat rumit dan tak bisa ditebak. Jika anda salah-salah dalam memberikan pernyataan atau salah dalam mengikuti prosedur maka bisa jadi tuntutan atau pengajuan anda akan ditolak.

Nah, kembali mengenai pengacara, biasanya pengacara yang di sewa untuk membantu anda dalam persidangan biadanya data dibayar dengan hitungan jam, atau bisa juga dibayar total tanpa ada hitungan jam. Jika tarifnya per jam, anda tinggal menghitung berapa kali anda telah melakukan konsultasi, atau berapa lama ia membantu anda dalam persidangan kemudian dikalikan dengan biaya per jam. Namun jika tarifnya per kasus, biasanya telah ada perjanjian diawal beraa yang harus di bayarkan kepada pengacara. Di kota besar seperti jakarta, biaya pengacara bisa mencaai rp 20-50 juta. Biaya tersebut hanya untuk pengadilan tingkat pertama. Jika sampai banding, kasasi, dan peninjauan kembali, tarifnya akan lebih mahal lagi.

  1. Pengadilan

Selain biaya untuk pengacara, jangan lupa jika anda juga harus mengeluarkan biaya untuk pengadilan. Beberapa pengacara biasanya sudah menghitung tarif mereka sekaligus biaya pengadilan secara bersamaan diawal, anda juga perlu mengetahui biaya apa saja yang harus dibayarkan untuk mengetahui pengeluaran. Terlebih bagi anda yang memang ingin mengurus proses perceraian secara sendiri.

  • Pendaftaran perkara : Rp 30.000.
  • Materai : Rp 6.000
  • Administrasi : Rp 50.000
  • Redaksi : Rp 5.000
  • Panggilan (penggugat 2 kali; tergugat 3 kali). Biaya panggilan tergantung kepada radius jarak tempat tinggal penggugat dan tergugat dengan pengadilan

Biaya tersebut hanya berlaku untuk pengadilan tingkat pertama, baik pengadilan negeri, atau pengadilan agama. Pengadilan negeri khusus mengangani perceraian non-muslim, sedangkan pengadilan agama khusus mengangani pasangan muslim.

  1. Pengadilan selanjutnya

Bila antara anda dan mantan suami telah menerima keputusan dan tidak melakukan banding, maka anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk proses selanjutnya. Namun jika antara anda dan suami masing belum puas dengan keputusan, maka anda bisa mengajukan banding dengan konsekuensi biaya yang dikeluarkan akan bertambah lebih mahal. Pada proses banding, biasanya ada tiga jenis biaya yang harus anda keluarkan yakni pendaftaran, gugatan banding, dan kirim berkas. Biaya juga akan bertambah jika berkas di bawa ke tingkat kasasi dan ada peninjauan kembali. Semakin tinggi tingkat pengadilan, umumnya biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. Namun jika menggunakan jasa pengacara, biaya yang ditetapkan akan lebih kecil.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top