Peluang Usaha

Bingung Tentukan Bisnis? Coba 5 Cara Ini!

cara-memilih-bisnis

cara memilih bisnis/https://www.legalzoom.com/

Berbisnis memang membutuhkan kecermatan. Tak hanya untuk menentukan strategi yang digunakan, namun pemilihan bidang bisnis juga perlu ditentukan dengan tepat. Memilih atau menentukan bidang bisnis dengan tepat memang dapat membuatmu lebih mudah dalam menjalankannya. Jika kamu sudah bisa menjalankan bisnis dengan mudah, tentu jalan sukses akan lebih mudah diraih. Nah bagi kamu yang masih bingung menentukan bisnis apa yang akan dipilih, berikut ada lima cara yang dapat kamu coba.

  1. Ciptakan Bisnis Baru

Cara pertama menentukan bisnis adalah dengan menciptakan bisnis yang baru. Menciptakan bisnis baru memang terbilang sesuatu yang hebat. Pasalnya bisnis ini akan mengantarkan Anda pada kemenangan dalam hal apapun. Ini dikarenakan dalam bisnis baru ini kamu menjadi pioner atau perintis dan tidak ada kompetitor yang menyaingi Anda. Tapi perlu dipahami bahwa untuk bisa memilih bisnis baru tersebut tidak semudah dibayangkan. Pasalnya, bidang bisnis baru ini membutuhkan kejelian karena belum teruji ampuh di pasaran. Bila pun kemudian pasar sudah membuktikan keampuhannya, kamu harus paham juga bahwa cepat atau lambat bisnis yang kamu jalankan akan banyak yang menirunya. Dari sini persaingan atau kompetisi pun akan tercipta.

  1. Amati Bisnis Sekitar dan Pilih Bisnis yang Belum Ada

Jika merasa sulit untuk menciptakan bisnis baru, kamu bisa memilih cara kedua yaitu memilih bisnis yang belum ada di sekitar lingkungan Anda. Menjalankan bisnis yang masih belum ada di sekitar kita memang akan membuatmu akan dapat meraih lebih banyak konsumen. Pasalnya tingkat persaingan yang ada terbilang kecil atau bahkan nihil bila memang benar-benar belum ada yang menjalankannya. Namun untuk bisa menerapkan cara ini, kamu perlu melakukan pengamatan di lingkungan sekitar. Dari pengamatan tersebut, pilihlah bisnis yang belum ada yang menjalankannya. Usahakan pengamatan ini kamu lakukan di lingkungan dalam radius minimal 500 meter. Sebab, semakin jauh jarak pengamatanmu, maka akan semakin baik masa depan bisnis yang akan kamu jalankan.

  1. Pilih Bisnis yang Sedang Ramai

Berikutnya, cara menentukan bisnis adalah dengan memilih bisnis yang ramai. Cara ini terbilang lebih mudah dari cara pertama atau kedua. Pasalnya kamu hanya perlu mengamati bisnis yang sedang marak atau ramai. Untuk melakukan pengamatan terhadap hal ini, kamu tidak perlu melakukan pengamatan secara serius di lingkungan sekitar. Sebab dengan mengamatinya dari layar kaca atau media sosial saja, itu sudah cukup mewakili. Meski terbilang mudah, kamu harus bersiap dengan tingkat persaingan yang ketat untuk menjalankan bisnis dari cara ini.

  1. Ambil Bisnis Sesuai Hobi

Kamu yang memang memiliki hobi tertentu hingga memunculkan passion, bisa menjadikan cara keempat ini dalam menentukan bisnis. Dengan menjalankan bisnis sesuai hobi, kamu tidak perlu repot-repot melakukan riset atau pengamatan. Sebab bisnis ini muncul dari dalam diri dengan mengkorelasikannya sesuai hobi atau passion. Keunggulan dari menjalankan bisnis melalui cara ini adalah kamu akan selalu bersemangat dalam berbisnis. Ketika menghadapi masalah pun, kamu tidak akan mudah berputus asa. Tapi kelemahan dalam bisnis ini adalah bisa jadi bisnis yang kamu jalankan tidak memiliki pasar yang besar atau sebaliknya memiliki pasar yang sedang sengit-sengitnya.

  1. Terapkan ATM

Terakhir, cara menentukan bisnis yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Cara yang satu ini terbilang sangat efektif buat kamu yang sangat kebingungan menentukan bidang bisnis. Jadi melalui cara ini kamu hanya perlu melihat bisnis orang lain dan kemudian menirunya dan memodifikasinya. Kenapa harus memodifikasi? Sebab dengan modifikasi, bisnismu akan terlihat berbeda, unik dan tidak terkesan ikut-ikutan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top