Peluang Usaha

Bisnis Kudapan Ringan Khas Tanah Priangan Ini Bisa Anda Jual di Daerah Anda Lho!

Seblak-jajanan-sunda

Anda tentu tidak asing dengan jajanan bernama cilok kan? Cilok yang memiliki akronim aci dicolok (tepung kanji yang ditusuk) ini memang sudah sangat populer di mana-mana. Nah tahukah Anda asal dari cilok tersebut? Tentu saja asal cilok ini berasal dari tanah priangan atau sunda. Tanah priangan sunda memang memiliki segudang kudapan ringan yang beragam dan kreatif. Dari satu bahan yakni aci atau tepung kanji, maka lahirlah beragam jenis kudapan. Dari popularitas cilok yang kini telah menjadi jajanan umum di Indonesia, maka beberapa kudapan ringan di tanah sunda lain juga punya potensi yang sama untuk diterima masyarakat umum. Nah berikut ini adalah beberapa bisnis kudapan ringan khas tanah priangan yang bisa Anda coba jual di daerah lain untuk jalankan bisnis.

  1. Seblak

Kudapan pertama asal bumi priangan sunda yang berpeluang dan bisa Anda jual di daerah Anda adalah seblak. Makanan yang satu ini sudah sangat populer di tanah sunda. Nah keopuleran seblak tentu akan menguntungkan Anda karena tak lagi membuat Anda harus capek-capek mempopulerkan seblak. Dengan rasanya yang gurih karena bertabur rempah membuat kudapan ini akan sangat menggugah selera banyak orang. Apalagi dengan adanya bumbu pedas dan beragam toping di dalamnya, maka seblak akan banyak diminati. Tentu supaya kudapan ini lebih memiliki nilai lebih, Anda bisa menggabungkan nama seblak Anda dengan nama kota priangan di sunda, seperti Seblak Bandung atau Seblak Priangan.

  1. Cigor

Sebenarnya kudapan yang satu ini satu keluarga atau satu rumpun dengan cilok. Bedanya bila cilok adonannya direbus, maka cigor ini diproses dengan cara digoreng. Dengan digoreng maka cilor akan terasa lebih garing dan renyah untuk dinikmati. Cigor sendiri memiliki akronim aci digoreng. Nah untuk Anda yang ingin menjual cigor di tempat lain maka Anda harus mempelajari bahan-bahan yang digunakan dan juga teknik penggorengannya agar nikmat saat disantap.

  1. Cilor

Sau lagi kudapan sedap dari bahan aci atau tepung kanji di tanah sunda yang bisa Anda jual di tempat lain yakni cilor. Cilor sendiri berarti aci dan telor (telur). Dari sini maka untuk membuat dan menjual cilor, Anda harus siap dengan bahan utamanya yakni tepung kanji (aci) dan telur. Proses pembuatan cilor sendiri adalah digoreng. Setelah digoreng cilor kemudian akan diberi bumbu sesuai selera yang diinginkan untuk kemudian disantap. Nah rasa gurih yang dihadirkan cilor ini tentu akan sangat mengundang selera bagi siapapun yang menyantapnya. Asal Anda bisa membuat resep yang tepat, cilor juga bisa berpeluang suskes seperti cilok.

  1. Surabi

Selanjutnya, kudapan asal tanah priangan sunda yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk berjualan adalah surabi. Kudapan yang satu ini memang sangat familiar bagi masyarakat sunda. Biasanya surabi dimasak menggunakan tungku dan dinikmati pada pagi hari. Surabi sunda sendiri ada dua jenis yakni surabi asin yang biasanya ditaburi oncom serta surabi manis yang memakai kinca (gula merah cair). Dengan rasa yang nikmat dan mengenyangkan ini tentu surabi akan banyak diminati. Apalagi cara memasaknya yang dilakukan di atas tungku perapian tradisional, maka makanan ini akan sangat menarik menarik perhatian publik jika dijual di daerah lain.

  1. Cibay

Cibay atau aci ngabarabay juga merupakan kudapan populer khas tanah priangan sunda yang banyak peminatnya. Dengan bahan tepung kanji, cibay akan dibalut kulit lumpia untuk kemudian digoreng. Agar lebih lezat ada beberapa orang yang memberikan daging ayam untuk isian di dalamnya dan sambal kacang untuk bumbu cocolannya. Nah dengan sensasi gurih, lezat dan renyah dari kulitnya, membuat cibay akan sangat menggugah selera untuk disantap. Dari sini maka cibay akan menjadi kudapan yang selalu diminati bila pun Anda menjualnya di luar daerah sunda.

  1. Cilung

Terakhir, kudapan atau jajanan ringan asal tanah priangan sunda yang bisa Anda jual di luar daerah adalah cilung. Cilung sendiri memiliki akronim aci digulung. Dengan bahan dasar aci atau tepung kanji, cilung biasanya dikombinasi dengan bahan lain seperti telur dan juga bihun yang kemudian diproses dengan cara digoreng. Dengan kelezatan dari cilung ini maka jajanan ini juga sangat potensial untuk dijual di luar daerah sunda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top