Tips

Bisnis Mandek? Lakukan 5 Tahapan Ini Agar Bisnis Kembali Bergerak

roda-bisnis

Dalam menjalankan bisnis memang banyak keadaan yang bisa terjadi dan menimpa sebuah usaha. Salah satu keadaan dan kondisi yang bisa dialami bisnis adalah mandek. Ketika bisnis mandek, roda usaha tidak lagi bergerak. Jika diibaratkan sebuah hidup manusia, maka bisnis mandek ini adalah keadaan manusia yang sedang koma. Jika terus dibiarkan dalam waktu yang lama maka keadaan bisnis yang mandek bisa membuatnya lebih parah yakni keadaan gulung tikar alias gagal total. Maka dari itu Anda sebagai pebisnis yang mendapati usaha sedang mandek, maka Anda harus segera menemukan solusinya agar tidak gulung tikar. Nah berikut ini adalah beberapa tahapan sebagai wujud solusi yang bisa Anda lakukan saat mendapati bisnis yang sedang mandek.

  1. Selidiki Apa Penyebabnya

Tahapan pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis yang mandek ini kembali bergerak adalah menyelidiki apa penyebabnya. Bisnis yang mandek memang pasti ada faktor penyebabnya. Nah dari sini Anda harus mencari penyebab yang membuat bisnis mandek. Apakah karena modal yang kurang, tenaga kerja yang tidak ada, marketing yang tidak jalan atau juga bahan baku yang susah didapatkan. Temukan penyebab dari mandeknya bisnis ini dengan cepat dan segera. Karena dengan mengetahui penyebab mandeknya bisnis inilah Anda nantinya bisa memikirkan solusi atau jalan keluar apa yang tepat untuk ditempuh.

  1. Jangan Malu untuk Meminta Pendapat Pada Ahlinya

Setelah menemukan penyebab dari bisnis mandek maka Anda harus segera memikirkan jalan keluarnya. Solusi atau jalan keluar sendiri tergantung pada penyebabnya. Bila Anda menemui jalan buntu saat memikirkan solusi, maka jangan malu untuk meminta pendapat ahli. Memang tidak sedikit pebisnis yang merasa dirinya paling mengetahui seluk bisnis yang dijalankan sehingga menganggap orang lain tidak akan mampu memberikan solusi. Ada juga beberapa pebisnis yang sombong dan merasa dirinya paling pintar sehingga kemudian ia merasa tidak membutuhkan orang lain, termasuk saran para ahli. Tentu jika sifat ini yang muncul, akan membuat diri Anda kesulitan sendiri saat akan membereskan masalah bisnis yang mandek.

  1. Bersedialah Jika Mengharuskan Anda Mengubah Strategi Bisnis

Bila Anda mendapati saran dari para ahli yang mengharuskan untuk mengubah strategi bisnis, maka Anda harus bersedia melakukannya. Strategi bisnis yang salah memang bisa menjadi penyebab mandek-nya usaha. Ini karena strategi bisnis yang salah bisa membuat sebuah bisnis terus bergerak ke arah yang tidak menguntungkan. Nah dari sinilah strategi bisnis memang sangat menentukan nasib bisnis. Tidak hanya membuat bisnis mandek, penerapan strategi bisnis yang salah dapat membuat usaha gagal total atau gulung tikar. Maka bersedialah untuk mengubah strategi bisnis bila memang Anda mendapati penyebab mandek-nya bisnis dikarenakan hal tersebut.

  1. Me-reboot Bisnis

Me-reboot bisnis adalah memulai bisnis atau perusahaan dari awal untuk dijalankan kembali. Seperti handphone yang mengalami error dan sulit dibenahi, maka biasanya ahli service akan melakukan reboot untuk memperbaikinya. Dalam bisnis, keadaan error dan membuat mandek yang terjadi juga dapat membuat pengusaha disarankan melakukan reebot. Umunnya cara atau solusi reebot ini dilakukan jika pemasalah bisnis yang mandek ini sudah terlalu kusut dan rumit untuk diselesaikan satu per satu. Dengan me-reboot bisnis dari awal maka Anda bisa kembali menggerakkan bisnis yang sempat mengalami kemacetan atau mandek tersebut.

  1. Buang Parasit yang Mengganggu

Terakhir, tahapan solusi atau cara untuk mengatasi bisnis yang sedang mandek adalah dengan membuang parasit di perusahaan yang mengganggu. Memang bisa jadi dan sangat mungkin bisnis yang mandek ini dikarenakan adanya parasit. Parasit di perusahaan yang mengganggu ini bisa berupa karyawan yang tidak produktif, pengeluaran yang tidak efektif atau juga karena pemasaran yang tidak optimal. Nah bila diperusahaan Anda yang terjadi adalah beberapa hal yang telah disebutkan tadi, maka Anda harus membuang parasit tersebut dengan segera agar bisnis Anda kembali bergerak dan tidak mandek lagi.

Itulah beberapa tahapan dan cara yang bisa Anda lakukan saat mendapati bisnis yang tidak bergerak atau mandek. Sebagai pebisnis sejati, Anda memang diharuskan untuk selalu tanggap dengan keadaan atau kondisi bisnis Anda. Bila memang mendapati bisnis yang mandek, maka bersegeralah untuk mencari solusinya sebelum semuanya menjadi gagal total.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top