Lainnya

Cara Agar Bulan Ramadhan Tahun Ini Tetap Produktif

produktif-bulan-ramadhan

produktif di bulan ramadhan/https://jatim.tribunnews.com/

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bagian waktu yang berbeda di negeri yang mayoritas penduduknya muslim seperti Indonesia. Tapi dengan banyaknya agenda yang dilakukan di bulan Ramadhan, seringkali membuat kita menjadi tidak produktif di momen tersebut. Apalagi sekarang di saat negeri ini sedang dilanda wabah virus corona, maka banyak aktivitas yang semakin tertunda atau gagal dilakukan. Namun bila Anda hanya terpaku pada keadaan, tentu hal ini akan membuat Anda tidak berdaya menghadapi situasi yang ada. Untuk itulah kita memang dituntut untuk kreatif menciptakan solusi agar bulan Ramadhan ini tetap bisa membuat kita produktif. Lalu bagaimana caranya? Berikut informasinya.

  1. Tetap Aktif Berkarya

Cara pertama agar bulan Ramadhan tetap produktif adalah aktif berkarya. Bila Anda memiliki skill atau kehalian khusu, cobalah untuk aktif menghadirkan atau menghasilkan karya. Karya memang dapat menjadi sebuah bukti bahwa Anda benar-benar produktif di bulan Ramadhan. Semakin banyak karya yang Anda hasilkan, maka semakin tinggi tingkat produktivitas Anda. Dari pada tidur-tiduran tidak jelas dan tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik berkarya sesuai skill yang dimiliki. Jangan dulu berharap ada peminat yang membeli karya kamu. Tapi berkaryalah dulu dengan kemampuan terbaikmu. Bila memang rezeki sudah milikmu, maka Tuhan yang akan mengaturnya.

  1. Semangat Beribadah Meski di Rumah

Bulan Ramadhan tahun ini memang sedikit berbeda dengan bulan-bulan Ramadhan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan tahun ini ada sebuah wabah menular yang berbahaya bernama virus corona. Dari adanya pandemi Covid-19 tersebut membuat pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan aktivitas kerja, belajar dan ibadah di rumah untuk memutus rantai penularannya. Tapi meski harus berkegiatan di rumah, Anda tetap harus produktif. Apalagi dibulan Ramadhan yang penuh berkah dan pahala seperti sekarang maka jangan sampai Anda melewatkannya. Jadi untuk urusan beribadah ini maka Anda harus bersemangat menjalaninya meski harus dilakukannya di rumah. Walau harus beribadah di rumah, karena adanya wabah, menurut para ulama pahalanya akan sama besarnya dengan yang ada di rumah. Maka dari itu Anda jangan ragu untuk menjalankan ibadah di rumah.

  1. Tingkatkan Produktivitas Kerja

Anda yang masih bekerja secara Work From Home (WFH) di bulan Ramadhan ini karena pandemi Covid-19 maka jangan sampai kehilangan produktivitas. Di bulan Ramadhan yang penuh dengan aktivitas memang bisa membuat seseorang menurun produktivitas kerjanya. Maka dari itu supaya tetap produktif, Anda harus menjaga ritme bekerja seperti biasa sebelum Ramadhan. Bahkan kalau bisa cobalah untuk bisa meningkatkan ritme bekerja. Tapi jangan lupakan juga dengan menjaga kesehatan bila ingin meningkatkan produktivitas kerja di bulan Ramadhan.

  1. Tetapkan Target

Terakhir, cara agar bulan Ramadhan tahun ini tetap bisa produktif adalah dengan membuat target pada setiap aktivitas yang akan dijalankan. Untuk bisa mencapai produktivitas diri kita memang harus dipacu dengan sebuah target. Target inilah yang akan mendorong kita untuk berbuat lebih hingga tercapainya terget tersebut. Jadi jangan ragu untuk dengan menetapkan target ini. Semakin tinggi target yang dibuat maka akan semakin besar tingkat produktivitas yang bisa Anda raih. Tapi pastikan juga Anda bisa mengatur waktu beraktivitas dengan waktu istirahat. Karena waktu istirahat ini juga penting untuk membuat tubuhmu selalu sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat bulan Ramadhan di tahun ini tetap produktif. Bulan Ramadhan dengan keadaan berpuasa memang tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Tapi dengan tetap aktif beraktivitas maka kita akan bisa mendapatkan pahala dan keberkahan yang lebih besar di bulan Ramadhan tahun ini.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: