Tips

Cara dan Strategi Agar Bisnis Tembus Pasar Global

tips-pemasaran-global/https://www.ringcentral.com/

Impian semua pebisnis pastinya ingin membuat produknya bisa dipasarkan hingga luar negeri. Untungnya saat ini ada perkembangan teknologi yang membuat produk lokal pun mampu menembus pasar global. Beberapa usaha yang produknya sudah sampai mancanegara memang banyak yang menerapkan peralihan digital untuk memanfaatkan daya beli di pasar internasional. Lalu seperti apa cara dan strategi utama yang perlu dijalankan para pebisnis untuk membuat produknya bisa tembus pasar global? Berikut informasinya.

Alasan Memperluas Bisnis Hingga Mancanegara

Sebelum dijelaskan cara dan strategi menembus pasar global, kita harus pahami dulu alasan perlunya bisnis memperluas pemasarannya hingga mancanegara.

  1. Potensi pertumbuhan

Faktanya memang ada banyak wilayah yang punya potensi pasar internasional menjanjikan tanpa adanya akses penguasaan bahasa Inggris. Potensi ini sendiri bukan berasal dari kalangan bisnis borjuis saja, namun usaha kecil menengah (UMKM) juga punya kans yang sama.

  1. Meningkatkan pendapatan dan profitabilitas

Tak perlu menarget pasar global yang jauh dari kawasan negara sendiri. Tapi keberhasilan menarik perhatian audiens/pembeli luar negeri terdekat dari negara sendiri sudah sangat baik.

  1. Dominasi pasar dan industri

Jangan lupa juga pahami tingkat persaingan dan kompetitor yang ada di luar negeri. Dengan hal ini akan membuat Anda mendapatkan gambaran untuk menyusun cara dan strategi.

Nah berikut ada empat cara dan strategi untuk memperluas bisnis Anda hingga ke pasar global.

  1. Berbicara Menggunakan Bahasa yang Digunakan Audiens

Strategi pertama agar bisnis tembus pasar mancanegara yaitu berbicara menggunakan bahasa yang digunakan audiens. Bahasa audiens memang menjadi komunikasi utama dan paling efektif untuk memasarkan produk ke luar negeri. Semakin baik penguasaan bahasa Anda pada bahasa yang digunakan oleh audiens/target pasar, maka akan semakin besar peluang produk bisnis untuk diterima. Bila Anda tidak punya waktu untuk mempelajari bahasa negara yang ditarget, maka Anda perlu mendatangkan staff ahli bahasa.

  1. Buat Merek Anda Terlihat Lokal

Untuk membuat pasar global menyukai produk Anda, memang banyak pakar yang menyarankan untuk menghadirkan brand yang terlihat dan bernilai lokal. Mengapa demikian? Sebab umumnya pasar luar negeri sangat peka terhadap sesuatu yang unik dan khas. Untuk membuat produk yang khas dan unik ini maka Anda bisa melakukan beberapa hal seperti menyesuaikan artikel/produk aplikasi bisnis dengan penggunaan regional, menyesuaikan presentasi perusahaan dengan nuansa budaya lokal, dan menggabungkan visualisasi produk dengan konteks budaya lokal. Anda juga perlu melakukan publikasi dan promosi dengan tampilan situs web di luar negeri yang berbeda.

  1. Libatkan Ahli/Profesional di Bidang Lokal

Merekrut ahli lokal juga menjadi cara yang bisa membuat produkmu lebih memiliki kesan lokal yang lebih. Ahli atau pakar yang perlu Anda libatkan adalah mereka yang memiliki latar budaya dan kompeten dibidangnya. Para ahli atau pakar ini juga perlu memiliki kualifikasi dimana mereka sering terlibat langsung dengan audiens lokal. Dari masukan para ahli lokal tersebut Anda akan mendapatkan informasi terkait karakteristik, keluhan, dan masalah dari audiens lokal.

  1. Pahami Lebih Mendalam Pasar Luar Negeri Anda

Terakhir, cara dan strategi agar bisnis mampu menembus pasar global adalah dengan memahami lebih dalam pasar luar negeri Anda. Ketika akan memasarkan produk ke daerah dengan kultur yang berbeda, maka mau tak mau Anda memang harus mempelajari karakteristik budaya setempat tersebut. Maka lakukan riset dan observasi terlebih dahulu pada wilayah yang ditarget tersebut. Habiskan waktu dan jalin hubungan bersama penduduk setempat serta pelajari keseharian dan budaya mereka. Dari sini Anda akan semakin memahami apa-apa yang diperlukan supaya produk bisa diterima di negara tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top