Keuangan

Cara Lunasi Pinjaman Secara Perlahan Dengan Strategi Bola Salju Utang

strategi-bola-salju-hutang

strategi bola salju hutang/https://www.metropolitan.co.za/

Hutang atau pinjaman merupakan beban dalam hidup yang mau tak mau memang harus segera dilunasi. Tapi untuk melunasi hutang ini tak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Pasalnya ada banyak kendala yang seringkali muncul saat seseorang akan melunasi hutang. Salah satu penyebab kegagalan seseorang dalam melunasi hutang adalah tidak ada pengendalian terhadap keuangan.

Strategi Bola Salju Hutang

Dari sinilah kemudian muncul bola salju hutang yang merupakan sebuah cara atau strategi untuk keluar dari jerat hutang. Strategi bernama bola salju hutang ini sendiri diungkap oleh Dave Ramsey yang merupakan seorang pakar keuangan sekaligus juga CEO Ramsey Solutions. Dave Ramsey ini juga merupakan seorang penulis 7 buku terlaris yang salah satunya berjudul “The Total Money Makeover.”

Menurut Dave, strategi atau cara melunasi hutang ini dapat dilakukan dengan fokus pada anggaran serta melihat semua uang yang dimiliki. Tahap perencanaan pelunasan hutang selanjutnya adalah membuat daftar hutang dari yang paling kecil hingga terbesar kecuali utang rumah – dan lunasi dalam urutan itu.

Inti Membayar Hutang Tentang Psikologi

Menurut Dave sebenarnya ada banyak teori yang memberikan solusi untuk membayar hutang. Seperti contohnya mendahulukan membayar hutang yang punya bunga tertinggi serta teori lainnya. Namun lebih lanjut Dave menyatakan bahwa inti dari membayar hutang ini merupakan masalah psikologi, bukan urusan hitung-menghitung atau matematika. Dalam hal ini psikologi membayar hutang terdiri dari 80 persen tentang keuangan pribadi dan 20 persen tentang pengetahuan atau ilmu.

Lunasi Hutang dari yang Terkecil Hingga Terbesar

Dalam strategi bola saju hutang tersebut dinyatakan oleh Dave bahwa dalam melunasi hutang haruslah dimulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Terkecuali jika ada dalam keadaan mendesak atau darurat seperti atau kreditor yang terus menagih atau menghadapi ancaman penyitaan, maka kamu bisa mendahulukan yang besar.

Kenapa harus melunasi hutang dari yang terkecil? Menurut Dave, dalam membayar hutang yang merupakan masalah psikologi ini memang perlu dibangun terlebih dulu kepercayaan dan antusiasme. Dari antusiasme dan kepercayaan inilah kamu akan mendapatkan kepuasan dengan cepat.

Jadi dari strategi bola salju hutang ini ketika kamu di minggu-minggu pertama sudah mampu melunasi hutang, kamu akan semakin bersemangat untuk melunasi hutang-hutang lainnya. Semangat ini muncul karena kepercayaan diri kamu yang mampu melunasi hutang.

Fokus pada Anggaran

Dalam strategi ini kamu harus memulainya dengan membuat daftar hutang dari yang terkecil hingga terbesar. Selanjutnya kamu harus segera membayarkan hutang itu berdasarkan daftar yang telah dibuat. Setelah hutang paling kecil lunas, lanjutkan dengan pembayaran hutang yang lebih besar dan seterusnya hingga semua hutang lunas.

Dalam strategi bola salju hutang ini juga terdapat unsur atau elemen utama yang membuatnya sukses yakni penganggaran. Sebelum memulai strategi bola salju, kamu memang harus melakukan penganggaran dengan jalan memperjelas arus kas. Pengorbanan, kedisplinan dan intensitas yang terfokus merupakan beberapa sikap yang harus kamu miliki untuk bisa membuat strategi ini berhasil. Dan satu hal lagi yang perlu dicamkan yakni keyakinan pada kemampuan strategi ini dalam menghilangkan hutang secara bertahap.

Itulah strategi bola salju hutang yang bisa kamu terapkan dalam hidup ketik mendapati hutang. Hutang bukan sesuatu yang harus ditakuti dan dihindari. Namun demikian kamu tetap harus bijak dalam mengelola uang dan mengendalikan hutang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top