Bisnis Online

Cara Optimalkan Hashtag Agar Konten Tiktok Masuk FYP

tiktok-hashtag

tips optimalkan hashtag tiktok/https://sosiakita.com/

Untuk membuat kontenmu di Tiktok masuk FYP (for you page), maka diperlukan usaha lebih. Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan aga konten Tiktok masuk FYP adalah dengan mengoptimalkan penggunaan hashtag. Hashtag memang penting diterapkan pada hampir setiap media sosial, termasuk Tiktok. Sebab dari hashtag inilah peluang konten viral akan terbuka lebar. Tapi bagaimana cara untuk mengoptimalkan hashtag di Tiktok agar bisa masuk FYP? Berikut penjelasannya.

Manfaat Penggunaan Hashtag

Sebelum membahas bagaimana cara mengoptimalkan hashtag, kamu perlu memahami dulu apa saja manfaat hashtag untuk campaign di Tiktok. Selain dapat membuat konten masuk FYP dan viral, pemakaian hashtag di Tiktok yang optimal juga dapat memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan visibilitas
  2. Meningkatkan engagement
  3. Membentuk komunitas
  4. Mengidentifikasi kompetitor
  5. Mendapatkan ide konten yang menarik

Tips Menggunakan dan Mengoptimalkan Hashtag TikTok

Nah berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkan hashtag di Tiktok:

  1. Analisis Hashtag dari Industri yang Relevan

Tips pertama mengoptimalkan hashtag agar konten Tiktok masuk FYP adalah dengan menganalisis hashtag dari industri yang relevan. Sebelum menggunakan hashtag, kamu memang perlu mencari serta menganalisis hashtag yang digunakan di industri brand-mu. Sebut saja misalnya kamu punya bisnis atau brand di bidang makanan. Nah di sini kamu perlu mengetahui apa saja hashtag yang populer dan sering digunakan dalam industri makanan tersebut. Selain menganalisis hashtag, kamu juga harus memastikan relevansinya dengan niche dan industri brand-mu.

  1. Ketahui Hashtag yang Digunakan Oleh Kompetitor

Selain melakukan analisis hashtag dari internal, kamu juga perlu menganalisis hashtag dari ekstenal atau dari kompetitor. Dalam persaingan bisnis atau branding, kamu memang harus mengetahui apa yang dilakukan pesaing. Nah dengan mengetahui hashtag yang dimiliki kompetitor, maka kamu bisa membuat hashtag yang lebih baik hingga mampu menarik audiens lebih banyak. Penggunaan hashtag Tiktok sebagai sebuah strategi, membuat setiap bisnis atau branding memang akan berlomba untuk menjadi yang terbaik atau pemenangnya.

  1. Gabungkan Hashtag Khusus Brand dan yang Sedang Populer

Semakin populer sebuah hashtag itu artinya banyak audiens yang memang mencarinya. Nah dari sinilah kamu memang perlu meriset hashtag yang populer dan sesuai dengan industrimu. Namun perlu kamu pahami bahwa hashtag populer pastinya sangat kompetitif. Dari sinilah maka kamu perlu menjalankan strategi yaitu menggabungkan hashtag khusus brand dengan hashtag yang sedang populer. Dari sinilah akan muncul hashtag yang khas dan unik hingga membuat audiens lebih mengingat nama brand Anda. Contoh penerapan strategi ini adalah menuliskan hashtag #namabrand #jeniscampaign #hashtagpopuler.

  1. Pertimbangkan Panjang Caption dan Jumlah Hashtag

Terakhir, cara optimalkan hashtag Tiktok agar kontenmu masuk FYP adalah dengan mempertimbangkan panjang caption dan jumlah hashtag. Memang tidak ada aturan mengikat mengenai teknik menulis caption dan hashtag di Tiktok. Tapi dalam perjalanannya, ternyata memang didapati bahwa penggunaan hashtag yang tidak terlalu banyak dinilai lebih efektif. Rekomendasi untuk hashtag yang optimal adalah 3-5 hashtag dalam suatu postingan. Hashtag yang terlalu banyak memang dapat memakan porsi caption yang akan ditulis nantinya. Perlu diketahui bahwa caption di Tiktok sendiri hanya dibatasi hingga 300 karakter. Dari sini maka pastikan kamu menulis caption yang singkat dan menarik agar masih ada ruang tersisa untuk hashtag.

Itulah penjelasan mengenai cara mengoptimalkan hashtag agar sebuah konten Tiktok dapat populer dan masuk FYP. Dari sini maka kamu yang memang menjadikan Tiktok sebagai media dan strategi marketing, perlu memahami dengan baik beberapa cara atau tips di atas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top