Tips

Cara Tetap Sehat Meski Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

ramadhan_ditengah_pandemi

sehat dibulan ramadhan di tengah pandemi/https://umroh.com

Bulan Ramadhan kali ini memang sedikit berbeda. Pasalnya, pada bulan Ramadhan sekarang di tahun 2020, ada wabah virus coron yang sedang melanda tanah air. Nah karena adanya pandemi Covid-19 tersebut maka masyarakat yang menjalankan puasa pun dianjurkan untuk lebih ekstra dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Meski puasa sendiri sejatinya bertujuan untuk membuat tubuh sehat namun bukan berarti kita lantas meremehkan virus corona. Hal ini dikarenakan virus berbahaya ini begitu cepat penularannya. Lalu bagaimana cara agar tetap sehat meski berpuasa di tengah pandemi? Berikut ulasannya.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Saat Berbuka dan Sahur

Seperti kita tahu bahwa imunitas atau kekebalan tubuh ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mencegah penularan Covid-19. Maka dari itulah, saat puasa di Bulan Ramadhan kita sangat perlu untuk menjaga kondisi tubuh. Untuk menjaga kekebalan tubuh, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi saat berbuka dan sahur. Tubuh kita memang membutuhkan asupan beragam nutrisi seperti protein, vitamin dan lainnya untuk bisa tetap sehat dan bugar. Nah dari sinilah maka saat diperbolehkan makan dan minum seperti saat berbuka dan sahur, kita tidak boleh makan dan minum sembarangan. Untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengantisipasi Covid-19 maka pastikan kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

  1. Tetap Berolahraga Walau dengan Porsi Ringan

Saat puasa seringkali kita memang dilanda rasa malas yang sangat besar. Dari sinilah maka banyak dari mereka yang kemudian tidak melakukan olahraga selama bulan Ramadhan. Padahal kegiatan berolahraga di bulan Ramadhan ini penting dilakukan untuk membantu tubuh tetap bugar. Anda memang tidak dituntut untuk berolahraga dengan porsi yang berat dan waktu yang lama saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Tapi meski demikian, Anda tetap diharuskan untuk tetap berolahraga dengan teratur meski tidak dalam porsi berat dan waktu yang lama. Bahkan untuk melakukan senam ringan saja sudah terbilang cukup untuk Anda menjaga kebugaran tubuh saat bulan Ramadhan di masa pandemi. Jangan lupa untuk mengusahakan melakukan olahraga ini di rumah untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

  1. Istirahat yang Cukup

Berikutnya, cara agar tetap sehat walau berpuasa di bulan Ramadhan adalah dengan istiharat yang cukup. Saat bulan Ramadhan tiba memang bisa jadi akan banyak agenda atau kegiatan yang dilakukan seperti beribadah, bekerja dan lainnya. Dari sinilah kemudian banyak orang yang kemudian mendapati waktu istirahatnya yang berkurang. Ketika istirahat seseorang berkurang, jelas hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh yang menjadi tidak fit. Padahal untuk bisa mencegah virus corona ini salah satunya diperlukan tubuh dengan imunitas atau vitalitas yang baik. Maka dari itu pastikan selama masa pandemi dan bulan Ramadhan ini Anda dapat menjaga waktu istirahat yang cukup untuk selalu membuat tubuh menjadi lebih fit.

  1. Tetap Jaga Kesehatan dan Kebersihan

Terakhir, cara untuk bisa tetap sehat saat bulan puasa Ramadhandi tengah Pandemi Covid-19 adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Menjaga kesehatan dan kebersihan memang perlu selalu dilakukan, terlebih di masa wabah viris corona seperti sekarang ini. Virus corona memang bisa menular entah itu dari droplet (cairan yang keluar dari pasien positif) atau dari benda-benda yang telah disentuh terinfeksi. Maka dari itu selain physical distancing, kita juga dianjurkan untuk juga menjaga kebersihan diri. Menjaga kebersihan diri dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 ini antara lain bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker dan juga rajin membersihkan pakaian dan tubuh dengan mandi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top