Lainnya

Dapat BLT Program Keluarga Harapan (PKH)? Begini Tips Kelolanya

bantuan-langsung-tunai-PKH

bantuan langsung tunai PKH/https://tirto.id/

BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari pemerintah di masa pandemi kini telah menyasar pada ibu hamil anak usia dini (balita), penyandang disabilitas, lansia, serta anak sekolah. BLT yang berkonsep Program Keluarga Harapan (PKH) ini sendiri sudah dimulai sejak 4 Januari 2021 yang lalu. Besaran BLT dengan sasaran ibu hamil dan balita terbilang cukup besar yakni Rp 3 juta per-tiga bulan. Sedangkan BLT untuk lansia dan penyandang disabilitas sebesar Rp 2,4 juta. Sementara itu BLT untuk anak sekolah besarannya bervariasi dari Rp 900 ribu hingga Rp 2 juta, tergantung jenjang pendidikannya. Nah bila kamu salah satu penerima BLT PKH, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho menyarankan untuk bisa digunakan dengan cermat. Nah berikut tips menggunakan dana BLT PKH tersebut.

  1. Gunakan untuk Persiapan dan Pasca Melahirkan

Tips pertama menggunakan BLT PKH menurut Andy Nugroho adalah memakainya untuk persiapan melahirkan. Perlu dipahami bagi ibu hamil bahwa biaya persalinan saat ini memang tidak murah. Apalagi bila harus dilakukan tindak medis lanjutan seperti caesar (SC). Walau ibu hamil terdaftar di BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial), namun proses persalinan juga membutuhkan dana darurat untuk jaga-jaga.

“Buat ibu hamil, pastinya adalah kebutuhannya untuk kebutuhan bersalin. Kan bersalin juga tidak murah, ya, apalagi misalnya sampai harus caesar dan harus di rumah sakit, itu pasti tidak murah,” kata Andy.

Jangan lupakan juga pasca persalinan dimana akan ada banyak biaya yang harus dipenuhi. Nah dari sini kamu bisa menggunakan dana BLT untuk memenuhinya.

  1. Beli Kebutuhan Sekolah Selama Pandemi

Untuk kamu yang masih sekolah dan mendapatkan BLT ini, Andy mengharapkan juga bisa memanfaatkannya dengan baik. Jadi langsung saja belikan beberapa kebutuhan sekolah di masa pandemi ini. Karena masih harus belajar secara jarak jauh maka kebutuhan akan kuota internet harus diprioritaskan. Membeli beberapa perlengkapan sekolah seperti alat tulis dan buku juga diperkenankan.

“Ataupun juga untuk peralatan sekolah mereka mulai dari handphone yang bisa untuk ikut pelajaran secara online,” jelas Andi.

  1. Beli Kebutuhan Balita

Berikutnya, bagi yang mendapatkan BLT PKH balita maka pastikan saja menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan buah hati Anda. Merawat bayi dan balita memang membutuhkan biaya yang cukup besar karana banyaknya hal harus dipersiapkan dan dilengkapi. Tidak hanya pakaian, tapi kebutuhan balita pada gizi juga perlu untuk dipenuhi. Bagi orangtua yang balitanya akan masuk jenjang pendidikan, bisa menggunakan BLT PKH ini untuk persiapan masuk lembaga pendidikan di tahun ajaran baru.

  1. Menabung dan Buka Usaha

Terakhir, tips untuk memanfaatkan dana BLT PKH ini dengan baik menurut Andy Nugroho yakni dengan membuka usaha. Jika memang dana tersisa, kumpulkan atau tabung dulu tiap bulan untuk nanti dipakai membuka usaha. Dengan menggunakannya untuk bisnis maka kamu bisa membuat uangnya lebih banyak karana adanya keuntungan yang didapat atau diperoleh. Tapi untuk membuka usaha ini kamu perlu melakukan riset secara mendalam agar bisnismu tetap eksis meski masa pandemi.

Itulah beberapa tips menggunakan dana BLT PKH bagi yang menerimanya. Ingat bahwa pengguanaan dana ini memang diharuskan tepat dan tidak dibuat macam-macam. Mengingat pandemi yang masih belum berakhir maka mau tak mau kamu harus bisa menggunakan dana BLT PKH ini dengan sebaik-baiknya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top