Lainnya

Dapat Tawaran Rumah atau KPR di Bawah Rp500 Juta? Perhatikan 6 Hal Ini

KPR-dibawah-500juta

KPR dibawah Rp500 juta/https://www.99.co/id

Harga properti yang semakin tinggi, terutama di daerah ibu kota dan sekitarnya membuat banyak keluarga baru terkendala untuk memiliki rumah. Tapi jika keluarga baru tersebut mau rajin mencari informasi di dunia maya maka mereka bisa mendapati pengembang properti yang menawarkan rumah atau KPR di bawah Rp500 juta. Meski harga hunian ini berlaku di daerah penyangga ibu kota, seperti Bogor dan Depok, tapi hal tersebut akan membantu Anda untuk segera memiliki rumah. Namun bila sudah mendapati hunian atau KPR di bawah Rp 500 juta maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Legalitas

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat dapatkan rumah atau KPR dengan harga di bawah Rp500 juta adalah legalitas. Menurut pengamat properti Aleviery Akbar keluarga muda memang harus lebih concern dengan legalitas rumah. Maka dari itu cek status tanah atau sertifikat rumah yang akan dibeli agar tidak mengalami masalah di hari nanti. Jangan lupa juga untuk mengecek izin pembangunan rumah tersebut. Apalagi jika Anda membeli rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR), maka surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) harus dipastikan ada.

  1. Bank Pemberi KPR

Untuk rumah KPR di bawah 500 juta maka kamu perlu rajin mencari bank yang memberikan bunga murah. Pastikan juga adanya kemudahan proses dalam pengajuannya. Umumnya developer yang menawarkan juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa bank. Nah dari sini kamu tinggal memilih dan menyesuaikannya. Perlu Anda ketahui bahwa bunga dari perbankan ini akan dipengaruhi oleh suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Dari suku bunga acuan BI ini nantinya masing-masing bank memiliki suku bunga dasar kredit (SBDK) di tiap jenis kredit. Anda bisa melihat SBDK ini di laman resmi perusahaan bank.

  1. Reputasi dan Rekam Jejak Developer

Karena Anda akan membeli rumah secara KPR maka kamu akan berurusan dengan developer yang menghadirkannya. Nah untuk rumah KPR di bawah 500 juta ini perlu kamu cermati dari jejak rekam developer-nya. Jangan sampai tergiur harga murah tapi Anda mendapatkan hunian yang dibangun asal-asalan atau malah bodong karena ditawarkan oleh developer yang tidak kredibel. Maka dari itu reputasi dan jejak rekam developer ini sangat penting untuk ditelusuri terlebih dahulu.

  1. Fasilitas

Kini dengan semakin banyaknya pengembang yang menawarkan KPR maka terjadi perlombaan mendapatkan konsumen. Nah untuk menarik konsumen tersebut kemudian para developer akan menghadirkan beberapa fasilitas seperti sarana-prasarana publik. Fasilitas publik di sekitar perumahan ini memang penting karena dapat membuat Anda lebih fleksibel dan lebih mudah menjalankan aktivitas. Jangan lupa juga untuk mencermati apakah ada area hijau yang dihadirkan pengembang? Kawasan hijau seperti area taman ini memang juga penting supaya kualitas hidupmu semakin baik.

  1. Akses Transportasi Umum

Rumah yang dekat dengan akses transportasi publik memang akan menguntungkan Anda. Ini karena Anda bisa leluasa untuk ke sana – kemari. Apalagi Anda yang termasuk pasangan muda dengan mobilitas tinggi, maka hunian dekat akses transportasi publik ini akan sangat menguntungkan karena akan menghemat biaya dan juga waktu.

  1. Keamanan

Terakhir, hal yang perlu Anda perhatikan ketika dapatkan tawaran hunian dengan harga di bawah 500 juta adalah keamanannya. Keamanan di kawasan perumahan memang akan membuatmu lebih nyaman dalam menjalankan kehidupan di sana nantinya. Apalagi mengingat kawasan sekitaran ibu kota yang rawan kriminalitas maka kamu harus concern memperhatikan hal ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top