Lainnya

Di Indonesia, Inilah 5 Komikus Instagram Paling Populer dan Kaya, Sudah Tahu?

si juki

Profesi komikus saat ini memang tak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, dengan banyaknya media yang bisa digunakan untuk menampilkan karya komik membuat para komikus berpeluang untuk menjadi populer dan meraup pundi-pundi rupiah. Salah satu media yang sangat mumpuni untuk menampilkan karya komikus sekaligus menarik pundi-pundi uang datang adalah Instagram. Media sosial kreasi Kevin Systrom ini sekarang memang banyak digemari masyarakat. Walhasil, saat konten yang dihadirkan sebuah akun Instagram mampu menarik banyak orang untuk merespon, maka hal ini akan bisa menarik pendapatan. Setidaknya hal ini yang telah didapati lima komikus Indonesia yang menjadikan Instagram sebagai tempat menampilkan karya-karyanya.

  1. Nurfadli Mursyid (Tahilalats)

Berawal dari hobi, siapa sangka Nurfadli Musrsyid saat ini mampu mendapatkan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Dengan menciptakan komik bernama Tahilalats, Nurfadli menghadirkan komik strip yang kocak dan nyeleneh. Meski nyeleneh, justru di sana letak dari keunikan dan daya tarik dari Tahilalats. Hadir di Instagram, akun dengan nama @tahilalats sendiri sudah memiliki lebih dari 2,9 juta followers. Tidak hanya sukses di Instagram, komik tahilalats pun saat ini sudah merambah webtoon. Komik yang berawal dari blog pribadi Nurfadli pun saat ini telah menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Kreatornya yakni Nurfadli pun telah menjadi komikus Instagram terkaya di Indonesia.

  1. Faza Meonk (Si Juki)

Bagi penggemar komik di Instagram, Si Juki tentu bukanlah sesuatu yang asing. Pasalnya, komik yang dibuat oleh Faza Ibnu Ubaidillah atau Faza Meonk ini sudah sangat populer di media sosial tersebut. Nama “Juki” sendiri diambil Faza dari akronim “juru hoki”. Komik yang pada mulanya lahir pada tahun 2011 pada media komik online berjudul DKV4 ini kemudian merambah ke Instagram di tahun 2012. Dengan mengambil nama akun @jukihoki, tak disangka komik “Si Juki” mendapatkan respon besar dengan followers hingga 630 ribu. Di webstoon sendiri komik “Si Juki” telah hadir dengan 4 judul dengan edisi berbeda. Bahkan saat dicetak oleh penerbit Bukune, “Si Juki” berhasil menyandang best seller pada awal penjualannya.

  1. Muhammad Misrad (Mice)

Sebenarnya komik Mice ini sudah terkenal sebelumnya di media cetak harian Kompas yang biasanya hadir pada hari Minggu. Nah dari Kompas ini kemudian komik Mice beralih ke platform digital yakni Instagram. Karakter Mice sendiri diciptakan oleh Muhammad Misrad yang sebenarnya pada awalnya selalu berdampingan dengan karakter Benny yang diciptakan oleh Benny Rachmadi. Sayangnya Mice dan Benny harus berpisah pada tahun 2010. Meski tidak lagi bersama Benny Rachmadi, Muhammad Misrad terus berjalan dengan karakter Mice dengan merambah Instagram. Dengan nama @micecartoon.id, Mirsad dengan kartun “Mice”-nya mampu menarik lebih dari 161 ribu followers.  Tidak hanya itu, kesuksesan kartun Mice di Instagram ini juga diikuti oleh sukses pada penjualan di penjualan komik cetak, merchandise dan juga endorsement.

  1. Reza Mustar (Azer)

Berikutnya, komikus Instagram yang mampu meraih sukses adalah Reza Mustar. Pria yang juga akrab dipanggil Azer ini adalah ahli dalam membuat komik yang membahas isu sosial dengan pendekatan jenaka. Sindirannya terhadap isu sosial sendiri tak jarang mengena pada beberapa public figure. Namun meski ada sindir-menyindir, pria yang jago ‘doodle’ ini selalu mampu menghadirkan suasana menghibur dalam komiknya. Di Instagram sendiri, Reza Mustar mampu menarik lebih dari 144 ribu followers. Tidak hanya suskes di Instagram, Azer juga diketahui juga telah sukses di penjualan merchandise.

  1. Gata Anjanaviadi (Tankhi)

Terakhir, komikus Instagram yang sukses dengan popularitas dan kekayaannya adalah Gata Anjanaviadi (Tankhi). Dengan menghadirkan karakter “Si Tankhi”, Gata mampu menciptakan komik yang lucu dan juga menghibur. Si Tankhi sendiri digambarkan dengan sosok anak kecil gemul yang selalu menggunakan popok dan ‘empeng’ ke mana-mana. Dengan kaos birunya, Si Tankhi suka bicara tidak nyambung, bersikap nyeleneh dan menyebalkan. Di Instagram sendiri, Si Tankhi memiliki nama @sitankhi dengan jumlah followers saat ini mencapai lebih dari 73,8 ribu followers. Sekarang, pria lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini pun telah meraih pencapaiannya dengan popularitas dan kekayaaan yang didapatkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top