Bisnis Online

Dunia E-Commerce Semakin Menggeliat, Ini 5 Jasa yang Bisa Anda Tawarkan

pekerjaan-bidang-ecommerce

pekerjaan-bidang-ecommerce/https://marketeers.com/

Dunia e-commerce saat ini memang sedang tumbuh dengan sangat pesat. Pertumbuhan e-commerce sendiri tidak hanya dapat dilihat dari peningkatan pengguna atau konsumennya. Tapi melihat dari sisi penjualnya, kita juga bisa melihat betapa sekarang banyak pebisnis yang mencoba peruntungannya di dunia online tersebut. Dari banyaknya para pengusaha yang menjual produknya di e-commerce ini, kemudian muncul beberapa pekerjaan yang bisa digarap. Sibuknya pengusaha untuk mengurus hal lain membuat mereka lantas membutuhkan orang yang bisa membantunya mengelola toko di e-commerce. Nah dari sini Anda yang sedang mencari pekerjaan tambahan, bisa menjadikan beberapa pekerjaan disektor e-commerce berikut sebagai peluang.

  1. Jasa Upload atau Input Produk

Pekerjaan pertama yang bisa Anda tawarkan pada para pemilik toko di-ecommerce adalah jasa upload atau input produk. Untuk menjual sesuatu di dunia online, seseorang memang harus melakukan input produk. Semakin banyak produk yang akan dijual tentu akan semakin banyak tenaga yang dibutuhkan untuk menginputnya. Nah dari sinilah maka kebanyakan pengusaha kemudian merasa tak punya waktu untuk melakukan kegiatan input produk tersebut. Sebagai solusinya, lantas mereka akan mencari orang yang bisa membantu melakukan input produk. Nah dari sini Anda yang memiliki banyak waktu dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa menawarkan diri untuk jasa input atau upload produk.

  1. Jasa Customer Service

Di e-commerce, pembeli memang bisa menghubungi penjual via chat. Nah dari sini maka dibutuhkan orang yang selalu aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan atau komplain dari pembeli. Karena pebisnis besar biasanya tidak punya waktu untuk membalas pertanyaan-pertanyaan dari pembeli, maka dari sini muncul peluang untuk Anda menawarkan jasa sebagai customer service. Apalagi melihat sistem e-commerce yang memungkinkan pembeli menilai produk yang telah dibeli, maka akan semakin penting peranan customer service di sini untuk merespon penilaian tersebut. Tentu sebagai customer service Anda perlu memiliki beberapa sikap dan ucapan yang baik dan ramah kepada setiap pembeli.

  1. Jasa Accounting

Berikutnya, pekerjaan dan jasa yang bisa Anda tawarkan untuk para pebisnis yang sedang membuka toko di e-commerce adalah jasa accounting. Meski berada dalam satu bisnis, tapi pembukuan usaha di toko online dan toko offline memang harus dipisahkan. Ini karena dari pembukuan yang berbeda ini, seorang pebisnis bisa melakukan analisis dan penilaian dari transaksi dan tingkat penjualan yang terjadi dimasing-masing toko. Dari sinilah maka muncul kebutuhan akan jasa accounting untuk toko-toko online yang dibangun para pebisnis. Mengapa pekerjaan ini bisa muncul? Pertama, karena owner atau pemilik pastinya juga tidak akan punya waktu untuk melakukannya. Kedua, kebutuhan akan acoounting khusus di toko online tidak bisa disamakan atau digabungkan dengan accounting di toko offline.

  1. Jasa Analist

Seperti halnya toko offline, Penjualan lewat toko online memang perlu dianalisis perkembangannya. Tumbuh atau tidaknya sebuah bisnis memang membutuhkan sebuah analisis yang mendalam. Analisis bisnis ini tentu tidak hanya mencakup tingkat penjualan saja, tapi analisis yang baik perlu dilakukan secara komprehensif atau menyeluruh disemua apsek. Beberapa aspek dari bisnis yang perlu dianalisis tersebut antara lain kualitas produk, strategi pemasaran hingga tingkat kepuasan konsumen. Dari sini Anda yang memiliki kemampuan analisis bisnis bisa menawakan jasa Anda tersebut kepada para pebisnis yang sedang membangun toko online di e-commerce.

  1. Jasa Reseller

Terakhir, jasa atau pekerjaan yang bisa Anda tawarkan ditengah menggeliatnya dunia e-commerce adalah reseller. Para pebisnis tentu akan sangat senang bila ada pihak yang menjual produknya lagi. Entah itu sebagai dropshipper atau reseller, bila penjualannya dilakukan dengan efektif, maka pebisnis tadi pasti akan senang. Nah dari sinilah maka Anda yang memiliki kemampuan menjual barang dengan baik, bisa menawarkan kemampuan Anda tersebut kepada para pebisnis yang sedang membangun toko online di e-commerce.

Itulah beberapa pekerjaan atau jasa yang bisa Anda tawarkan kepada para pebisnis yang sedang membangun toko digitalnya di e-commerce. Nah dari sini maka tak ada alasan untuk menunggu pekerjaan datang atau juga beralasan tidak bisa menambah uang tambahan. Dengan kemauan dan sedikit skill yang terus diasah maka Anda akan bisa mendapatkan pekerjaan atau juga menambah uang tambahan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: