Keuangan

Enaknya Bangun Rumah Sendiri Atau Beli Perumahan, Jika Gaji Cuma 5 Juta ?

Bagi siapapun rumah akan tetap menjadi tempat paling nyaman untuk bisa berkumpul bersama keluarga, sanak saudara, serta untuk melangsungkan kehidupan seseorang. Sekalipun tinggal sendiri akan sangat mustahil jika seseorang tidak membutuhkan rumah sebagai tempat untuk beristirahat atau menjaga privasi kehidupannya.

Saat ini ada banyak sekali pilihan untuk bisa memiliki rumah. Anda bisa membeli rumah, membuat rumah sendiri, atau anda juga bisa mengontrak. Semua pilihan tentunya tergantung pada diri dan kemapuan anda, namun jika anda telah berkeluarga, usahakan untuk menghindari kontrak rumah, mengapa demikian ? Karena ketika anda telah berkeluarga dan memiliki anak, anda tentunya harus bisa mengembangkan diri anda untuk memberikan kenyamanan yang lebih pada keluarga. Lalu bagaimana jika gaji hanya 5 juta ? Bisakah membeli rumah atau bangun rumah ?

Membangun Rumah Dengan Gaji 5 Juta ?

Semakin hari dan semakin tahun, tak bisa dipungkiri jika harga rumah, harga tanah dan harga bahan bangunan semakin mahal. Maka tak heran jika hal ini menimbulkan kegalauan besar bagi sebagian besar orang untuk memiliki rumah. Namun jika anda telah berniat untuk memiliki rumah, maka tidak ada yang tidak mungkin anda lakukan demi keluarga.

Banyak yang bilang jika manusia, seberapapun rezeki yang telah ia punya akan selalu merasa kurang puas. Maka dari itu, hilangkan sifat seperti itu dan mulailah untuk memksimalkan rezeki yang anda miliki. Gaji 5 juga bukanlah nilai yang cukup besar jika kita bandingkan dengan gaji para pengusaha yang memiliki banyak perusahaan, namun juga tidak terlalu kecil jika dibandingkan dengan gaji tukang becak, sehingga anda harus menyukuri nilai tersebut untuk bisa memiliki rumah impian.

Nah, untuk kali ini mari kita membahas bagaimana cara membangun rumah dengan gaji 5 juta. Jika anda memutuskan membangun rumah sendiri, pastinya anda harus memiliki tanah terlebih dahulu. Saat ini harga jual tanah sangat fantastis. Misalkan saja dalam sebulan anda bisa menyisihkan tabungan sebesar Rp 2 juta, dan selama setahun sebesar Rp 24 juta, maka nilai tersebut tidak akan cukup untuk membeli rumah. Kecuali, jika anda menabung selama 4-5 tahun. Ingat, ini hanya biaya soal tanah, belum termasuk material dan biaya pekerja bangunan. Jika anda termasuk keluarga muda yang masih memiliki satu anak dengan kebutuhan yang belum terlalu banyak, atau anda juga termasuk keluarga yang tidak terlalu terburu-buru memiliki rumah, maka membangun rumah bisa menjadi pilihan anda. Ketika anda telah berhasil membeli rumah, dan anda bisa menyisihkan uang tabungan secara continue setiap bulan, maka anda bisa mulai membangun rumah. Tidak perlu langsung jadi, anda juga bisa memerbaiki kekurangan ketika uang tabungan selanjutnya telah terkumpul. Namun akan berbeda jadinya, jika anda termasuk orang yang tak mau repot dan lebih memilih memiliki rumah secara instan.

Membeli Rumah Dengan Gaji 5 Juta ?

membeli rumah di KPR biasanya juga menjadi pilihan jitu bagi mereka yang ingin memiliki rumah secara instan, dan cara cepat. namun tahukan anda jika banyak orang yang gagal memiliki rumah dengan cara ini karena suatu sebab ? perlu diketahui jika untuk memiliki rumah di KPR ada banyak sekali syarat dan dokumen yang harus di penuhi oleh pembeli. biasanya kendala utama yang sering dialami adalah besarnya gaji yang belum memenuhi. maka dari itu, berikut beberapa hal yang harus anda persiakan sebelum membeli rumah di KPR.

  1. Menabung

Baik membangun rumah sendiri atau membeli rumah secara di kpr menabung tetap menjadi hal yang harus dilakukan. Ingat, membeli rumah di KPR anda akan dikenakan sejumlah uang muka dan biaya administrasi yang tidak sedikit. Jika anda memiliki tabungan jauh-jauh hari, maka impian memiliki rumah idaman ada didepan mata. Bayangkan jika gaji anda Rp 5 juta, dan anda mampu menabung sebesar 2 juta perbulan, maka tidak sampai setahun anda sudah bisa memiliki rumah idaman.

  1. Beli Rumah Sesuai Kebutuhan Dan Kemampuan

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah belilah rumah sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jangan mengikuti tren memiliki rumah mewah karena jika pemasukan anda tidak mencukupi maka kpr juga akan menolak. Atau jikaun kpr menyetujui namun gaji tidak mencukupi, maka anda akan kewalahan dalam membayar cicilan.

  1. Cari KPR Bunga Rendah

Jika gaji anda pas-pasan, pilihlah kpr yang menawarkan bunga rendah. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi biaya.

  1. Pilih Cicilan Sesuai Kemampuan

Sama seerti cicilan kendaraan, biasanya KPR juga akan menawarkan kepada anda berapa lama anda ingin menyelesaikan cicilan rumah. Semakin lama jangka waktu yang anda ambil, semakin sedikit biaya perbulan yang harus anda keluarkan, namun disisi lain jika ditotal biaya keseluruhan akan tetap lebih mahal. Begitupun sebaliknya.

Bagaimana, sudahkah anda memutuskan membangun rumah atau membeli rumah ?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top