Keuangan

Ingin Ajari Anak Mengelola Uang dan Bertanggung Jawab? Terapkan 5 Tips Berikut

tips-ajari-anak-mengelola-uang

anak menabung uang/https://redtri.com/

Untuk membuat anak bisa bertanggung jawab akan keuangannya, maka peran orangtua dalam melatih pengelolaannya memang sangat penting. Sedari kecil, anak-anak memang perlu dididik mengelola keuangannya dengan baik. Sebab bila anak-anak sudah terlatih dalam mengelola keuangan sedari kecil maka mereka akan bisa lebih sukses dalam menyongsong masa depan finansialnya. Menurut penulis buku Get a Financial Life Beth Kobliner, menyatakan bahwa anak usia 3 tahun sudah bisa mulai dilatih mengelola uang karena mereka sudah memahami konsep dasar keuangan seperti membelanjakan uang serta menabung. Tapi bagaimana kiat dan trik untuk mengajari anak dalam mengelola dan bertanggung jawab atas keuangannya. Berikut informasinya.

  1. Mengajak Menabung di Celengan Transparan

Tips pertama mengajari anak mengelola dan bertanggung jawab atas uangnya adalah dengan mengajak mereka menabung di celengan transparan. Dengan jumlah yang tidak terlalu besar yang didapatkan anak maka celengan memang dinilai efektif untuk mulai mengajari anak mengelola uangnya. Sementara itu untuk penggunaan celengan transparan akan membuat pengaruh positif pada kegiatan anak menabung. Pasalnya dengan celengan transparan atau bening maka anak akan lebih bersemangat dalam menabung. Sebab dari celengan transparan ini anak akan mengetahui bahwa uang yang dikumpulkan semakin bertambah banyak setiap harinya.

  1. Contohkan Langsung

Untuk mengajari anak mengelola uang maka Anda sebagai orangtua juga harus memberi contoh. Contoh dari orangtua ini akan membuat anak lebih mudah menjalankan pengelolaan uangnya. Selain mencontohkan menabung, Anda juga bisa memberi contoh kepada anak dengan cara mengajak mereka berbelanja dan biarkan mereka melihat Anda bertransaksi dengan kasir. Sesekali waktu biarkan anak Anda yang membayar barang-barang belanjaan Anda. Bila ada kembalian maka biarkan juga anak yang menerimanya. Dengan pengalaman ini maka anak akan mengerti adanya fungsi atau kegunaan uang.

  1. Beri Pemahaman Bahwa Barang Membutuhkan Uang

Berikutnya, tips mengajari anak mengelola dan bertanggung jawab dengan uangnya adalah dengan memberikan pemahaman bahwa barang yang diinginkan membutuhkan uang. Seorang anak pastinya memiliki keinginan pada suatu barang. Nah ketika anak meminta sesuatu pada Anda sebagai orangtua maka Anda bisa mengatakan bahwa barang tersebut harus ditukar dengan beberapa lembar uangnya di celengan. Dari sini minta anak untuk mengambil uang di celengannya dan kemudian mengajak mereka ke toko untuk membeli barang yang diinginkan tersebut. Dengan cara ini maka anak akan mengatetahui bahwa sesuatu yang diinginkan butuh pengorbanan uang tabungan yang harus diberikan pada orang lain.

  1. Melatih Anak untuk Mengambil Keputusan

Anak yang dilatih untuk mengambil keputusan sendiri akan lebih cepat memahami konsep dasar sebab-akibat. Dari sini mereka akan lebih mudah untuk bertanggung jawa atas setiap apa yang dilakukannya. Berkaitan dengan pengelolaan uang maka Anda harus mengajari anak untuk mengambil keputusannya sendiri. Jadi misalnya mereka menginginkan barang tertentu, maka pastikan anak untuk mengambil keputusan sendiri untuk membelinya dengan risiko uang tabungannya berkurang atau menahan diri untuk membeli barang yang lebih bagus di hari mendatang.

  1. Terapkan Sistem Penjatahan

Terakhir, tips mengajari anak mengelola dan bertanggung jawab dengan uangnya adalah dengan menerapkan sistem penjatahan. Penjatahan uang dalam periode waktu tertentu untuk anak memang dapat membuat mereka bisa bertanggung jawab dengan uangnya. Sebab bila mereka menghabiskan uang jatahnya sebelum waktunya maka mereka harus menanggung risiko tidak lagi bisa membeli sesuatu yang diinginkan. Jadi dari sistem penjatahan ini maka anak akan bersikap berhati-hati dalam membelajakan uangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top