Tips

Ingin Berhaji? Jalankan 5 Tips Persiapannya Berikut Ini

persiapan-ibadah-haji

tips persiapan ibadah haji/https://mediaindonesia.com/

Meskipun selama dua tahun belakangan ini pemerintah Saudi Arabia masih membatasi jemaah haji hanya untuk ekspatriat karena pandemi, namun ke depannya haji akan berjalan seperti biasanya. Dari sinilah maka mempersiapkan haji tetap harus dilakukan agar saat tiba waktunya, Anda bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik. Lalu bagaimana cara mempersiapkan ibadah haji tersebut? Berikut ada lima tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Konsultasikan Tentang Kebutuhan dan Jumlah Total Biaya Haji

Tips pertama adalah melakukan konsultasi mengenai kebutuhan dan jumlah total biaya haji. Biaya haji sendiri jumlahnya cukup besar dan setiap tahunnya bisa mengalami kenaikan. Dari sinilah maka Anda perlu mengetahui besaran biaya haji agar Anda bisa mempersiapkan anggarannya. Bila Anda merasa bingung untuk mempersiapkan anggarannya, Anda bisa melalukan diskusi atau konsultasi dengan keluarga, kerabat atau juga dengan ahli perencana keuangan.

  1. Tentukan Sumber Dana

Selanjutnya, Anda bisa menentukan sumber dana atau anggaran yang akan disiapkan untuk biaya ibadah haji. Sumber dana untuk ibadah haji ini bisa Anda siapkan dari beberapa jenis investasi yaitu :

Tabungan berjangka yaitu tabungan yang dialokasikan untuk tujuan tertentu seperti haji dan hanya bisa mengambilnya pada tanggal yang sudah ditentukan. Di beberapa bank di Indonesia, sudah banyak program tabungan haji yang dihadirkan. Dari sini Anda tinggal menentukan besaran uang yang akan ditabung setiap bulannya untuk tabungan haji ini.

Investasi emas. Dengan investasi emas ini Anda akan terhindar dari inflasi sehingga nilai uangnya akan lebih aman. Sementara itu return atau hasil keuntungannya bisa cukup besar bila Anda menjadikannya sebagai investasi jangka panjang.

Menabung uang asing. Melalui sumber investasi ini maka Anda bisa mengantisipiasi berbagai risiko seperti penurunan nilai rupiah. Menabung uang asing juga membuatmu terhindar dari pemakaian tabungan untuk keperluan lain karena ketika akan dipakai, uang asing ini harus ditukarkan dulu ke dalam rupiah.

Reksa dana. Keunggulan reksa dana adalah Anda akan terbantu oleh Manajer Investasi ketika menjalankannya. Dengan konsisten menabung, maka peluangmu meraih keuntungan untuk dijadikan sebagai anggaran berhaji bisa tercapai.

  1. Siapkan Biaya Pelunasan

Anda yang sudah mendaftar ibadah haji memang perlu mempersiapkan biaya pelunasannya dengan baik. Perlu diperhatikan juga bahwa beberapa faktor eksternal dalam pelunasannya, seperti kenaikan inflasi dan suku bunga yang akhirnya selisih biaya tahun ini dan beberapa tahun mendatang akan berbeda. Maka dari sini Anda  perlu memikirkan dan menghitung estimasi kenaikan biaya haji tersebut.

  1. Persiapkan Juga Biaya Lainnya

Selain biaya keberangkatan haji, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa biaya lain yang sangat mungkin muncul dalam kegiatan ibadah haji. Sebut saja biaya lain tersebut yaitu :

  • Biaya membeli perlengkapan pribadi selama berhaji harus kamu perhitungkan secara matang. Misalnya alat ibadah, krim wajah, tas, dan lainnya.
  • Walimatus safar atau syukuran saat sebelum atau setelah pemberangkatan.
  • Oleh-oleh atau buah tangan sepulang haji.

 

  1. Komitmen dalam Menyiapkan Dana Ibadah Haji

Terakhir, tips mempersiapkan dana untuk ibadah haji adalah dengan komitmen dalam melakukannya. Bila Anda memang memiliki niat yang serius untuk pergi ke tanah suci, maka komitmen harus selalu dipegang dan tidak boleh dilanggar. Dalam hal ini Anda harus benar-benar rutin melakukan tips di atas. Pasalnya jika Anda tidak memiliki komitmen maka seperti yang terjadi pada beberapa kasus, dana haji yang diharapkan tidak akan terkumpul. Dari sini maka harapan untuk pergi berhaji ke tanah suci hanyalah tinggal kenangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top