Tips

Ingin Berhasil di Cloud Kitchen? Lakukan 6 Langkah Ini Pada Bisnis Kulinermu

strategi-sukses-cloud-kitchen

strategi sukses cloud kitchen/https://techcrunch.com/

Memasarkan produk kuliner melalui platform digital seperti GoFood atau GrabFood saat ini memang memang telah menjadi pilihan banyak pebisnis. Meningkatnya permintaan pada pembelian secara online di masa pandemi seperti sekarang memang membuatmu perlu mendigitalisasi bisnis. Tapi meski sudah mendaftar sebagai cloud kitchen yang merupakan bagian dari layanan aplikasi pesan-antar, kamu tetap perlu berusaha atau berjuang untuk membuat strategi ini berhasil. Tapi bagaimana cara untuk membuat strategi cloud kitchen ini berhasil? Berikut beberapa langkah yang disarankan oleh Everplate Kitchens untuk menjadikan strategi bisnis ini berjalan sukses.

  1. Exposure Melalui Berbagai Platform Penjualan dan Media Sosial

Langkah pertama yang harus dilakukan para pebisnis kuliner yang menjalankan pemasaran cloud kitchen yakni melakukan exposure melalui berbagai platform dan media sosial. Maksudnya di sini adalah menurut Everplate Kitchens kamu diharapkan mendaftarkan diri ke beberapa platform penjualan online. Jadi jangan hanya mengandalkan satu platform saja. Semakin banyak kamu mendaftar bisnis kulinermu di berbagai platform maka akan semakin besar peluangmu untuk meraih sukses.

  1. Mengoptimalkan Profil di Aplikasi Layanan Pesan-Antar

Untuk bisa membuat pembeli terkesan dengan toko Anda di cloud kitchen maka kamu tak boleh membiarkan tampilan profil pada akun begitu saja tanpa pengaturan. Menurut Everplate Kitchens, profil restoran di sebuah platform memang bisa mempengaruhi peminatan dari konsumen. Semakin baik kamu mengatur tampilan profil di halaman platform maka akan semakin besar konversi pembelian dari konsumen. Beberapa komponen pada profil platform yang perlu diperhatikan yakni kualitas foto, kategori yang relevan, kualitas hero banner serta segmentasi menu dan lainnya.

  1. Meningkatkan Rating Restoran

Berikutnya, langkah untuk membuat strategi marketing di cloud kitchen ini berhasil adalah dengan meningkatkan rating restoran. Di hampir setiap platform penjualan, rating toko atau restoran memang akan menjadi pusat perhatian konsumen. Rating sendiri merupakan wujud penilaian yang diberikan konsumen yang telah membeli produk sebuah resto. Bila kamu mampu menghadirkan rating yang baik untuk restomu maka akan banyak order yang masuk. Rating yang disarankan oleh Everplate Kitchens sendiri untuk bisa menjaga reputasi resto dan mensukseskan strategi ini yakni di atas 4.5. Jadi berusahalah sebisa mungkin agar kamu dapat memperoleh rating tersebut.

  1. Inisiatif Untuk Mengoptimalkan Produktivitas dan Efisiensi Dapur

Agar lebih menguntungkan, sebuah bisnis memang perlu menjalankan program efisiensi dan produktivitas. Hal ini sendiri juga berlaku untuk bisnis kuliner yang dijalankan di cloud kitchen. Efisiensi di cloud kitchen sendiri bisa dilakukan dengan menghemat tenaga kerja dan juga tempat. Supaya mampu menunjang produktivitas dalam dapur, kamu juga perlu membuat lebih dari satu brand. Dari sini kamu bisa memperoleh pendapatan yang lebih dengan biaya awal dan operasional tetap sama. Menarik bukan!.

  1. Retensi Pelanggan atau Customer Feedback

Kesan dari pelanggan tidak hanya bisa dilihat dari rating. Tapi kamu tak boleh hanya mengejar rating saja. Untuk membuat restomu di cloud kitchen terus diminati pelanggan, pastikan untuk memikiki kesan yang baik pada restomu. Untuk itu kamu pelru menjalin retensi dengan customer. Caranya hadirkan layanan serta feedback pada setiap order yang dilakukan konsumen. Bila platform tidak menghadirkan cara berkomunikasi dengan konsumen, kamu bisa berkomunikasi melalui paket yang akan diantar ojol. Jadi berikanlah kartu tanda terimakasih atas order customer pada paket yang akan dikirim. Dari sinilah maka konsumen akan merasa di perhatikan dan kamu pun berpeluang besar meraih sukses di cloud kitchen.

  1. Daftar untuk Kampanye Nasional

Terakhir, langkah untuk mencapai keberhasilan pada cloud kitchen yaitu mendaftar pada kampanye nasioonal. Bila platform sedang mengadakan promo kampanye, maka cobalah sesekali untuk mengikutinya. Meski kamu mungkin harus berkorban sesuatu namun cara ini bisa membuat restomu cepat dikenal publik. Nah ketika restomu sudah banyak dikenal publik, maka peluangmu untuk sukses di cloud kitchen pun akan semakin terbuka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top