Lainnya

Ingin Bisnis Sesukses Starbucks Coffee? Ini Pelajaran Bisnis yang Harus Kamu Ambil

 

starbucks coffee

Mendengar nama Starbucks Coffee, tentu kita tak asing lagi mengenalnya. Kedai kopi yang telah tersebar di 65 negara dengan lebih dari 21.000 outlet ini memang begitu ternama.  Setiap kali kita berjalan di pusat perbelanjaan (mall), maka hampir bisa dipastikan di sana akan ada Starbucks Coffee. Mengapa bisa bisnis kedai kopi yang berdiri pada tahun 1971 mendunia? Ternyata jika kita telusuri lebih dalam maka kita akan mendapati beberapa prinsip bisnis penting yang dijalankan oleh Starbucks Coffee. Nah, Anda yang sedang menjalankan bisnis dan ingin suskes seperti Starbucks Coffee, maka beberapa pelajaran bisnis dari kedai kopi asal Amerika ini bisa Anda terapkan. Berikut ulasannya.

  1. Mengedepankan Misi

Pertama, pelajaran bisnis dari Starbucks Coffee yang dapat Anda ambil dan terapkan adalah mengedepan misi. Misi dari Starbucks Coffee sendiri adalah memberikan inspirasi dan menumbuhkan semangat manusia dengan satu cangkir, satu orang dan satu lingkungan setiap waktunya. Misi inilah yang selalu diterapkan oleh Starbucks Coffee untuk bisa terus menumbuhkan dan mengembangkan bisnisnya. Dari misi inilah maka Starbucks Coffee kemudian dikenal sebagai tempat rileksasi dan bersantai setelah seharian bekerja.

  1. Menanyakan Sesuatu Kepada Pelanggan

Dalam sebuah bisnis, mengetahui keinginan dari konsumen merupakan sesuatu yang sangat penting. Pasalnya dari hal tersebut, pebisnis bisa mengetahui apa yang harus diperbuat guna meningkatkan penjualan. Nah di Starbucks Coffee, Anda akan mendapati bagaimana perusahaan asal Amerika ini begitu concern dengan keingintahuan para pelanggannya. Buktinya ketika ke Starbucks Coffee, kita akan disapa oleh pelayannya dengan sapaan “Apa yang Anda cari?”. Nah inilah yang selalu menjadi ciri khas dari bisnis Starbucks Coffee.

  1. Mengenal Baik Pelanggan dan Karyawan

Bagi Starbucks Coffee, karyawan dan pelanggan adalah dua bagian bisnis yang sangat penting. Karena pentingnya peran meraka, Starbucks Coffee selalu memperhatikan mereka. Kepedulian Starbucks Coffee pada karyawan dan pelanggan sendiri terlihat dari bagaimana perusahaan selalu ingin mengenal lebih jauh para karyawan dan pelanggannya. Jadi setiap karyawan yang masuk dan bergabung, perusahaan selalu ingin mengenal lebih jauh mereka. Pun dengan para pelanggan yang datang, pihak Starbucks Coffee selalu menyapa dan ingin mengajak bicara.

  1. Terus Berinovasi

Meski bukan tergolong bisnis dibidang tekno, Starbucks Coffee tidak meremehkan soal inovasi. Inovasi bisnis dianggap Starbucks Coffee sebagai hal yang penting untuk dilakukan. Bukti bahwa inovasi telah dilakukan Starbucks Coffee adalah pada tahun 2010 dimana mereka menghadirkan fasilitas wi-fi gratis di kedainya. Selain hadir di media sosial, inovasi Starbucks Coffee bisa kita lihat dari layanan mereka untuk membuat kopi di rumah pelanggan. Terakhir, Starbucks Coffee menghadirkan pembayaran melalui aplikasi iPhone.

  1. Melakukan Apa yang Perusahaan Lain Tidak Lakukan

Untuk menjadi bisnis yang spesial, Starbucks Coffee selalu ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda. Dengan melakukan hal berbeda yang tidak dilakukan perusahaan lain, Starbucks Coffee pun menjadi bisnis yang sulit untuk dikalahkan. Contoh hal yang dilakukan Starbucks Coffee dan tidak dilakukan perusahaan lain adalah melakukan pemasaran yang terbilang massif dengan membuka kedai atau gerai di hampir setiap pusat perbelanjaan atau mall.

  1. Melatih Tanggung jawab Karyawan

Kesuksesan bisnis Starbucks Coffee juga tak bisa dilupakan dari peran karyawannnya yang selalu bertanggung jawab. Namun mental tanggung jawab yang dimilki karyawan Starbucks Coffee ini tidak lahir dengan sendirinya. Tapi saat karyawan masuk, mereka akan selalu dilatih oleh pihak perusahaan untuk selalu memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya, terutama dalam hal pelayanan kepada konsumen.

  1. Tetap Konsisten

Terakhir, pelajaran bisnis yang bisa Anda ambil dari kesuksesan bisnis Starbucks Coffee adalah konsistensi. Untuk mencapai sukses maka memang dibutuhkan konsistensi. Konsistensi adalah usaha terus-menerus yang dilakukan hingga mencapai sukses. Dari usaha penuh konsistensi yang dilakukan oleh Starbucks Coffee ini kemudian membuat bisnis ini selalu mampu mengatasi segala permasalahan yang datang hingga bertahan selama 47 tahun sampai sekarang.

Inilah beberapa kunci sukses dari bisnis Starbucks Coffee yang bisa Anda ambil sebagai pelajaran. Ingat juga untuk melakukan beberapa kunci sukses bisnis Starbucks Coffee di atas dengan sungguh-sungguh agar apa yang Anda impikan kemudian tercapai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top