StartUp dan UKM

Ingin Bisnis Terus Eksis dan Langgeng? Jalankan 5 Trik Jitu Ini!

bisnis-eksis

Bisnis yang eksis dan tahan lama memang akan sangat didamba oleh para entrepreneur. Sebab dengan eksistensi terbebut, pebisnis bisa terus mendapatkan keuntungan atau laba serta juga dapat mengembakan perusahaan. Namun untuk membuat bisnis terus eksis tidak semudah dibayangkan. Perlu perjuangan dan kerja keras sehingga bisnis tetap bertahan. Nah untuk Anda para pebisnis yang ingin menjadikan usaha tetap eksis dan langgeng, berikut ini ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Simak saja ulasannya di bawah ini.

  1. Belajar Terus

Pertama, trik jitu untuk membuat bisnis tetap eksis dan langgeng adalah belajar terus-menerus. Dunia bisnis yang tersu berkembang memang membuat pebisnis harus terus memperbarui wawasan dan pengetahuannya. Dan satu-satunya cara agar Anda terus menambah wawasan adalah dengan belajar. Walau bisnis Anda terbilang sudah berada pada jalur sukses, bukan berarti Anda lantas tidak membutuhkan proses pembelajaran lagi. Sebab pebisnis yang tidak mau belajar lama-lama mereka akan tergerus zaman dan akhirnya terpuruk. Tidak sedikit contoh bisnis terpuruk yang bisa dijadikan contoh karena pengusahanya tidak mau belajar. Sebut saja beberapa bisnis berbasis offline yang gulung tikar karena tidak mau belajar tentang pemasaran online yang semakin merajalela.

  1. Tingkatkan Networking

Pebisnis memang sudah seharusnya memiliki jaringan atau networking yang luas. Dengan adanya relasi atau networking ini, Anda sebagai pebisnis memang akan mendapat banyak manfaat. Selain bisa saling belajar, dengan adanya networking maka Anda akan bisa saling mendukung untuk mengembangkan bisnis. Dari sinilah maka bila Anda mendapati masalah yang bisa membahayakan bisnis maka dengan adanya networking maka keadaan runyam tersebut akan bisa diselesaikan karena adanya dukungan dari jaringan bisnis Anda tersebut. Bila Anda dan relasi bisnis memang sudah lama bermitra maka mereka pastinya akan kesulitan bila bisnis Anda terganggu. Maka dari itu ketika Anda meminta bantuan pada networking maka mereka akan siap sedia membantu Anda. Dari bantuan dari networking inilah maka bisnis Anda akan selalu bisa eksis dan langgeng. Untuk bisa meningkatkan networking ini ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti ikut komunitas bisnis, ikut gathering, ikut seminar bisnis, mengikuti talkshow dan juga sharing session.

  1. Solid dengan Tim dan Karyawan

Berikutnya, trik jitu untuk bisa membuat bisnis terus eksis dan langgeng adalah dengan mempersolid tim dan karyawan. Kekompakan semua karyawan dan divisi atau tim dalam perusahaan memang akan sangat berarti. Sebab dengan kekompakan dan soliditas semua karyawan dan divisi maka akan membuat perusahaan semakin kuat. Bila perusahaan semakin kuat maka kemungkinan bisnis bobrok atau gulung tikar akan bisa diatasi dengan baik. Dari sinilah maka dengan kekompakan dan soliditas karyawan ini akan membuat bisnis Anda akan bisa terus eksis dan langgeng.

  1. Jalankan Pemasaran yang Menjangkau Pasar Potensial

Bisnis yang tidak bisa menjangkau pasar atau konsumen yang potensial memang akan sulit untuk bertahan lama. Untuk bisa menjangkau pasar yang potensial ini sendiri dibutuhkan pemasaran yang optimal. Dan salah satu wujud pemasaran optimal yang bisa Anda jalankan adalah dengan menerapkan strategi marketing online. Marketing online yang saat ini sedang marak memang bisa membuat Anda bisa menjangkau pasar potensial. Ini karena marketing online memiliki banyak teknik seperti tag atau SEO (Search Engine Optimization) yang bisa langsung mengarahkan pemasaran pada pasar potensial. Dari strategi inilah maka bisnis Anda pun akan bisa terus eksis dalam perjalanan waktu.

  1. Pelajari Kompetitor

Terakhir, trik jitu untuk membuat bisnis tetap eksis adalah dengan mempelajari kompetitor. Salah satu hal yang membuat bisnis mengalami kegagalan adalah ketidaksanggupan bisnis bersaing dengan kompetitor. Maka dari itu Anda yang ingin bisnis tetap eksis maka persaingan dengan kompetitor ini harus bisa Anda atasi. Untuk bisa mengatasi dan memenangkan persaingan dengan kompetitor ini maka Anda dapat mempelajari kompetitor. Dengan mempelajari kompetitor ini maka Anda memang bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pesaing Anda. Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaing maka Anda pun bisa menyusun strategi untuk memenangkan persaingan dan membuat bisnis jadi tetap eksis dan langgeng.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top