Tips

Ingin Dapatkan Basis Pelanggan? Jalankan 5 Kiat dari Agit Bambang Suswanto Ini

agit_bambang_suswanto

agit bambang suswanto/https://www.marketeers.com/

Mendapatkan dan mempertahankan basis pelanggan tentu bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi bila menilik masa pandemi seperti sekarang. Tapi apapun itu dan siapapun kamu, semua pebisnis punya kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan basis pelanggan bila ada kemauan dan kesungguhan. Agit Bambang Suswanto sebagai owner Amble Footwear telah membuktikan bahwa mendapatkan basis pelanggan bisa dicapai dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Bikin Produk Anti-Mainstream

Tips pertama dapatkan basis pelanggan dari Agit adalah dengan membuat produk anti-mainstream. Sepatu kulit buatan Agit dengan brand Amble Footwear ini memang unik dan menarik. Sebab bila biasanya kita mendapati sepatu kulit yang berkesan “kebapak-bakapan”, maka Agit mengubah produk sepatu kulitnya dengan kesan anak muda dan senyaman sneakers. Dari sinilah kemudian Agit mampu menarik banyak pelanggan dalam bisnisnya.

“Makanya bisa jadi pilihan anak-anak muda. Karena kita berpikir gimana caranya bikin sepatu kulit senyaman sneakers, Mengubah sepatu kulit bukan seperti pantofel yang dipakai bapak-bapak kondangan, tapi dipakai anak muda,” kata Agit.

  1. Kumpulkan Testimoni

Testimoni dari konsumen atau pelanggan bagi Agit memang sesuatu yang sangat penting. Setiap testimoni yang didapat Agit selalu dikumpulkan untuk dipajang di akun-akun sosial media Amble Footwear. Menurut Agit, dari testimon inilah dirinya bisa mendapatkan basis konsumen hingga produknya diminati pasar mancanegara.

“Saat saya buat lebih banyak (produk), challenging-nya (tantangannya) adalah saya harus bisa meningkatkan demand-nya. Waktu itu yang pertama kali saya lakukan adalah saya kumpulkan dari testimoni orang beli,” ujar Agit.

  1. Tampilkan Foto Menarik

Berikutnya, kiat mendapatkan basis pelanggan menurut Agit adalah dengan menampilkan foto yang menarik. Foto yang bagus memang dapat membuat publik tertarik membeli. Maka dari itu di zaman pemasaran digital seperti sekarang, penggunaan foto tidak boleh sembarangan. Sebab kelemahan marketing online dimana pembeli tidak bisa melihat dan merasakan langsung produk bisa diganti dengan postingan foto yang bagus. Begitu pentingnya foto produk bahkan membuat Agit sendiri harus menjalin kerjasama dengan mahasiswa di jurusan desain komunikasi visual.

“Saya pelajari dari brand-brand luar, untuk bisa memberi visual foto produk (yang bagus) sampai seperti apa, sih? Saya dibantu teman juga yang kuliahnya di desain komunikasi visual,” jelas Agit

  1. Tetapkan Harga Produk

Harga memang akan selalu menjadi sesuatu yang sensitif bagi konsumen. Apalagi bila target pasar yang ditetapkan adalah kalangan yang belum mapan seperti anak-anak muda. Agit sendiri paham betul bahwa target pasarnya di kalangan muda membuat dirinya tidak bisa sembarangan mematok harga. Maka dari itu muncullah banderol Amble Footwear yang affordable atau ramah kantong.

“Waktu itu kita paham brand Amble belum dikenal, makanya kasih harga yang affordable. Kalau orang beli sepatu Dockmart (merek luar negeri) itu mahal, kita harganya cuma 25 persen dari itu,” sebut Agit.

  1. Beri Garansi

Terakhir, kiat mendapatkan basis pelanggan dari Agit selaku owner Amble Footwear adalah dengan memberikan garansi. Konsumen memang akan lebih tenang dan senang bila ada garansi. Apalagi bila produk yang dibelinya secara online dan membuat kekhawatiran saat diterima di rumah. Nah dari sinilah Agit kemudian memberikan garansi pada produknya dengan tujuan agar pelanggan merasa membeli sepatu di UMKM sama seperti membeli sepatu di pusat perbelanjaan. Garansi yang diberikan adalah bila sepatu yang dibeli kekecilan atau kebesaran maka selama stok masih ada akan ada garansi penggantian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top