Tips

Ingin Dapatkan Ide Kreatif? Lakukan Teknik Brainstorming Bermanfaat Berikut Ini

tips-jalankan-brainstorming

tips jalankan brainstorming/https://nabpilot.org/

Ide merupakan salah satu hal yang bisa memicu terobosan dan menghadirkan solusi dari sebuah permasalahan. Dari sinilah maka menghadirkan ide-ide kreatif sangat penting bagi siapa pun termasuk bisnis yang ingin berkembang. Begitu pentingnya ide kreatif di masa sekarang terlihat dari semakin banyaknya perusahaan yang menghadirkan tim kreatif tersendiri. Namun untuk bisa mendapatkan ide kreatif ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu beberapa strategi dan cara yang perlu dilakukan termasuk salah satunya yaitu menjalankan teknik brainstorming. Lalu seperti apa teknik brainstorming itu? Berikut ulasannya.

Definisi Brainstorming

Brainstorming ini adalah sebuah teknik atau cara untuk menghadirkan ide atau beberapa ide dan menciptakan solusi dari berbagai masalah yang muncul. Dalam melakukan brainstorming ini maka otak akan dirangsang untuk berpikir secara logis, spontan, dan kreatif. Untuk menjalankan teknik ini, Anda bisa melakukannya secara individu atau berkelompok dalam satu tim.

Aturan Brainstorming

Namun untuk sukses menjalankan brainstorming, pencetusnya yakni Alex Osborn merancang empat aturan untuk meningkatkan kreativitas, yaitu:

  1. Tidak adanya kritik pada setiap ide yang dilontarkan
  2. Semakin banyak ide maka akan semakin baik
  3. Bangun ide satu sama lain
  4. Dorong munculnya ide-ide liar

Tips Jalankan Brainstorming

Supaya brainstorming yang dijalankan berjalan efektif maka perlu diterapkan beberapa tips yaitu :

  1. Tetapkan Tujuan

Pertama, Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas. Sebab tanpa tujuan yang jelas maka proses brainstorming akan berjalan tanpa arah. Maka saat akan menjalankan brainstorming, tanyakan apa masalah yang ingin diselesaikan. Dari sinilah maka setiap peserta akan memiliki pandangan yang sama pada tujuan brainstorming yang dijalankan.

  1. Hindari Terlalu Banyak Kepala

Walau dalam praktiknya brainstorming ini bisa dijalankan secara berkelompok, namun sebaiknya Anda membatasi jumlah peserta. Pasalnya semakin banyak orang yang ikut dalam brainstorming maka akan semakin tidak efektif. Batasi dan pilih saja jumlah peserta brainstorming ini antara 5-8  orang yang tepat.

  1. Berikan Waktu Bagi Peserta untuk Memikirkan Ide

Berikutnya, tips menjalankan brainstorming adalah memberikan waktu bagi peserta untuk memikirkan ide. Dengan memberikan waktu maka setiap peserta akan memiliki ide masing-masing yang akan dipresentasikan nanti. Dari sini maka sesi brainstorming pun akan berjalan  lebih produktif karena banyaknya gagasan atau ide yang muncul.

  1. Petakan ide

Setelah itu Anda bisa mencatat beberapa ide yang muncul dalam sesi diskusi. Ide-ide ini kemudian bisa kamu petakan ke dalam dalam kerangka berpikir mind map. Buat gambaran atas pokok-pokok ide yang muncul selama brainstorming berlangsung. Dari mind map inilah maka Anda dan tim akan bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan utuh pada solusi yang nantinya akan diambil untuk menyelesaikan masalah.

  1. Ciptakan Ruang Diskusi yang Ramah dan Terbuka

Terakhir, tips untuk jalankan teknik brainstorming yang efektif adalah dengan menciptakan ruang dskusi yang ramah dan terbuka. Untuk menghadirkan beragam ide terbaik maka Anda memang perlu menghadirkan ruang diskusi yang terbuka dan ramah. Ruang diskusi seperti ini memang penting untuk membuat setiap peserta mampu untuk berpikir kreatif. Saat para peserta tidak tertekan dan merasa nyaman dalam diskusi, maka akan muncul beragam ide-ide kreatif hingga mampu menyelesaikan permasalahan.

Itulah beberapa tips dan teknik untuk lakukan brainstorming yang baik dan bermanfaat. Dari sinilah maka Anda yang memang ingin mendapatkan ide-ide segar dan solutif dalam memecahkan permasalahan di perusahaan, bisa menjadikan panduan di atas sebagai acuannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top