Lainnya

Ingin Hidup Sukses? Jadikan 6 Filosofi Hidup BJ Habibie Ini Sebagai Inspirasimu

bj-habibie

Untuk mencapai sukses, memang ada banyak hal yang perlu diperjuangkan dengan usaha ekstra keras. Ini berlaku untuk semuanya, termasuk Mantan presiden Republik Indonesia yang ke-4, Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini memang dikenal sebagai orang yang telah meraih kesuksesan. Untuk meraih suskes, pria insinyur lulusan ITB ini memiliki filosofi hidup yang selalu dipegang erat. Nah, berikut ini beberapa filosofi hidup BJ Habibie yang bisa Anda jadikan inspirasimu untuk meraih sukses.

  1. Terus Kerjarlah Mimpi dengan Sungguh-sungguh

Filosofi hidup pertama dari BJ Habibie adalah terus mengejar mimpi dengan sungguh-sungguh. Untuk meraih sukses, sebuah mimpi besar memang diperlukan untuk motivasi. Nah setelah memiliki mimpi besar maka tugas Anda berikutnya adalah mengejarnya hingga kamu mampu meraihnya. BJ Habibie adalah sosok yang memiliki mimpi besar dan selalu berjuang keras untuk bisa meraihnya. Bayangkan saja mimpi BJ Habibie adalah menciptakan pesawat dan membuat negara Indonesia memiliki pesawat sendiri. Dengan niat yang kuat dan usaha yang sungguh-sungguh, BJ Habibie pun berhasil menciptakan pesawat sendiri dan juga berhasil dengan mewujudkan IPTN sebagai proyek nasional untuk pesawat buatan dalam negeri, meski kemudian bubar.

  1. Hadapi segala Tantangan dan Rintangan yang Menghadang

Saat Anda berjuang meraih impian, maka akan ada rintangan dan tantangan yang akan menghadang. Nah saat Anda berhadapan dengan tantangan dan rintangan tersebut, Anda harus bersiap untuk menghadapinya. Jangan lantas menyerah dan kemudian putus asa. BJ Habibie ketika mengejar impian membuat pesawat, ada banyak tantangan yang harus dihadapinya. Namun dengan filosodi hidupnya yang tak mau menyerah dengan apapun yang menghadangnya, BJ Habibie pun akhirnya mampu melewati tantangan tersebut dan kemudian meraih sukses dan impiannya.

  1. Kerjakan dengan Penuh Totalitas, Jangan Setengah-setengah

Untuk mengerjar impiannya, BJ Habibie selalu melakukan usaha yang penuh totalitas. Ia selalu ingin mempersembahkan yang terbaik bagi diri dan bangsanya. Maka dari itu kemudian lahirlah karya pesawat R80 yang mampu bersaing dengan boeing 777. Nah dari filosofi hidup BJ Habibie ini maka Anda perlu menirunya untuk bisa meraih sukses sejati. Untuk mencapai puncak kesuksesan yang sejati memang dperlukan usaha dan perjuangan yang penuh dengan totalitas. Anda tak akan bisa meraih impian dan sukses dengan usaha yang setengah-setengah.

  1. Siap Untuk Mengorbankan Apa yang Dimiliki

Apa yang dilakukan BJ Habibie untuk bisa meraih impiannya? Ia harus merantau dan pergi ke Jerman untuk belajar menimba ilmu. BJ Habibie harus merelakan dan mengorbankan waktu, tenaga dan uang yang dimilikinya untuk bisa meraih impiannya. Tidak hanya itu BJ Habibie juga harus meninggalkan keluarganya, bangsa dan tanah airnya untuk pergi ke tempat nun jauh di Eropa. Namun semua yang dikorbankannya sudah dianggap BJ Habibie sebagai konsekuensi yang memang harus dilakukan untuk meraih impiannya. Nah, Anda yang juga ingin meraih impian dan sukses juga harus bersiap untuk mengorbankan apa yang dimiliki.

  1. Bersabar Pada Proses

Untuk mencapai sukses yang sejati memang dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Dari sinilah maka dibutuhkan rasa sabar yang ekstra untuk bisa menjalani proses mencapai sukses. BJ Habibie saat berjuang untuk meraih impiannya juga dilakukan dengan penuh kesabaran. Untuk bisa menciptakan pesawat impiannya, BJ Habibie membutuhkan waktu yang lama karena proses percobaan yang berkali-kali gagal. Namun setiap proses ini dijalani BJ Habibie dengan penuh kesabaran hingga kemudian dirinya mampu meraih kesuksesan.

  1. Konsisten

Terakhir, filosofi hidup BJ Habibie yang mampu mengantarkannya menuju kesuksesan adalah konsistensi kerja. Semua hal baik yang telah disebutkan sebelumnya di atas memang perlu dilakukan dengan penuh konsistensi. Konsistensi ini artinya adalah bekerja dengan terus-menerus dan kontinyu atau berkelanjutan. Lihatlah apa yang dilakukan BJ Habibie saat mengerjar impiannya menciptakan pesawat. Ia selalu konsiten melakukan beberapa hal yang dianggapnya penting untuk bisa mencapai impiannya.

Itulah beberapa filosofi hidup dari pria yang pernah menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi pada masa Presiden Soeharto. Nah untuk Anda yang juga ingin meraih sukses dan impian, bisa menjadikan filosofi hidup BJ Habibie ini sebagi pegangan dan pedoman hidup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top