Keuangan

Ingin Hindari Belanja Impulsif? Lakukan 6 Cara Ini

tips-hindari-belanja-impulsif

tips hindari belanja impulsif/https://people.com/

Belanja secara berlebihan memang bukan sesuatu yang baik dilakukan, apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Belanja yang berlebihan atau impulsif ini memang bisa membuat finansial menjadi tak karuan. Pasalnya uang yang seharusnya digunakan untuk hal-hal penting guna keperluan sekarang dan masa depan menjadi habis. Bahkan bukan tidak mungkin sikap belanja impulsif ini bisa memunculkan hutang yang semakin memporak-porandakan keuangan seseorang. Menurut Koorosh Ostowari, penulis The Money Anxiety Cure, pembelian secara impulsif ini bisa membuat seseorang jatuh ke dalam lingkaran setan pembelian. Maka dari itu Anda yang selama ini merasakan bahwa pengeluaran untuk belanja terlalu berlebihan, perlu segera berubah. Untuk berubah, Anda bisa menjalankan beberapa cara dan tips berikut ini.

  1. Jelajahi Toko Favorit Anda Tanpa Membeli

Cara pertama untuk menghindari belanja impulsif adalah dengan menjelajahi toko favorit Anda tanpa membeli. Berada di toko favorit memang dapat memacu adrenalin belanja Anda. Ini adalah sebuah tantangan. Bila Anda lulus dalam tantangan untuk tidak membeli apapun setelah keluar dari toko favorit tersebut, maka peluangmu untuk meninggalkan belanja impulsif ini akan semakin besar. Berbelanja memang merupakan nafsu dari seseorang yang tak jarang bisa menjerumuskan bila dilakukan secara tak wajar. Maka dari itu Anda yang ingin menghindarinya harus bisa mengendalikan nafsu tersebut dengan salah satu caranya datang ke toko favorit tanpa berbelanja.

  1. Teliti Barang-Barang di Rumah

Untuk menyimpulkan apakah Anda termasuk orang yang berbelanja secara impulsif atau tidak, Anda bisa melihat barang-barang di rumah. Cermati apakah ada banyak barang-barang di rumah yang sudah dibeli dan jarang sekali digunakan? Jika jawabannya iya maka artinya Anda termasuk orang yang tergolong menghamburkan uang dengan belanja impulsif. Dari sinilah maka Anda yang tidak ingin lagi berlanja berlebihan, pastikan untuk menahan diri dengan tidak lagi membeli barang-barang yang tidak diperlukan di rumah.

  1. Jangan Belanja Kecuali Saat Fokus dan Santai

Berikutnya, cara untuk bisa menghindari belanja impulsif yaitu dengan tidak datang ke tempat belanja dalam keadaan stress, marah atau sedih. Mengapa demikian? Sebab beberapa perasaan tadi seringkali memicu seseorang untuk membelanjakan banyak barang ketika berada di pusat perbelanjaan. Maka dari itu ketika akan berbelanja pastikan perasaanmu sedang dalam keadaan baik dan santai. Hindari pergi ke tempat belanja dalam keadaan emosional yang memang bisa membuatmu melakukan belanja impulsif.

  1. Memberi Jeda dan Cek-Ricek Kebutuhan

Sebelum benar-benar membawa barang ke kasir dan memutuskan membeli, pastikan untuk melakukan ricek. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda memang benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jika jawabannya tidak maka ini menjadi alarm bahwa Anda harus meninggalkan barang tersebut.

  1. Berbelanja dengan Daftar, dan Jangan Membeli Apa Pun yang Tidak Ada Di Dalamnya

Bila Anda ingin belanja dengan bijak maka cobalah membuat atau menuliskan daftar kebutuhan ketika akan ke pusat perbelanjaan. Dari daftar inilah maka Anda akan berfokus pada barang-barang kebutuhan saja untuk dibeli. Tapi bila Anda tidak membawa daftar belanjaan, maka keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak penting bisa saja dilakukan.

  1. Lacak Pengeluaran

Terakhir, cara untuk bisa menghindari belanja impulsif yaitu dengan melacak pengeluaran. Setiap harinya atau lebih tepatnya pada malam hari sebelum tidur cobalah untuk menuliskan pengeluaran yang terjadi selama seharian ini. Dari pelacakan pengeluaran yang Anda lakukan ini maka Anda bisa menyimpulkan apakah kegiatan belanja yang dilakukan tergolong wajar atau tidak. Jika memang kemudian didapati bahwa Anda masih belanja secara impulsif maka lakukan perubahan dalam gaya hidup tersebut secepatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top